header umma faha

Mewujudkan Sustainable ala Content Creator

Posting Komentar
Sustainable adalah

Assalamu'alaikum. Umma mau mengulas cara content creator sustainable. Simak ulasan umma, apakah berdampak ?

Definisi Sustainable

Sustainable adalah sebuah tindakan untuk memenuhi kebutuhan diri tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan. Pengertian ini tidak melulu hanya dalam aspek lingkungan berkelanjutan.

Sembari memastikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kepedulian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Keberlanjutan memiliki tiga pilar antara lain adalah sebagai yaitu keberlanjutan lingkungan, keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan sosial.

Keberlanjutan Lingkungan

Lingkungan berkelanjutan seringkali dikampanyekan dalam sisi sumber daya alam. Sudah banyak kajian maupun jurnal ekosistem namun agaknya kampanye ini belum menyebar merata. Oleh karena perlu dikuatkan juga dua aspek lain.

Kita tahu bahwa lingkungan berkelanjutan merupakan untuk menjaga integritas ekologis. Lingkungan bumi di jaga agar adanya keseimbangan alam. Sumber daya alam di dalam dapat dikonsumsi dan dilanjutkan untuk generasi selanjutnya.

Fondasi kelestarian lingkungan antara lain menjaga air, menghemat energi dan mengurangi limbah. Contoh lingkungan berkelanjutan yaitu menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, membatasi atau menghilangkan penggunaan plastik, menggunakan transportasi yang berkelanjutan, menggunakan kembali kertas dan melindungi flora dan fauna.

Kelestarian lingkungan berfokus pada konservasi keanekaragaman hayati. Namun semua itu tidak bisa dilakukan oleh orang per orang. Meskipun setiap orang punya tanggung jawab sebagai khafilah di bumi. Tapi pemerintah memiliki andil besar dalam pengambilan kebijaksanaan pengelolaan bumi Indonesia.

Khususnya ketika terjadi pembangunan besar-besaran yang memberikan efek secara langsung terhadap lingkungan berkelanjutan. Oleh karena itu perlu kesinambungan dengan kemajuan ekonomi dan sosial. Hal ini bisa menjadi tanggungjawab personal.

Umma sendiri beberapa membagikan cara mengenal anak tentang banyak hal untuk menjaga sustainable. Mulai dari membawa botol minum sendiri, membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan non organik hingga merawat tanaman. Hal tersebut bisa dilakukan dan dimulai sejak dini meskipun tinggal di hutan beton.

Keberlanjutan Ekonomi

Kita tahu bahwa manusia perlu memiliki kemampuan untuk memenuhi 3 komponen utama hidup. Komponen tersebut adalah 3P pangan, pakain dan papan. Untuk menjangkau sumber daya tersebut dibutuhkan salah satunya uang.

Oleh karena itu mencari sumber mata pencaharian yang aman perlu diwujudkan. Peningkatan kualitas diri melalui pendidikan merupakan investasi paling utama. Meskipun pada kenyataan pendidikan saja ternyata gak cukup untuk menjangkau pekerjaan yang diinginkan.

Dalam ekonomi sulit seperti saat ini banyak profesi baru yang muncul. Salah satu content creator seperti yang umma jalani. Tak perlu meningkatkan tugas sebagai ibu maupun istri. Bisa dibilang modalnya lebih rendah.

Jika harus menjadi wirausaha maupun pengusaha. Dimana resiko untung dan rugi begitu sangat fluktuasi saat ini. Tidak sedikit buruh maupun karyawan yang harus dirumahkan.

Sustainable dalam aspek ini yaitu mengacu pada kemampuan organisasi untuk mengelola sumber daya yang dimiliki. Termasuk meningkatkan minat dan bakat diri. Lalu bertanggung jawab mengelola penghasilan yang diperoleh.

Apabila berinvestasi bisa menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang. Namun apabila tidak minimal investasi pada kesehatan. Tujuannya agar tetap terus dapat berkarya.

Umma ingin sekali merambah sebagai content creator foodies. Namun umma memilih mengurungkan. Banyak mudharat yang akan timbul terlebih umma jarang sekali berolahraga.

Semua itu jelas tujuannya untuk keberlanjutan generasi selanjutnya. Umma ingin terus berkarya dan mendampingi FaHa hingga dewasa. Bermain bersama cucu sembari bernostalgia dengan semua karya umma.

Keberlanjutan Sosial

Sustainable adalah hal ini yang berkaitan juga dengan hak asasi manusia universal. Memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menjaga keluarga dan masyarakat sehat dan aman. Untuk keamanan menjadi tugas utama kepala keluarga ya.

Aman dari panas dan hujan dengan tempat tinggal yang layak. Untuk kesehatan termasuk tugas umma warabbatul bait dalam memilih bahan makanan dan pengolahan. Termasuk dalam menjaga asupan diluar makanan utama.

Saat ini banyak kejadian diabetes anak yang sangat menyedihkan. Asupan cemilan yang tidak terkontrol tanpa orang tua sadari merenggut masa depan. Tidak sedikit anak yang bergantung pada suntikan insulin jauh sebelum beranjak remaja.

Apalagi sejak suami resign dari bank, umma hanya memastikan asupan anak tepat. Lalu memasrahkan hasilnya pada kuasa. Pemilik usia yang membuat anak tumbuh kembang dengan optimal dan sehat.

Tujuannya ya agar umma dan keluarga sehat sehingga bisa lanjut ke generasi selanjutnya. Termasuk dengan tidak memperparah warisan penyakit metabolisme. Meski telah menempel pada gen kami.

Demikian beberapa hal umma pahami dari sustainability report, sustainability journal atau contoh sustainable development. Umma hanya berupaya agar dapat hidup dalam sustainable living. Sustainable living adalah gaya hidup ramah lingkungan.

Dimana sejak menjadi ibu, umma jarang sekali membeli pakaian baru. Padahal dulu setiap gajian pasti langsung ke mall. Berburu pakaian selain untuk mengasuh inner child juga mencapai privilege di kantor.

Namun sejak jadi ibu lebih mengutamakan pakaian maupun kebutuhan anak. Hal tersebut karena alhamdulillah Allah ijinkan mereka tumbuh. Apalagi punya anak dua yang berdekatan seperti kembar sepasang.

Makanya setiap orang perlu membuat sustainable design yang cocok dengan visi dan misi keluarga. Sustainable design adalah

Desain berkelanjutan yang memiliki tiga aspek diatas. Tidak heran sekarang marak trend mengenai frugal living. Konsep yang memang sudah umma terapkan.

Oleh karena itu sejak empat bulan menjadi KOL influencer, umma memutuskan merubah diri menjadi UGC. User Generated Content atau UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen secara sukarela.

Penutup

Gimana tertarik menjadi UGC bareng sekolah umma. Begitulah cara content creator sustainable ala umma. Sehat selalu. Walaikumsalam.







Related Posts

Posting Komentar