header umma faha

Alasan Custom Domain Penting Untuk Blog

Posting Komentar
Custom domain itu penting

Assalamu'alaikum, domain penting untuk blog? Untuk jawab pertanyaan itu umma coba merangkum dari berbagai sumber.

Domain

Dalam internet, terdapat IP address yang berupa angka deret yang begitu banyak. Angka ini merujuk pada sebuah halaman website atau blog. Angka tersebut jelas tidak bisa dihafal dengan mudah. Lalu bagaimana kalau mau mengaksesnya.

Dr. Paul Mockapetris seorang ilmuwan di bidang internet akhir menciptakan metode pengubahan alamat situs menjadi sederetan angka yang dikenal dengan nama Domain Name System (DNS). Penemuan 22 tahun yang lalu ini akhirnya membantu kita bisa menjelajah situs dengan mudah dan cepat.

Domain sendiri bisa dikatakan sebagai nama unik atau spesifik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server. Misalnya web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server.

Domain juga bisa disebut sebagai alamat suatu sebuah website atau blog di dunia mata. Domain ini berfungsi sebagai jalur komunikasi antara client dan website yang ingin dituju. Nah saat kita mulai jadi blogger memiliki nama custom domain sangat disarankan. Hal itu karena domain penting untuk blog. 

Domain gratis

Manfaat Memasang Domain

Hal tersebut agar meningkat SEO dari blog atau website kita. Selain itu juga agar pengunjung mudah mengingat alamat og kita. Hal tersebut sejalan dengan membangun personal branding, identitas dan kepercayaan terhadap blogger. Selain itu masih ada beberapa alasan lain, bisa tulis di kolom komentar ya?

Pertimbangan Membeli Domain

Sebelum membeli domain banyak hal perlu kita pertimbangkan. Pertama waspada terhadap biaya tersembunyi. Biasanya saat pembelian tahun pertama banyak promo yang diberikan. Promo ini tidak akan ditemukan daam pembelian berikutnya. Bahkan bisa jadi ada biaya tambahan lain-lain yang diatur belakangan.

Dalam memilih penyedia domain perlu dicari rekomendasi yang sudah memiliki banyak testimoni positif. Khususnya perihal perlindungan privasi dan data Anda. Fokus pada transparansi dimana ada customer service yang sedia 24 jam. Bantuan dari provider domain saat terjadi permasalahan.

Jujur umma beli ditempat yang terbilang mahal. Pilihan tersebut berdasarkan rekomendasi coach dan teman-tema di kelas ngeblog gratis. Salah satunya penyedia yang jarang bermasalah .

Tips Memilih Domain

Saat memilih nama Domain perluantar memperhatikan beberapa hal antara lain:
  • Gunakan nama yang singkat dan mudah diingat dan mudah diketik.
  • Sisipkan keyword yang relevan dengan niche atau nama panggung
  • Pilih ekstensi domain yang tepat dengan skala website atau blog

Harga Custom Domain

Harga domain sangat bervariasi tergantung TLD yang dipilih diakhir domain. bisa menjadi mahal jika di dalamnya mengandung keyword atau kata kunci populer dan mudah diingat. Domain ini diincar karena diklaim mampu meningkatkan ranking situs web untuk niche tertentu.

Domain Penting untuk Blog Ummafaha

Jujur kalo umma sendiri memang sejak awal menggunakan nama panggung ini. Termasuk saat membuat semua kelengkapan untuk blog. Saat diarahkan untuk membeli domain umma tidak perlu berpikir lama mengenai nama custom domain.

Umma juga tidak ambil pusing saat harus memilih extension diakhir custom domain. Dot com rasanya sudah menancap pasti dibenak karena jujur merupakan umum dan mudah diingat. Secara branding juga terlihat jelas kredibilitasnya.

Pas bagian memilih penyedia ini umma butuh waktu lebih lama. Cek sana sini untuk melihat harga yang cocok. Jujur beberapa penyedia memiliki harga yang lebih terjangkau saat itu. Meski hanya selisih puluhan ribu.

Namun ada beberapa testimoni plus minusnya dari para suhu per-blogging-an. Alhasil pilihan jatuh pada penyedia jasa Domain niagahoster. Umma langsung sat set melakukan pembelian dan melakukan setting. Duarrr ternyata setiap penyedia caranya beda, la umma berpatok pada tutorial yang diberikan pelatih. Sempat ada titik hayo kon, piye iki jal..

Beruntung penyedia punya customer service niagahoster yang siap sedia membantu. Permasalahan umma ternyata mampu diselesaikan dengan cepat. Padahal ternyata karena umma kurang teliti membaca petunjuk. Secara baru pertama kali akses. Hihi

Prosesnya secara lengkap umma abadikan dalam tulisan cara memasang custom domain ya. Untuk yang memilih penyedia domain niagahoster ternyata cara ini tidak lagi relevan setengah tahun kemudian. Ada banyak perubahan menu dan sebagai.

Umma juga baru tahu secepat itulah dunia digital berlari meningkatkan kita jauh ke belakang. Banyak pengunjung youtube umma berkomentar di video mengenai pengalaman memasang custom domain. Umma sendiri kaget bahkan tidak bisa menjawab.

Untuk proses pembayaran pada tahun kedua terjadi kenaikan. Pemberitahuan mengenai nominal pembayaran beberapa kali dikirim ke email h-3 bulan jatuh tempo. Sebaik itu ya, padahal umma juga udah pasang alarm di kalender.

Saat mendekati jatuh tempo barulah umma kontak custom service mengenai nominal pembayaran. Umma minta diberikan rincian nominal tersebut karena kebaikannya lumayan banyak. Ternyata ada kebijakan baru saat masuk tahun 2023 oleh penyedia domain.

Hal-hal beginilah yang kedepannya tidak terduga. Oleh karena tekat menjadi blogger haruslah bulat. Tidak hanya sekedar gaya-gayaan punya blog. Tapi juga harus bisa terus berkarya. Untung jika bisa menghasilkan cuan. Tetap semangat berkarya untuk masa depan. Chayo

Entah mengapa sejak pakai custom domain, timbul rasa percaya diri bahwa "Yes, I am Blogger". Ya meski tulisannya masih sedikit dan belum seproduktif dari ekspektasi. Namun setidaknya pelan-pelan berproses untuk konsisten terus menulis.

Penutup

Demikian sedikit celoteh umma mengenai domain penting untuk blog. Semoga bermanfaat dan salam sehat serta produktif. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar