header umma faha

About Umma Faha

about umma faha

Pertengahan bulan Mei 2022 akhirnya Blogspedia Coaching Batch 3 telah dibuka. Aku begitu bersemangat karena termasuk yang beruntung bisa mengikuti pelatihan ini. Pada pada pertemuan ketiga, kami diminta untuk memvisualisasikan "Aku dan Blog Impianku" dalam tulisan.

Personal Branding

Sejak awal aku menggunakan nama Umma FaHa untuk blog yang mulai aku buat pada tahun 2021. Ternyata judul tersebut kurang tepat dalam SEO friendly karena tidak memenuhi jumlah minimal karakter. Akhirnya aku berpikir untuk menambah beberapa karakter untuk melengkapinya.

Aku dan Blog Impianku

"Umma FaHa | Ruang Berbagi Cerita" aku pilih sebagai judul dari blogku. Judul tersebut sudah memenuhi syarat minimal 20 karakter. Alasan pemilihan judul tersebut karena blog ini akan menjadi wadahku bercerita. Dan apabila ceritaku dapat dibaca orang lain maka secara tidak langsung aku telah "berbagi cerita".

blog umma faha
 
Mungkin tidak se'cetar' judul blog rekan yang lain. Namun rasanya judul tersebut sudah cukup mengambarkan alasan dibalik pembuatan blog ini. Meskipun sesederhana itu aku harus bersungguh-sungguh karena tanpa kesungguhan tidak mungkin ceritaku dapat dibaca orang lain.

Tagline

Sejujurnya aku sudah menuliskan tagline ini sejak membuat blog pertama kali. Namun paska pembekalan materi ketiga, aku rasanya harus berpikir ulang. Coach memberi arahan untuk membuat satu kalimat yang akan memperkuat branding blog dan diri.

Aku coba berpikir ulang, namun entah aku tidak kreatif atau aku tidak berambisi. Akhirnya aku memutuskan hanya menambahkan sedikit kata untuk menyempurnakan tagline yang sebelumnya telah ku buat. "Ruang untuk berbagi cerita perjalanan menjadi diri sendiri, anak, istri dan ibu yang lebih baik."

Meta Deskripsi

Sejujurnya aku baru tahu mengetahui meta deskripsi ada disetiap blog. Aku kira ini sama halnya dengan meta deskripsi artikel yang sering aku tulis. Ternyata meta deskripsi blog ini erat hubungannya dengan niche.

Sejujurnya aku tidak paham perihal niche untuk blogku. Sejak pertama kali coach memaparkan materi ini kebingungan melanda. Blogku sejak awal hanya untuk bercerita jelas akan sangat beragam isi blogku nanti.

Akhirnya aku lagi-lagi membuat deskripsi sederhana. "Umma FaHa - ummafaha.com merupakan lifestyle personal blog sebagai ruang umma berbagi cerita mengenai pernikahan, parenting membersamai anak dan travelling."

Logo

Ketika membuat blog untuk kebutuhan tantangan bermain, aku langsung membuat sebuah ilustrasi. Terpikir ilustrasi tersebut merupakan seorang ibu dan kedua anaknya. Umma ingin mempresentasikan umma sedang membaca bersama kaka Fa. Di sudut lain adik Ha sedang ikut bercengkrama bersama. Ilustrasi sederhana ini dipilih mengingat usia keduanya saat itu masih dibawah 4 tahun. Kaka sudah mulai bisa berkonsentrasi sedang adik masih sibuk bermain.

Sesederhana itu aku ingin memvisualisasikan blog impianku. Kedepannya blog ini jika merupakan lifestyle akan berisian beragam cerita. Tapi sejujurnya belum terpikir logo apa yang aku akan gunakan.

Untuk sementara waktu aku menggunakan logo dan tulisan yang sebelumnya aku punya. Aku merasa hal tersebut masih sejalan dengan niche blog ini dalam waktu dekat. Tapi tidak menutup kemungkinan dalam perjalanan mungkin akan bisa berubah pada masa depan.

Desain Header

Saat aku membuat blog aku hanya terbayang ada header besar di atas bagian dari halaman depan. Terpampang nyata sehingga pengunjung dapat membaca dengan jelas header tersebut. Judul sederhana dari dahulu selalu menjadi blog impianku.

Saat membuat blog aku coba membuat header semampuku dengan aplikasi corelDraw. Ternyata saat dipasang ukurannya tidak sesuai dengan template. Aku lalu mencari sembarangan referensi dengan bantuan search engine google. Ternyata sudah pas dan sesuai dengan keinginanku.

Saat menilik blog-blog lain rasanya kok masih ada yang kurang. Namun sayangnya kemampuanku dalam utak atik sangat tidak mumpuni. Aku terpaksa memuaskan diri dengan hasil karyaku yang se-kena itu.

Kebetulan ketika tugas ini turun anak-anak dalam keadaan tumbang. Padahal kami sedang pulang kampung ke Sidoarjo. Cuaca extrem memaksaku mengerjakan ini dengan seadanya dulu.

Semoga minggu depan sekembalinya kami ke Depok, manajemen waktu akan normal kembali. Aku berharap bisa memperbaikinya setelah mengumpulkan tugas. Serta mematangkan niche dan kebutuhan lainnya.

logo dan header umma faha

Label

Saat pertama kali aku membuat blog, label satu-satunya yang aku miliki adalah tantangan bermain oleh salah satu komunitas. Sejalannya waktu aku menggunakan blog untuk mengerjakan tugas lainnya. Label pun aku sempatkan sesuai dengan kategori tugas yang aku tulis tersebut.

Saat pelatihan ternyata baru ku sadari konsep pemberian label tersebut kurang tepat. Harus ada branding yang tersurat dari label yang diberikan. Jumlah dan nama label harus bisa mempresentasikan blog secara keseluruhan.

Aku berpikir sejenak mungkin akan ada label parenting, pernikahan, ide main, note, review dan travelling. Label parenting merupakan tulisan berisikan mengenai parenting pastinya. Begitu juga dengan label pernikahan.

Untuk label ide main akan berisi ceritaku mengenai tantangan bermain seperti biasanya dan yang berhubungan dengan hal tersebut. Label note akan berisi mengenai catatanku mengenai resume dari kelas-kelas yang aku ikuti. Label review aku khususkan untuk tulisan mengenai reviewku terhadap produk atau jasa.

Khusus label travelling akan berisikan mengenai cerita perjalanan kami akhir pekan atau pulang kampung. Pada label ini mungkin akan sangat langka. Namun aku ingin mengabadikan khusus karena banyak hal yang membekas pada anak-anak.

Domain

Sebelum mengikuti pelatihan aku memang sejak awal untuk memikirkan untuk membuat domain untuk blogku. Berdasarkan referensi yang aku baca domain ini relatif lebih terjangkau apabila menggunakan platform blogspot. Oleh karena itu juga aku mulai belajar blogging menggunakan platform ini.

Saat dihadapkan pilihan domain, jujur aku tidak memiliki referensi selain ".com". Meskipun banyak sekali domain lainnya diluar sana. Mungkin karena rendahnya semangatku mencari atau aku lebih suka yang sederhana.

Ketika coach memaparkan daftar harga beli domain aku terbelalak. Wah banyak sekali ya varian domain dan harganya. Tapi lagi-lagi aku tidak mau ribet tepat memilih domain tersebut. Tetap dengan catatan apabila alamat yang aku inginkan tersedia.

https://www.ummafaha.com

Selain tidak mau ribet alasan pemilihan alamat tersebut karena sesuai dengan judul blog ini. Untuk pemilihan domain aku berpikir alamat tersebut mudah untuk diingat. Untuk rangers harganya masuk dalam kategori masih dapat dijangkau.

desain blog umma faha

Template impian

Sejak punya blog aku tidak mau ribet memilih template. Salah satu alasanku menggunakan platform sebelumnya karena platform blogspot harus mengutak-atik template via HTML. Namun setelah berpindah platform dan beruntung mengikuti pelatihan aku harus mengumpulkan niat untuk belajar pastinya.

Setelah membaca referensi, template blog haruslah SEO friendly. Menurut rekanku alumni pelatihan ini, ada template gratis pihak ketiga yang sesuai dengan syarat tersebut. Namun lagi-lagi dia mengingat untuk siap lembur pada bagian ini.

Keinginanku untuk otodidak ternyata tidak sesuai dengan kemampuanku. Aku sudah pernah mencoba mendownload dan menerapkan template tersebut. Lalu coba membaca kode pada bagian HTML untuk memasang header.

Hasilnya nihil tidak ada perubahan signifikan. Meski aku mengikuti tutorial dari website pihak penyedia. Menang bagian ini aku harus butuh coach dan tim penyemangat.

Desain

Seiring pertambahan usia, template rame seperti jaman friendster sudah tidak aku minati. Apalagi coach telah menjelaskan bahwa yang desain sederhana yang memudahkan yang mesin pencari. Hal tersebut sejalan dengan aku dan blog impianku.

Warnanya

Sejujurnya sejak memilih warna aku melakukan tes warna untuk menentukan warna yang sesuai dengan kepribadian. Warna hijau muncul sebagai hasilnya. Sayangnya aku tidak bisa menemukan padanan warna yang sesuai dengan hatiku.

Sejak memiliki anak, aku menyukai warna tua dan blod salah satunya warna navy. Lalu aku berpikir mungkin warna ini cocok untuk branding yang ingin aku tonjolkan. Warnanya juga bisa dipresentasikan pada semua layar.

Namun saat ini aku hanya memilih warna biru sekenanya yang tersedia diblogspot. Semoga aku bisa mengikuti pelatihan hingga akhir sehingga aku bisa mengatur sesuai dengan warna yang aku inginkan.

Portofolio

Aku hanya seorang dokter hewan yang memutuskan membersamai anak-anak seutuhnya. Saat anak-anak mulai mandiri, aku merasa tidak punya karya apapun untuk dibanggakan. Tidak ada kemampuan di bidang lain yang dapat dijadikan portofolio.

portofolio umma faha



Barulah saat masuk dalam sebuah komunitas dikenalkan untuk mengenal kemampuan diri. Aku baru sadar punya minat dan bakat yang bisa dilatih. Melalui blog aku menemukan kembali kecintaanku pada menulis. Menulis juga menuntutku untuk berkarya.

Beberapa tulisanku dimuat di https://www.growingumma.com dan https://ibupembelajar.idTahun ini aku juga mulai memberanikan diri menulis buku. Buku antologi tersebut insyallah akan mulai dicetak akhir bulan ini.

Semoga melalui pelatihan ini aku memiliki bekal untuk terus mengasah kemampuan menulis. Menulis berbagi cerita yang memberi manfaat. Serta mewujudkan visi misi dari aku dan blog impianku. Aamiin.

Posting Komentar