header umma faha

5 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Mental

Posting Komentar
olahraga untuk menjaga kesehatan mental

Assalamu'alaikum, yuk olahraga untuk menjaga kesehatan mental. Belajar bareng umma lagi. Siap let's go.

Menjaga kesehatan sama pentingnya dengan berinvestasi. Mau kesehatan fisik maupun mental sama pentingnya. Udah pasti ketika sakit, perlu mengeluarkan banyak hal. Tidak hanya biaya, namun juga tenaga dan pikiran untuk bisa sehat kembali.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah berolahraga secara teratur. Lalu kira-kira olahraga apa aja ya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental?

Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Ternyata ada beberapa jenis olahraga yang untuk menjaga kesehatan mental. Ada apa aja, yuk kita belajar sama-sama.

1. Yoga

Olahraga ini memang ditujukan untuk menjaga jiwa. Tidak heran sangat berkaitan dengan kesehatan mental. Gerakan-gerakan yoga terkesan santai, malah membantu tubuh maupun mental menjadi relaks.

Perasaan relaks ini lah yang membuat pikiran menjadi tenang. Oleh karena itu, olahraga ini cocok untuk memelihara kesehatan tubuh sekaligus mental. Latihan yoga secara rutin dapat membuat emosi dan kesehatan mental terpelihara dengan baik.

Umma tidak gemar berolahraga sebelumnya. Paska butuh akhirnya menemukan yoga sebagai olahraga yang umma pelajari. Bagi pemula, umma memilihlah gerakan sederhana yang mudah untuk dilakukan. Kanal youtube banyak tersedia gerakan yoga untuk pemula untuk dilakukan secara rutin.

Jika dilakukan dengan rutin, yoga akan memberikan manfaat luar biasa. Selain kesehatan fisik juga untuk pikiran yang jernih dan jiwa yang sehat. Namun dalam prateknya tetap perhatikan afirmasi untuk meditasi tidak menyalahi syariat ya.

2. Lari

Ketika sedang mengalami gangguan mental, biasanya penderita cenderung ingin lari dari masalah. Lah kalau lari dari kenyataan selain bikin capek juga malah bikin tambah stres dan depresi. Maka dari itu lebih baik lari beneran aja.

Olahraga lari itu mudah dan murah. Tinggal lari santai secara rutin. Udah gitu bisa dilakukan pada kapan pun dan dimana pun.
Praktis dan hemat bukan tidak memerlukan biaya dan sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun mental.

Terlebih jika dilakukan di tempat bersuasana nyaman. Dijamin pikiran akan menjadi relaks dan stres pun berkurang. Raga pun pasti ikutan sehat.

olahraga untuk menjaga kesehatan mental

3. Jalan Santai

Jika dirasa lari terlalu berat, bisa diganti dengan jalan santai. Tidak butuh waktu lama hanya butuh 30 menit setiap hari. Apalagi jika dilakukan secara rutin.

Jalan santai di tempat yang nyaman dan sejuk dapat membantu menghilangkan stres serta mengatasi pegal-pegal pada tubuh. Gangguan kesehatan mental misalnya kecemasan berlebih akan berangsur membaik.

Jalan santai merupakan olahraga kesukaan umma dan FaHa. Kami biasa hari berkeliling kompleks sembari ngoceh pada pagi hati. Niatnya misalnya mau beli sesuatu, tapi tahu-tahu makin menjauh dari rumah. Alhasil olahraga terusssss.

4. Renang

Berenang di dalam air merupakan olahraga yang relatif mudah. Ketika berenang pikiran tetap fokus. Serta dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dialami.

Ketika berenang banyak anggota tubuh yang bergerak. Tubuh menjadi sehat dan membantu menjaga jiwa karena di dalam air yang tenang. Hati dan pikiran akan lebih bahagia dan tenang saat rutin berenang.

Umma pingin banget FaHa bisa berenang. Makanya kemarin umma minta mbah uti unti melatih anak berenang. Nanti kalau udah bisa mau sering-sering berenang buat healing.

5. Zumba

Senam ini belakangan kian populer. Senam dengan gerakan yang mengikuti alunan musik ceria. Efeknya meningkatnya produksi hormon endorfin yang memberi rasa bahagia. Alhasil habis senam tubuh dan mental pun ikut sehat.

Kalo umma sendiri kurang suka yang heboh. Selepas olahraga malah makin capek. Dari beberapa olahraga diatas hanya jalan santai dan yoga yang sering dilakukan. Belum rutin aja bisa menjaga kewarasan apalagi rutin ya.

Penutup

Nah, itulah olahraga untuk kesehatan mental. Tidak hanya sehat bagi tubuh, tetapi juga mental. Jangan lupa diimbangi dengan pola makan sehat dan tidur yang cukup. Salam sehat. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar