header umma faha

Personal Branding Penting Untuk Blogger

Posting Komentar
Apa itu personal branding

Assalamu'alaikum, personal branding penting untuk seorang blogger? Simak ulasan umma ya

Personal Branding Penting

Personal branding adalah interpretasi seseorang terhadap diri kita. Kita punya potensi, minat dan bakat tertentu perlu dipresentasikan agar orang lain tahu. Apalagi apabila tujuannya untuk ditawarkan secara profesional.

Personal branding adalah kunci sukses yang membuat kita dilirik orang lain. Dalam dunia influencer media sosial menjadi wadahnya. Untuk profesi profesional ada LinkedIn. Untuk yang berjualan bisa menggunakan marketplat dan sebagainya. 

Pengertian personal branding

Untuk blogger malah ternyata banyak sekali pilihannya. Paling utama dapat dimulai dari blog kita. Lalu merambah ke sosial media atau platform lain yang sejalan. Melalui platform tersebut orang lain dapat melihat portofolio kita khusus dalam menulis blog.

Upaya ini merupakan wadah orang lain untuk menilai bagaimana diri kita mengolah suatu tema sesuai dengan niche yang kita geluti. Ilustrasi atau gambar yang kita tampilkan juga menjadi representasi diri kita. Personal branding bisa terlihat lewat apa yang biasa kita tampilkan. Cara berpakaian, berbicara, menulis, pilihan teknologi gadget hingga transportasi apa yang digunakan.

Tujuan Membangun Personal Branding

Tujuan membangun personal branding antara lain sebagai berikut:

1. Membangun kepercayaan

Membangun kepercayaan orang lain terhadap personal branding kita tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Hal tersebut karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Misalnya saja seorang guru mengenal muridnya yang bernama x sebagai murid yang selalu datang terlambat. Namun sahabat melihat anak tersebut sebagai pekerjaan keras. Hal tersebut karena ada kedekatan antara kedua yang lebih paham situasi dan kondisinya.

Oleh karena itu membangun personal banding harus dimulai dari sekarang. Semua hal itu butuh proses dan waktu. Mulai aja dulu, pelan-pelan. Apalagi kita juga butuh waktu juga untuk menemukan metode yang tepat.

Jadi gak usah nunggu nanti agar untuk terbiasa untuk mengeksplore citra diri. Khusunya yang kita ingin tampilkan ke publik. Ingat untuk konsisten aja seringkali sulit.

2. Membangun koneksi

Citra yang baik dari diri akan meningkat reputasi kita. Semakin baik reputasi kita, maka akan semakin mudah juga untuk menjalin pertemanan.

Makanya alangkah memilih personal branding yang positif dari diri kita. Hal ini bisa membantu untuk memperluas koneksi. Kepercayaan yang telah bangun membuat orang lain tidak ragu untuk memiliki koneksi dengan kita.

Ketika kita mempunyai koneksi pertemanan yang luas maka akan banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya informasi dari sumber terpercaya. Terlebih jika informasi tersebut bersifat terbatas.

Tujuan personal branding


Manfaat Personal Branding

Adapun manfaat yang bisa kita rasakan saat membangun personal branding yaitu

1. Makin Percaya Diri

Saat membentuk personal branding maka tanpa disadari juga membangun kepercayaan diri di waktu yang bersamaan. Kita akan memiliki self-esteem dan ­self-value yang kuat. Hal tersebut berperan dalam kinerja kita terhadap pekerjaan.

2. Bertumbuh Positif 

Bangunlah personal branding yang merupakan versi terbaik kita. Bukan meniru orang lain dan memaksa diri untuk terlihat seperti orang lain. Hal tersebut karena menjadi orang lain itu tidak akan bertahan lama. Manfaat tersebut akan membuat kita menjadi diri yang terus bertumbuh dalam positif. 


Cara Membangun Personal Branding

Sebenarnya secara alami personal branding sudah ada di dalam diri masing-masing individu. Semua hal yang yang melekat pada dirimu dan dilakukan secara konsisten merupakan personal branding. Apalagi jika hal tersebut disadari orang lain. Misalnya "Eh si itu yang suka ini kan?" dan lain-lain.

Namun dalam dunia profesional perlu di bentuk dan dibangun personal branding secara sengaja. Maksudnya kita dapat mendesain bagaimana perspektif seseorang seharusnya terhadap diri kita. Membangun citra diri yang positif, profesional, dan baik sangat diperlukan untuk menunjukkan kredibilitas.

Misalnya umma berprofesi sebagai dokter hewan nih. Orang tidak akan tiba-tiba mengira umma seorang blogger parenting kan ya jika tidak umma bangun. Apalagi awalnya umma membuat aku sosial media dan blog hanya untuk menulis mengenai portofolio main bersama anak-anak.

Umma mulai dari catatan main menulis tema-tema tertentu dengan pendekatan parenting secara konsisten. Tidak hanya itu, umma tidak lupa mengganti bio sosial media maupun tagline di blog. Termasuk memperbanyak konten bersama anak-anak.

Hal tersebut awalnya sulit dilakukan. Umma tidak memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini maupun psikologi. Namun perjalanan dan pengalaman yang umma ternyata memiliki nilai keunikan tersendiri. Cara umma mengolah suatu tema dengan niche yang umma sukai menjadi personal branding.

Untuk membangun personal branding antara sebagai berikut:


1. Mulai dari niat

Menemukan tujuan di masa depan menjadi awal mulai niat kita. Perbedaan tujuan jelas berbeda pula strategi yang harus kamu lakukan ke depannya.

2. Riset

Sebenarnya kalo menurut umma riset tidak perlu dilakukan secara mendetail di awal. Hal tersebut malah bikin kita minder dan bingung. Mulai aja dulu dari keunikan yang ada dalam dirimu. Lah ini menurut umma yang jadi pekerjaan rumah besar.

3. Jujur terhadap diri sendiri

Ketika kita belum menemukan hal spesial dalam diri. Kita tidak mampu bersaing dengan orang lain. Kita fokus saja dengan menonjolkan kepribadian dan kemampuan diri yang unik.

I'm Bloggers

Jujur dulu setelah selesai kelas ngeblog umma masih tidak pede loh menyebut diri sebagai blogger. Apalagi tulisan belum banyak dan tidak bervariasi. Namun semua itu tepat ya..

Ucapan adalah doa

Ketika umma menyebut diri sebagai blogger, tanpa disadari kepercayaan diri muncul. Lalu melalui hal tersebut keinginan untuk menulis akhirnya hadir. Tanpa disadari berlahan namun pasti artikel di blog umma bertambah. Semakin banyak tulisan mengenai banyak hal. Makanya personal branding itu penting untuk blogger. 

Penutup

Demikian paparan umma mengenai personal branding penting untuk blogger. Semoga bermanfaat dan let's create your personal branding. 

Related Posts

Posting Komentar