header umma faha

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Mudah dan Gratis

Posting Komentar
menjaga kesehatan mental

Assalamu'alaikum, halo apa kabar? Mau tahu cara menjaga kesehatan mental? Yuk kita belajar sama-sama.

Kesehatan menjadi salah satu hal paling penting yang perlu menjadi perhatian setiap orang. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga setiap hari. Belakangan kesehatan mental banyak digaungkan. Penting banget ya?

Umma awalnya mengenal istilah gangguan mental karena kasus bipolar yang terjadi pada Marshanda. Dahulu umma memiliki stereotype, jika gangguan mental merupakan orang gila.

Belakangan saat pandemi umma terpapar akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Tema ini sering menjadi bahan topik bahasan pada webinar. Dari situlah umma baru terbuka ternyata over thinking bisa menjadi salah satu gejala ada gangguan mental.

Menjaga kesehatan mental ternyata sangat penting loh umm. Hal tersebut karena jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun. Sayangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental sangat mininm

Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah ketika seseorang merasa sejahtera, baik secara psikologis, batin, ataupun sosial. Dengan kata lain, seseorang yang sudah mencapai aktualisasi diri dapat dikatakan sehat secara mental.

Kesehatan mental dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari individu. Jika kesehatan mental terganggu, emosinya menjadi tidak stabil, sering merasa lelah, jenuh, pusing, dan tidak mampu bersosialisasi dengan baik. Untuk itu, setiap individu wajib memahami pentingnya menjaga kesehatan mental.

Pentingnya Kesehatan Mental

Kesehatan mental memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Kesehatan mental dalam kondisi yang baik yaitu ketika kondisi batin seseorang berada dalam keadaan tentram dan tenang. Kondisi ini membuat seseorang bisa menikmati kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, orang yang mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, dan akhirnya mengarah pada perilaku buruk. Pada akhirnya adanya gangguan kesehatan mental akan berpengaruh pada kesehatan fisik.

Menurut Mental Health Foundation, seseorang yang mengalami depresi, akan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, setiap individu wajib memahami pentingnya menjaga kesehatan mental sejak dini.
 

Penderita Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental bisa dialami kapan saja dan siapa saja. Kesehatan mental seseorang dapat berubah seiring waktu, tergantung pada banyak faktor. Misalnya saat di dunia kerja, ketika pekerjaan diberi tuntutan yang sumber daya dan kemampuannya. Maka kesehatan mental mereka dapat terpengaruh.

Setelah mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mental. Ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita gangguan mental. Secara umum, untuk mengidentifikasi gangguan mental harus melibatkan bantuan medis profesional dari psikolog atau psikiater.

gejala menjaga kesehatan mental

Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Namun kita bisa mulai mengenali gejala gangguan kesehatan mental. Hal ini yang perlu dilakukan sebagai antisipasi. Serta mewaspadai untuk mengidentifikasi masalah yang sebenarnya terjadi.

Beberapa gejala penderita mengalami gangguan kesehatan mental yaitu sebagai berikut:
  1. Merasa putus asa dan tidak berharga
  2. Sering merasa cemas dan khawatir yang berlebihan
  3. Kehilangan selera untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  4. Sering merasakan suasana hati yang buruk dan perasaan sedih yang berkelanjutan
  5. Selalu merasa kelelahan dan kehilangan gairah seksual
  6. Kehilangan selera makan dan sering merasa pusing yang tidak jelas alasannya
  7. Berat badan turun secara drastis atau naik drastis
  8. Mendengar suara atau memercayai hal-hal yang tidak benar
  9. Berpikir untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain
  10. Tidak dapat melakukan tugas sehari-hari seperti merawat anak-anak atau pergi bekerja atau sekolah.

Waduh bener gak, gejala-gejalanya mirip banget kalo kita over thinking nih.

Cara Menjaga Kesehatan Mental 

Memahami pentingnya menjaga kesehatan mental bisa dengan menerapkan langkah-langkah menjaga kesehatan mental. Beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan antara lain:

Olahraga Teratur

Ternyata gangguan kesehatan mental dapat diatasi dengan olahraga teratur. Sama halnya saat menjaga kesehatan fisik. Hal tersebut sejalan dengan pepatah 'di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat'.

Menerapkan pola hidup sehat yaitu salah satunya dengan rutin berolahraga. Melakukan olahraga setidaknya 2-3 kali dalam seminggu efektif untuk menurunkan risiko gangguan mental. Wah bener banget nih energi untuk over thinking teralihkan untuk mengeluarkan keringat, jadi gak sempet kepikiran.

Cara ini juga harus diimbangi dengan pola makan sehat, seperti makan buah dan sayur-sayuran. Hal tersebut karena butuh kinerja tubuh yang baik untuk menjaga metabolisme hormon di dalam tubuh tetap normal.

Terbuka dengan Orang-orang Terdekat

Berusaha untuk selalu bersikap terbuka sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental. Semakin menghindari masalah dan mencoba menutup-nutupi peristiwa, dapat membuat keadaan kian memburuk. Keterbukaan membuat beban dalam diri keluar meskipun solusi belum tentu ditemukan.

Bersikap terbuka terhadap orang-orang terdekat bisa menjadi solusi mudah dan gratis. Saat mencurahkan perasaan dan isi hati maka suasana hati lebih tenang dan tentram. Bener banget nih, umma agak gusar nih kalo gak bisa curhat atau ngoceh.

Jika ternyata kita masih susah curhat, mencurahkan isi hati ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara lain. Antara lain seperti menulis, melukis, dan melakukan berbagai aktivitas yang bisa membuat hati lega.

Melalui beberapa cara tersebut secara tidak langsung akan membuat diri kita menerima keadaan maupun kekurangan diri kita sendiri.

Lalu kita bisa mencoba untuk memaafkan diri sendiri. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan diri. Sertai menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah depresi.

cara menjaga kesehatan mental

Aktif Mengikuti Kegiatan Sosial

Seseorang yang mengidap gangguan mental pada fase tertentu kerap merasa kesepian. Hal ini dipicu akibat perasaan sensitif yang meningkat, sehingga rentan merasa tersingkirkan. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi gangguan mental adalah dengan mengikuti kegiatan sosial di lingkungan sekitar.

Misalnya bergabung pada komunitas hobi yang kita sukai. Dengan mengikuti kegiatan di lingkungan sekitar, akan membuat kita semakin terbuka dan merasa diterima oleh lingkungan sekitar. Sehingga hal ini dapat mencegah kita dari perasaan terisolasi dan tentunya bisa mengatasi gangguan mental.

Apalagi di jaman digital ini bergabung di komunitas itu mudah sekali. Komunitas daring begitu banyak di sosial media. Mulai dengan mencari komunitas pada bidang yang kita sukai. Kalau umma suka bergabung di grup parenting, ide bermain, hingga blogging.

Selalu Bersyukur

Setiap manusia sudah dituliskan takdirnya bahkan sebelum alam semesta di ciptakan. Dalam takdir tersebut juga sudah dituliskan ujian yang akan dihadapi. Bagusnya ujian diberikan hanya kepada hambanya yang mampu.

Ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki menjadi salah satu puncak kebahagiaan. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi adalah ujian kenaikan kelas. Ujian sebagai upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Mulai bersyukur terbangun dalam keadaan bernafas lega, perut mulai tanda organ tubuh bekerja dengan baik, tangan dan kaki bisa bergerak dan sebagainya.

Penutup

Gimana udah tahu cara menjaga kesehatan mental? Semoga bermanfaat ya. Salam sehat. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar