header umma faha

Menjadi Blogger Merdeka : Cara Membuat Blog Yang Menarik

Posting Komentar
Blogger merdeka

Assalamu'alaikum, cara membuat blog yang menarik ternyata dapat membuat seorang blogger merdeka. Kok bisa yuk umma kasih tahu.

Menjadi Blogger Merdeka

Merdeka sendiri berasal dari bahasa Sanskerta "maharddhika" yang berarti kaya, sejahtera dan kuat. Pengertian merdeka adalah bebas dari segala belenggu kekangan, aturan, dan kekuasaan dari pihak tertentu. Nah sebagai blogger tentunya harus merdeka agar bisa menghasilkan karya yang memiliki manfaat untuk pembacanya.

Seorang blogger harus memiliki prinsip merdeka belajar. Hal tersebut agar mampu mengembangkan blognya. Blog merupakan wadah blogger memiliki kebebasan dalam menulis.

Pengertian blogger merdeka

Tapi bebas menulis saya tidak cukup ternyata. Setiap tahun blogger harus memenuhi tanggung jawabnya untuk mampu membiayai operasional blog. Salah satunya harga domain yang seringkali mengalami kenaikan.

Oleh karena itu blogger harus merdeka secara finansial agar tenang dan nyaman menulis. Salah satu langkah blogger yaitu bagaimana cara membuat blog yang menarik. Hal tersebut agar blognya dapat dilirik dan mendatang cuan. 

Cara Membuat Blog Yang Menarik

Emang ada cara membuat blog gratis dapat menghasilkan uang? Ada dong dan banyak sekali caranya. Adapun caranya sebagai berikut

1. Memilih template blog gratis

Sebagai blogger pemula seperti umma biaya operasional blog yang tinggi akan membuat malas memulai ngeblog. Apalagi kalo ikut kelas ngeblog berawal dari iseng.

Oleh karena itu agar hasrat menulis segera dapat disalurkan. Memilih template blog gratis dapat mewadahi keinginan menulis kaum mendang mending. Seorang pemula bisa langsung sat set jadi blogger. 

Template blog gratis ini dapat diperoleh langsung dari blogger. Atau bisa dari pihak ketiga yang membuat template blog. Emang ada yang gratis?

Ada dong kayak template blog umma ini gratis kok. Cara membuat blog yang menarik ternyata gratis loh. Udah cakep, gratis lagi, masih mau pindah ke lain hati?

2. Memilih template blog simple

Namun sayangnya blogger pemula tuh tidak tergoda dengan template blog simple. Apalagi ciwi-ciwi suka blog yang rame dengan banyak printilan. Sayangnya dalam dunia blog itu sangat tidak disarankan.

Template blog yang rame kan memperberat kinerja blog untuk di proses. Pembaca biasanya akan akan kembali ke halaman pencarian. Lalu berpindah untuk mencari informasi di tempat lain. Uh sayang banget dong ya.

Jika pembaca sabar menunggu proses. Pembaca juga akan kecewa dengan tampilan blog kita. Hal tersebut karena ornamen yang rame akan menganggu pembaca secara visual.

"Nyaman aja enggak ngapain bertahan."

3. Memilih template blog seo friendly

Eh umma kasih tahu ternyata template blog simple aja gak cukup. Lah noh gimana sih? Sabar dong, sebagai pemula belajar ya harus pelan-pelan dan terstruktur biar gak nyasar.

Cara membuat blog yang menarik

Berkutat dengan dunia digital memaksa blogger untuk memilih template blog seo friendly. Tujuan agar blog dapat terdeteksi secara mudah oleh mesin pencarian. Kualitas tulisan yang bagus jika tidak di dukung dengan seo maka zonk.

"Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih" Kutipan puisi tentang seseorang pada film Ada Apa Dengan Cinta

Nah gak usah bingung, umma kasih tahu nih baca baik-baik. Template blog gratis yang juga template blog simple dan template blog seo friendly itu yang dipakai umma. Langsung aja cari dengan keyword template fiksioner.

Template ini merupakan template blogger jadi tidak bisa digunakan untuk wordpress ya. Dan sudah merupakan template blogspot premium. Template fiksioner versi berbayarnya pun hanya berbeda pada bagian footer saja.

4. Memilih domain yang bagus untuk SEO

Nah harusnya ini umma jelaskan di awal kali ya biar sejalan tapi tak apa-apa. Pemilihan domain rasanya sudah pernah umma tulis juga. Jadi disini dijelaskan sedikit aja ya.

Memilih nama domain yang bagus untuk seo sebenarnya gampang. Langsung aja pilih nama-nama sesuai niche yang mau kita tulis. Paling harga domainnya mahal karena menjadi incaran banyak orang.

Misalnya parenting.com, finansial.com, otomotif.com dst.

Domain juga sebagai wadah personal branding dari seorang blogger. Jadi ya paling enak pake nama lengkap atau nama panggung. Nama domain ini peminat jelas tidak setinggi jika memilih nama domain sesuai niche.

Misalnya hotmaparis.com parishilton.com tasyafarasya.com dst.

5. Memilih konten yang tepat

Poin ke terakhir semua yang terletak pada memilih konten yang tepat. Konten yang sesuai dengan karakter blogger lebih disukai. Artikel yang dihasilkan nanti pasti akan memiliki sentuhan berbeda.

Apalagi dijaman kecanggihan Artificial Intelligence. Blogger yang memiliki keahlian khusus akan menghasilkan karya yang berbeda. Perbedaan sudut pandang akan disukai pembaca sebagai kekayaan bahan analisa.

Blogger Pemula, Merdeka? 

Kayak kaum frugal living yang mau menjadi blogger merdeka seperti umma. Iseng nulis, iseng ikut kelas ngeblog gratis, eh suruh beli domain, eh asik nata template, eh tahu-tahu nyemplung di komunitas blogger.

Dipaksa belajar banyak hal dalam waktu cepat. Maunya ngesot eh udah dipaksa lari sprint. Soalnya tahu-tahu tagihan perpanjangan domain udah masuk email.

Mau gak mau sekarang harus jadi ibu merdeka agar tetap bisa bayar domain. Alhamdulillah ketemu ibu-ibu yang doyan nulis juga. Lingkungan yang memiliki vibes yang sama. 

Awalnya wah bakal susah gak mampu. Yang lain aja bisa, mampu, yuk berusaha lah. Do'ain ya biar umma tetap konsisten jadi blogger profesional.

Meski sebenarnya makna menjadi blogger merdeka tidak selalu melulu perkara merdeka finansial. Itu mah akal-akalan umma aja hehe.  Pada inti untuk menjadi blogger merdeka bisa ditempuh dengan banyak cara. 

Serta mempertimbangkan banyak faktor yang mempengaruhi situasi dan kondisi yang bisa berkorelasi dengan karya yang dihasilkan nanti. 

Jika merdeka kita bisa menentukan arah perjalanan karir blogger kita itu aja. 

Penutup

Demikian cerita umma mengenai cara membuat blog yang menarik. Salah satu langkah yang dapat membuat seorang menjadi bloggers merdeka. Semoga bermanfaat ya pembaca. Semoga berkenan dan sehat selalu ya. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar