header umma faha

13 Makanan yang Mengandung Probiotik

Posting Komentar
makanan berprobiotik

Assalamualaikum, makanan yang mengandung probiotik itu banyak. Tetapi seringkali masih bingung. Yuk sama-sama belajar lagi.

Probiotik

Bakteri lebih dikenal identik menjadi penyebab penyakit. Lalu beranggapan bahwa segala jenis bakteri itu berbahaya bagi tubuh. Padahal, ada bakteri baik yang hidup secara alami tubuh makhluk hidup.  Salah satu jenis bakteri baik yang hidup di saluran cerna biasa disebut dengan probiotik. Bakteri ini berfungsi membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Jumlahnya harus dijaga dengan baik agar tetap dapat melindungi saluran cerna.

Manfaat Probiotik

Salah satu cara untuk memperkaya jumlah dan jenis bakteri baik dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat dikonsumsi melalui berbagai jenis makanan yang difermentasi. Sejumlah penelitian klinis menunjukkan bahwa probiotik memberikan berbagai manfaat esensial bagi tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengatasi gangguan pencernaan.
  • Mengurangi gejala peradangan usus halus.
  • Menjaga kesehatan mulut.
  • Membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Menjaga kesehatan saluran kemih dan area kewanitaan.
  • Membantu mengatasi penyakit kulit atau eksim.
  • Mencegah alergi, pilek dan infeksi saluran pernapasan atas.
  • Mencegah diare akibat efek samping penggunaan antibiotik.
  • Mengurangi risiko kanker

bakteri probiotik

Jenis-Jenis Probiotik

Probiotik yang dapat melindungi saluran cerna yaitu jenisnya harus beragam. Biasanya probiotik dapat mengandung berbagai jenis bakteri asam laktat. Tiap-tiap jenis bakterinya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda bagi tubuh manusia. Berikut beberapa jenis bakteri yang biasa ditemukan pada makanan fermentasi :

1. Lactobacillus

Lactobacillus adalah jenis bakteri probiotik yang paling mudah ditemukan di berbagai produk makanan hasil fermentasi seperti yogurt dan sauerkraut. Bakteri baik satu ini dapat membantu penyembuhan diare dan membantu orang yang memiliki gangguan penyerapan laktosa, zat gula dalam susu sapi.

2. Bifidobacterium

Bifidobacterium ditemukan pada produk susu olahan. Bakteri ini dapat membantu meringankan gejala dari penyakit sindrom iritasi usus alias irritable bowel syndrome (IBS) dan gangguan saluran pencernaan lain.

3. Saccharomyces Boulardii

Berbeda dengan Lactobacillus dan Bifidobacterium yang termasuk dalam bakteri probiotik, Saccharomyces Boulardii merupakan jamur ragi (yeast) yang ada di dalam probiotik. Jamur ragi ini dapat membantu penyembuhan diare dan gangguan pencernaan lain.



Makanan yang Mengandung Probiotik

Metode persalinan sangat berpengaruh terhadap kesehatan saluran cerna bayi. ASI merupakan sumber probiotik alami pertama untuk bayi. Saat menginjak MPASI kita boleh mulai memberikan makanan yang mengandung probiotik untuk anak.


makanan mengandung probiotik


Banyak makanan sehari-hari yang ternyata kaya akan bakteri baik. Selain mudah di dapat juga harganya juga sangat bervariasi. Berikut makanan yang mengandung probiotik untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan tinggi probiotik karena terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri baik Lactobacillus dan Bifidobacterium. Yoghurt dapat membantu menurunkan risiko diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan juga mengobati diare yang diakibatkan oleh penggunaan antibiotik. Selain itu, yoghurt dapat membantu memperbaiki gejala peradangan usus atau yang disebut irritable bowel syndrome (IBS).

2. Tempe

Makanan hasil fermentasi kacang kedelai yang sangat sering kita konsumsi ini mampu meningkatkan jumlah probiotik di dalam saluran pencernaan si Kecil, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tempe selama 28 hari meningkatkan jumlah bakteri probiotik bernama Bifidobacterium. Selain meningkatkan jumlah bakteri baik, kacang kedelai sendiri dapat meningkatkan penyerapan dari zat besi dan zinc yang merupakan mineral baik bagi saluran cerna. Proses fermentasi kacang kedelai dengan ragi juga membuat tempe menjadi makanan sumber vitamin B12.

3. Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional dari Korea terbuat dari berbagai jenis sayur yang difermentasi.Proses fermentasi dalam pembuatan kimchi sebenarnya melibatkan banyak jenis bakteri, tapi yang paling dominan adalah probiotik bernama Lactic Acid Bacteria (LAB). Oleh karena itu, kebaikan probiotik dalam kimchi dikatakan dapat memberikan manfaat kesehatan sama dengan yogurt. Kimchi umumnya menggunakan cabai agar enak dimakan.

4. Acar Mentimun

Acar dari mentimun dibuat melalui proses fermentasi menggunakan air garam (bukan cuka) dan bakteri lactic-acid (BAL). Selain sumber dari probiotik, acar timun satu ini juga rendah kalori dan merupakan sumber dari vitamin K dan sodium. Rasanya yang asam dan segar dapat digunakan sebagai pendamping berbagai macam makanan.

5. Minuman Mentimun

Mentimun dapat dijadikan salah satu minuman prebiotik yang menyegarkan dan menyehatkan. Kulit timun memiliki kandungan bakteri baik lactobacillus. Namun diproses dahulu untuk menjadi prebiotik.

Langkah pertama, timun cuci bersih terlebih dahulu. Lalu rendalm ke dalam air garam yang dicampur dengan biji gandum hitam (digiling kasar). Kemudian difermentasi dalam suhu kurang-lebih 20 derajat Celcius selama 7 hari.

Setelah 7 hari, lalu saring air hasil fermentasi dan simpan dalam suhu rendah. Jika akan diminum campur dengan lemon, jahe, gula, atau mint. Minuman ini dapat disimpan selama 28 hari pada suhu rendah tanpa penurunan kualitas bakteri baik.

6. Beberapa Jenis Keju

Walaupun hampir semua jenis keju melalui proses fermentasi dalam pembuatannya, namun tidak semua keju mengandung probiotik. Keju yang mengandung probiotik hanya yang telah berumur (bertekstur lunak maupun keras). Keju hanya boleh dikonsumsi tanpa dipanaskan. Keju yang mengandung probiotik antara lain adalah keju swiss, provolone, gouda, cheddar, edam, gruyère, dan cottage.

keju yang mengandung probiotik

7. Kefir

Kefir merupakan minuman yang terbuat dari susu sapi, kambing atau domba yang difermentasi dengan biji kefir (beberapa jenis bakteri). Minuman ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan Greek yogurt, namun dalam tekstur yang lebih encer. Karena proses fermentasinya, kefir menjadi minuman sehat sumber dari lebih dari 30 jenis probiotik yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu probiotik unik yang hanya dapat ditemukan di dalam susu kefir, yaitu Lactobacillus kefiri.

8. Roti Sourdough

Sourdough adalah roti yang diolah menggunakan ragi yang difermentasi dengan bantuan bakteri lactic-acid (LAB). Proses fermentasi ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjadikan sistem pencernaan lebih baik dan meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin.

9. Natto

Natto merupakan makanan asal Jepang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Makanan ini mengandung bakteri baik bernama Bacillus subtilis. Natto memiliki karakteristik unik yang membuatnya cukup sulit untuk disukai. Bau dan rasanya cukup tajam sedangkan teksturnya berserabut dan lengket.

10. Miso

Miso adalah bumbu masak tradisional asal Jepang. Bumbu ini berbentuk pasta yang dibuat dari fermentasi kedelai menggunakan garam dan sejenis jamur koji. Probiotik yang terkandung di dalam miso adalah A. oryzae yang dapat mengurangi risiko peradangan pada usus dan gangguan pencernaan lainnya.

11. Sauerkraut

Sauerkraut adalah makanan tradisional Jerman terbuat dari kubis (kol) yang difermentasi. Kombinasi antara serat dan probiotik dalam Sauerkraut sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, sauerkraut juga kaya akan sodium, karbohidrat, protein, zat besi, serta vitamin C.

12. Acar Zaitun

Fermented table olives terbuat dari buah zaitun yang masih hijau dan memiliki rasa yang pahit. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, buah zaitun hijau akhirnya difermentasi menggunakan air garam. Dalam proses fermentasi, bakteri lactic-acid (BAL) Lactobacillus pentosus dan Lactobacillus plantarum berperan penting dalam proses pengubahan gula yang ada di dalam daging buah zaitun.

13. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam, ragi, dan gula yang difermentasikan selama satu minggu atau lebih. Proses fermentasi dilakukan dengan menumbuhkan bakteri dan ragi secara bersamaan pada sebuah biang bernama SCOBY (Symbiotic Colony of Bacteria and Yeast). Fermentasi tersebut menghasilkan minuman dengan kandungan berbagai macam vitamin B dan bakteri lactic-acid yang berfungsi sebagai probiotik yang baik untuk tubuh.

Penutup

Demikian jenis-jenis makanan yang mengandung probiotik. Tempe merupakan makanan yang paling mudah ditemui di Indonesia, makanan lain juga sudah mulai banyak di jual. Tinggal pilih yang mudah dan dapat dikonsumsi ya. atau pilih cara merawat organ pencernaan lain Salam sehat. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar