header umma faha

Peta Politik Gen Z di Pemilu 2024

Posting Komentar
Gen Z

Assalamu'alaikum. Gen z sebagai usia pemilih terbanyak di Pemilu 2024. Gimana dinamikanya, yuk ulas bareng umma.

Agaknya umma mendadak harus ngomong politik. Padahal anti memilih job menjadi buzzer politik. Lah gimana meski cuannya bikin mata hijau, tak jarang harus melakukan pekerjaan hitam.

Black campaign dahulu dilakukan oleh buzzer politik untuk membunuh karakter lawan politik. Meski trend kemudian bergeser mengingat Gen Z sebagai usia pemilih terbanyak di Pemilu 2024

Generasi Z (Gen Z) 

Generasi Z adalah penduduk yang lahir tahun 1997-2012 dengan perkiraan usia saat ini 11-26 tahun (Wikipedia). Generasi Z sudah beranjak dewasa, mencari dan memiliki pekerjaan. Selain sudah berkesempatan melihat peralihan rezim orde baru ke rezim reformasi. Oleh karena itu generasi Z ini memiliki kemampuan untuk mempengaruhi bidang-bidang dalam kehidupan sehari-hari seperti ekonomi, politk, sosial, budaya, agama dan lainnya.

Beda dengan gen millenial yang berasal dari generasi Baby Boomers dan Generasi X. Milenial kadang-kadang disebut sebagai "Echo Boomers" karena adanya 'booming' (peningkatan besar). Generasi kelahiran pada tahun 1980-an dan 1990-an sudah sibuk dengan menata tahapan kehidupan ke jenjang lebih tinggi sehingga tidak seaktif generasi Z.

Terlebih secara piramida penduduk indonesia generasi memiliki jumlah pemilih terbanyak untuk Pemilu 2024. Pada gambar piramida penduduk Indonesia generasi Z ini masuk dalam -/+ 70% penduduk dengan usia produktif.

Karakter Generasi Z

Sebagai generasi yang terlahir pada era digital, akses internet telah menjadi kebutuhan bagi Generasi Z. Jika dulu umma sempat mencicipi aduhainya dengan warung telpon (Wartel). Lalu akrab nongkrong di Warung Internet (Warnet). 

Pada saat ini Warnet tergantikan oleh internet rumah. Dimana anak-anak dan remaja mengakses internet dari rumah mereka. Akses internet juga semakin mudah melalui perangkat mobile.

Oleh karena itu aktivitas Generasi Z yang paling banyak di internet melalui interaksi melalui media sosial, menjelajah internet, bermain game dan mendengarkan musik.

Pemilu 2024

Pengertian pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Sistem pemilu 2024 juga dilakukan secara langsung. Promosi melalui media sosial agaknya lebih powerfull untuk generasi Z daripada media tradisional seperti televisi. Oleh karena itu pengenalan calon sudah mulai terlihat berseliweran di sosial media beberapa bulan belakangan.

Generasi ini memiliki karakter mandiri, mahir teknologi, suka berkomunikasi dunia maya, multitasking serta cepat mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Olahraga karena itu generasi ini secara alamiah mampu memilah-milah informasi hoax.

Disisi lain generasi ini juga ambisius, suka mengumbar privasi, individualistis dan egosentris, urang fokus menyukai hal-hal yang instan dan kurang menghargai proses dan memiliki emosi yang labil. Oleh karena itu rentan sekali bullying di dunia nyata maupun maya.

Kampanye Politik

Oleh karena itu untuk mengambil hati para pemilih pemula ini perlu dilakukan strategi baru. Khususnya mirip-miripnya dengan digital marketing. Tidak heran umma sering mendapatkan info mengenai kampanye politik di berbagai platform.

Statement of Work yang berisi rincian pekerjaan buzzer, kol maupun influencer yang harus dilakukan sangat bervariasi. Mulai dengan memberikan suka dan komentar pada video tokoh politik. Membuat video profile seorang tokoh hingga reaksi terhadap sosok anak maupun keluarganya tokoh tersebut.

Peran Orang Tua Gen Z

Semoga saja tahun depan suasana panas persaingan para pasangan calon hanya terjadi sebentar. Jika dahulu cebong, kampret dan kadrun bisa membuat tetangga bermusuhan. Kalau pemilik kekuasaan (red. uang) tidak membuat kampanye politik yang tepat.

Mengingat generasi z ini cenderung tidak mampu mengelola emosi. Jangan sampai kasus bullying semakin menjadi-jadi. Cukup hanya kasus-kasus kemarin saja tidak ada korban selanjutnya.

Sebagai orang tua, menurut umma pendidikan agama sejak dini bisa menjaga anak dan remaja dalam mengelola emosi. Ketakwaan akan keesaan Allah mampu menjaga mereka bawah semua takdir sudah tertulis di lauhul mahfudz. Oleh karena itu menyuarakan pendapat boleh namun tanpa perlu membuat kerusakan.

Kerusakan di bumi yang nyata maupun tidak nyata akan kembali pada diri sendiri nanti. Termasuk tidak mengagung terlalu berlebihan satu calon pasangan tertentu. Oleh karena itu sebagai orang tua bisa mengarahkan pilihan anak dengan memberikan informasi yang obyektif sebanyak-banyaknya.

Melatih anak memahami petunjuk manakah yang pencitraan mana yang natural. Gemerlap dunia sering kali membuat manusia silap. Apalagi kalo kena Dunia Tipu-Tipu Yura Yunita atau Dunia Panggung Sandiwara Nicky Astria. Hahaha. 

Semua hal tersebut perwujudan untuk melindungi anak dari kampanye yang tida tepat. Adapun hal utama yang harus kita sampai ke anak yaitu mengenai ciri-ciri pemimpin yang baik dan ideal menurut Islam. Antara lain sebagai berikut :

1. Beragama Islam

“Janganlah orang-orang mukmin menjadikan orang kafir sebagai para wali dengan mengesampingkan orang-orang mukmin. Siapa yang melakukan itu, hal itu sama sekali bukan dari [ajaran] Allah, kecuali untuk menjaga diri dari sesuatu yang kamu takuti dari mereka. Allah memperingatkan kamu tentang diri-Nya [siksa-Nya]. Hanya kepada Allah tempat kembali,”(QS. Ali Imran [3]:28).

2. Bertakwa ke Allah Subhanahu Wa Ta'ala

3. Adil

4. Jujur

5. Amanah

6. Komunikasinya baik

7. Cerdas

8. Bertanggung Jawab

9. Mau menerima saran, kritik

10. Berani

Penutup

Demikian ulasan umma untuk membimbing gen z sebagai usia pemilih terbanyak di Pemilu 2024. Agar anak-anak kita memilih pemimpin yang baik. Sehat selalu. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar