header umma faha

8 Cara Merawat Organ Pencernaan Secara Alami, Gampang Banget

9 komentar

Cara merawat saluran cerna

Assalamu'alaikum, umma mau kasih tahu cara merawat organ pencernaan nih. Biar gak perlu lama-lama dikamar mandi sesuai sunnah Rasulullah. Check this out!

Pencernaan

Organ pencernaan merupakan bagian dari tubuh yang paling kotor. Jangan salah meski organ pencernaan terletak di dalam tubuh. Organ pencernaan terpapar benda asing secara terus menerus tanpa kita sadari.

Jika kotoran yang mengandung kuman atau bakteri menempel di kulit bisa dengan mudah kita bersihkan. Namun jika hal tersebut terjadi pada organ pencernaan, siapa yang bisa membersihkannya. Hanya imunitas tubuh lah yang mampu melakukan.

Pentingnya Kesehatan Pencernaan


Oleh karena itu merawat organ pencernaan perlu dilakukan bahkan sebelum bayi lahir. Metode persalinan pun ternyata membuktikan imunitas organ pencernaan loh. Anak yang lahir pervaginal memiliki imunitas bawaan yang lebih baik dari pada bayi lahir sesar.

Begitupun ketika lahir, bayi yang mendapatkan asi ekslusif memiliki imunitas yang lebih baik dari bayi yang tidak mendapatkan asi. Sehebat itulah asi karya Sang Pencipta. 

Merawat Organ Pencernaan

Benda atau makanan yang masuk ke dalam mulut tidak hanya mempengaruhi kesehatan pencernaan. Namun juga bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, lho! Apalagi jika sistem imunitas di dalam organ pencernaan tidak cukup kuat. 

Untuk itu kita perlu mengetahui cara merawat organ pencernaan yang baik. Merawat organ pencernaan sebetulnya tidaklah susah. Kita hanya cukup menerapkan gaya hidup sehat. 

mulai dari memperbanyak asupan serat, mencukupi kebutuhan air minum, dan lain sebagainya. Yuk simak info lengkapnya berikut!

Cara Merawat Organ Pencernaan

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami gangguan pencernaan, entah itu mual, konstipasi, diare, asam lambung naik, atau lainnya. Namun jika gangguan tersebut sering terjadi, tentu tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Agar hal tersebut tak terjadi, berikut beberapa cara merawat organ pencernaan secara alami yang dapat yang bisa dilakukan.

1. Memperbanyak Asupan Makanan Berserat

Cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan adalah memperbanyak asupan makanan berserat. Serat memiliki fungsi melancarkan BAB dengan mengikat sampah-sampah di dalam organ pencernaan. Selain itu juga dapat .mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar.

Tidak hanya itu, serat juga berguna untuk menyeimbangkan jumlah bakteri usus baik dan membantu mencapai berat badan ideal. Semua manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan serta biji-bijian.

Meski saat ini tersedia suplementasi serat, penelitian sudah membuktikan serat alami tanpa proses jauh lebih baik. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki beragam jenis sayuran dan buah-buahan yang melimpah ruah. So hal tersebut bukan alasan untuk konsumsi serat lagi ya!!! 

2. Mengonsumsi Probiotik

Cara merawat organ pencernaan secara alami yaitu mengonsumsi probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam saluran pencernaan kita. Bakteri ini berperan dalam membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, hingga melancarkan kinerja pencernaan agar tubuh selalu sehat.

Bakteri baik ini diwariskan dari ibu sejak janin dalam kandungan. Bakteri baik ini juga ada di saluran vaginal ibu ketika proses lahiran normal. Bakteri baik ini juga ada di dalam asi sejak hari pertama hingga bayi usia dua tahun. 

Bakteri baik alias probiotik selain mampu memperkuat sistem imunitas tubuh juga meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan. Jumlah bakteri baik dalam usus dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi  makanan yang kaya probiotik. Tempe, yogurt, kimchi, merupakan makanan yang mengandung probiotik.

Namun sayangnya, rasa makanan tersebut sering kali tidak disukai. Mengenalkan anak akan beragam makanan harus dilakukan. Balita yang picky eater cenderung memiliki masalah pencernaan ketika usia anak, remaja maupun dewasa. 

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa probiotik butuh makanan untuk hidup di dalam organ pencernaan. Makanan bagi probiotik dalam usus yang disebut prebiotik. Komponen ini juga harus diperhatikan sebelum memilih produk probiotik. 

3. Mengonsumsi Makanan Alami

Mengonsumsi makanan alami juga menjadi cara menjaga kesehatan organ pencernaan yang dapat dibiasakan. Makanan alami yang dimaksud adalah makanan minim proses. Makanan tidak mengalami pemrosesan atau penambahan zat aditif seperti gula maupun garam.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan alami bisa melindungi lambung dari berbagai macam penyakit organ pencernaan. Hal ini menunjukkan makanan yang dimasak di rumah lebih baik dari fast food atau produk olahan pabrik. 

Tidak heran kakek nenek kita jaman dulu bisa hidup lama karena makan makanan yang sederhana. Seperti Allah Subhanahu Wa Ta'ala menunjukkan kebun sawit menjadi bencana untuk alam, harga minyak goreng melambung, saatnya kembali masak ala chef. 

Umma masih ingat saat paksu sakit batu empedu. Selama sebulan penuh tidak boleh konsumsi minyak goreng. Umma mainnya dengan daun pisang dan dandang. Tidak lupa air apel hijau yang dijuicer. 

Agar pencernaan sehat

4. Memperhatikan Jam dan Porsi Makan

Cara merawat organ pencernaan selanjutnya ialah memperhatikan jam dan porsi makan. Ini penting karena jam makan yang tidak teratur dan porsi makan terlalu banyak bisa memicu timbulnya asam lambung naik.

Membiasakan diri sarapan di pagi hari, makan siang, dan makan malam di jam yang sama setiap hari. Dengan begitu akan terbangun sebuah kebiasaan maupun rutinitas yang baik.

Selain itu, alih-alih makan dalam porsi besar, dapat mengganti porsi makanan menjadi lebih sedikit namun lebih sering sekitar 4 - 5 kali sehari supaya lambung bekerja lebih ringan.

Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila makan malam sudah dihidangkan, maka makanlah terlebih dahulu sebelum kalian melaksanakan solat Maghrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dalam menyelesaikan makan kalian," (HR. Bukhari no. 632).

Biasakan makan paling malam 4 jam sebelum tidur untuk mencegah terjadinya reflux seperti sunnah Rasulullah. Biasakan juga makan 3 kali sehari dengan menyesuaikan kebutuhan kalori. Sertai hindari makan ketika akan berolahraga untuk menghindari rasa mual.

5. Makan Tidak Tergesa-Gesa

Makan tidak tergesa-gesa merupakan cara memelihara organ pencernaan yang baik. Maka dari itu biasakan mengunyah makanan secara perlahan hingga benar-benar lumat. Makanan sebaiknya dikunyah sebanyak 32 kali. 

Di dalam mulut makanan akan  ercampur dengan enzim-enzim. Hal ini agar tidak terlalu memperberat beban lambung dalam mencerna makanan. Selain itu juga membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

6. Mengelola Stres

Stres ternyata bisa berpengaruh terhadap sistem pencernaan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan diare, sembelit, ataupun maag. Hal tersebut terjadi karena selama tubuh stres, maka darah dan energi akan teralihkan dari sistem pencernaan.

Kinerja usus dan otak jadi terganggu sehingga mempengaruhi pencernaan. Oleh karena itu perlu mengenal gangguan kesehatan mental. Lalu mempelajari cara menjaga kesehatan mental

7. Berolahraga Rutin

Olahraga menawarkan segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya ialah menjaga kesehatan organ pencernaan. Melakukan jenis-jenis olahraga untuk kesehatan mental juga dibutuhkan. 

Olahraga dapat membantu mengurangi gejala konstipasi serta mencegah terjadinya kondisi peradangan usus. Terlebih lagi, dengan berolahraga rutin maka BAB lebih teratur. Pastinya dikamar mandi gak perlu lama-lama. 

8. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Terakhir cara merawat organ pencernaan yang tepat adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Untuk memelihara organ pencernaan dengan mengonsumsi air putih sekitar dua liter per hari untuk 

Minum air putih membantu membuang racun. Selain itu menghilangkan efek samping pengobatan yang dapat mengganggu fungsi hati. Air putih juga membantu melancarkan BAB sehingga mencegah sembelit.

Penutup

Demikian cara merawat organ pencernaan secara alami. Semoga pencernaan selalu terjaga ya. Salam sehat. Walaikumsalam. 


Related Posts

9 komentar

  1. Yang agak susah sebenarnya mengelola stres, Umma. Hehehe ...

    Semoga dengan tip yang disampaikan dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Terima kasih, Umma.

    BalasHapus
  2. Menjaga kesehatan pencernaan memang sangat penting karena itu adalah bagian organ dalam tubuh kita yang bisa dibilang sensitif apabila makan nya tidak dijaga dan tidak diperhatikan.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah beberapa poin sudah saya terapkan. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  4. Kalau tips ini diikuti, sebenarnya untuk sehat itu tidak mahal ya Umma. Namun, menjaga kedisiplinannya itu tidak mudah.
    Terima kasih Umma sudah berbagi.

    BalasHapus
  5. Nice bgt tipsnya. Relate dg kehidupan sehari2 yg bnyak dialami org, termasuk aku yg srg bermasalah ni lambungnya.

    BalasHapus
  6. Terimakasih kak untuk tips nya, semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan dengan sebaik baiknya mungkin

    BalasHapus
  7. Jadi tahu kalau ternyata stress sangat berpengaruh sama sistem percernaan. Belum lagi saya seperti sangat jarang mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Semoga kedepan bisa menerapkan tips dalam menjaga pola hidup sehat

    BalasHapus
  8. Saya kalo stres tau-tau langsung kena GERD dan bisa lama baru sembuh. Jadi kayak mensetting kembali organ pencernaan biar mulai dari awal. Susah bangetlah perkara stres ini. Saya juga masih berusaha mengurangi beberapa makanan dan rajin olga. Duh, semoga bisa sehat terus ya.

    BalasHapus
  9. Tulisan yang bermanfaat. Ternyata stress itu ngaruh juga ya ke sistem pencernaan.

    BalasHapus

Posting Komentar