header umma faha

Bisnis Key Opinion Leader Indonesia

Posting Komentar
Key opinion leader

Assalamu'alaikum. ada yang paham mengenai istilah key opinion leader indonesia? Umma bahas detail disini ya.

Content Creator

Umma memutuskan menjadi content creator sejak pelatihan dengan Kominfo tahun lalu. Kegiatan yanga dilaksanakan dengan Effion Creative School tersebut mempertemukan peserta dari semua latar belakang. Hal tersebut membuka wawasan umma.

Umma mulai tertarik fokus pada bidang content creator. Apalagi jika melihat gaji content creator. Masyallah kalo melihat cerita sukses para creator.

Ternyata kesejahteraan para creator melebih aparatur sipil negara. Dahulu menjadi pegawai negeri sipil digadang-gadang makmur. Hal tersebut karena ada jaminan hari tua. Belum lagi Surat Keputusan (SK) bisa digadaikan. Astagfirullah.

Contoh content creator sukses di Indonesia saat ini banyak sekali. Mulai dari rakyat biasa, diaspora maupun sekelas Sultan Andara. Sayangnya tidak sedikit yang ingin secara instan populer dengan flexing.

Pada dunia content creator ternyata banyak istilah. Untuk content creator sendiri dapat didefinisikan sebagai orang yang membuat konten. Kontennya dapat berupa informasi edukasi atau hiburan sesuai dengan audiens.

Definisi Content Creator

Konten yang dibuat oleh content creator bisa macam-macam. Mulai dari foto, video, podcast, tulisan, digital art, dan lainnya. Kontennya bisa dibagikan melalui media fisik maupun media sosial. Saat ini content creator cenderung di artikan sebagai pembuat video untuk platform YouTube, Twitter, TikTok, Instagram, Facebook. Padahal blogger seperti umma juga bisa disebut content creator.

Content creator bisa menjadi pekerjaan tetap atau pekerjaan sampingan. Namun seringkali creator sukses menjadi nya main job. Apalagi jika sudah digandeng oleh brand-brand besar.

Perbedaan Kol dan Influencer

Buat pemula agaknya sulit jika harus disandingkan dengan content creator sukses. Pemula seperti umma harus banyak belajar banyak hal agar bisa ikut berlari. Mulai dari manajemen waktu, gadget, dan content plan. Belum lagi harus mengurus urusan domestik yang tidak pernah ada habisnya.

Oleh karena itu umma mencoba bergabung menjadi kol marketing. Key opinion leader (KOL) Marketing merupakan salah satu teknik marketing yaitu sebuah brand bekerja sama dengan orang-orang yang ahli di bidang tertentu. Harapannya umma memahami kebutuhan pasar mengenai jenis manajemen talenta apa yang dibutuhkan.

Namun ternyata dalam teknik marketing digital tidak hanya ada satu istilah saja. Adapun istilah tersebut antara lain buzzer, kol maupun influencer. Ada yang sudah tahu?

Istilah tersebut terlihat sama dengan rangkaian tugas yang tak berbeda jauh, namun kebanyakan orang tidak tahu perbedaan dari KOL dan influencer. Ketiga opinion leader ini memang memiliki pengaruh yang besar dalam dunia pemasaran khususnya pada digital marketing saat ini.

Influencer dan kol merupakan orang-orang yang telah membangun reputasi pada sebuah bidang sehingga opini mereka dianggap kredibel untuk topik tertentu. Ada perbedaan mendasar dari kedua istilah ini. Misalnya pemilihan media, istilah influencer muncul untuk sosial media. Sedangkan bergerak dari media tradisional seperti TV dan radio.

Oleh karena itu biasanya influencer memiliki hubungan dua arah dengan audiensi. Sedangkan kol jarang menangkapi pertanyaan, komentar atau saran dari pengikutnya. Tidak heran pekerjaan Kol merupakan pelengkap kegiatan. Hal sebatas menjalankan tugas sebagai kol marketing.

Berbeda dengan kol, pengikut merupakan wadahnya untuk mencari cuan untuk influencer. Oleh karena itu interaksi perlu terus dibangun agar barang atau jasa yang dipromosikan akan dapat memenuhi target.

Meskipun orang-orang ini sama-sama sukses membangun reputasi baik pada suatu bidang tertentu. Pengalaman mereka menciptakan sebuah pengetahuan yang tak semua orang miliki. Mereka juga mempunyai dokumentasi mengenai pengalaman dan pendidikan mereka.

Nah berbeda jauh dengan istilah istilah terakhir. Buzzer adalah orang yang memanfaatkan akun sosial media miliknya guna menyebarluaskan informasi atau melakukan suatu promosi maupun iklan dari suatu produk atau jasa pada perusahaan atau instansi. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan, mengkampanyekan, atau mendengungkan suatu topik. Seringkali mereka tidak perlu memiliki kualifikasi seperti kol maupun influencer.

Umma mengenal kata buzzer pertama saat kuliah dimasa-masa pemilu. Kata buzzer sendiri salah satu kata yang cukup sering diemukan dalam percakapan di media sosial. Istilah buzzer biasanya akan muncul saat sedang membicarakan sebuah topik yang trending atau viral di media sosial.

Ketika sedang bermain media sosial, mungkin akan menemukan suatu topik yang sedang panas dibicarakan. Nah, topik yang sedang trending tersebut mungkin saja sengaja dibuat oleh sekumpulan buzzer yang memiliki kepentingan tertentu. Makan dari itu perlu tetap hati-hati berselancar di media sosial.

Profesi buzzer sebenarnya lumrah. Tidak jarang buzzer juga dipakai untuk kebutuhan kampanye hitam. Namun jika sudah mengarah pada buzzer politik.

Buzzer politik adalah profesi buzzer yang bertugas menaikan maupun menurunkan elektabilitas calon. Sudah terbukti beberapa tahun belakangan sangat berbahaya karena dapat membunuh karakter. So harus hati-hati apalagi di masa-masa mendekati Pemilihan Presiden seperti saat ini.

Lima tahun lalu istilah cebong, kampret dan kadrun booming hingga sampai ranah dunia nyata. Belum lupa banyak kawan tiba-tiba menjadi lawan karena termakan kampanye di media sosial. Padahal beda pilihan itu indah seperti Bhineka Tunggal Ika. Oleh karena itu tua muda jaman sekarang perlu melek digital.

Profesi Content Creator

Umma saat ini alhamdulillah terbiasa membuat artikel di blog ini secara rutin. Selain itu membuat video pendek di beberapa platform media sosial. Semua itu bagian dari pekerjaan menjadi KOL influencer.

Sebulan belakang umma juga membuat grup untuk berbagi info job di bidang Kol Marketing. Salah satu bentuk usaha yang sedang mulai umma rintis. Sejauh ini kurang lebih 50++ sudah bergabung dalam UFH Community. Ada yang punya minat yang sama? Boleh banget komen di kolom komentar atau kontak umma di sosial media.

Penutup

Demikian penjelasan umma mengenai bisnis
key opinion leader indonesia. Sehat selalu. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar