header umma faha

Ide Konten Modal HP untuk Kreator Pemula

Posting Komentar
Konten modal Hp

Assalamu'alaikum, kali ini umma mau kasih gambaran ide konten modal HP. Biar gaul kata anak jaman millenial.

Platform

Tahun 2023 ini platform digital untuk mempublikasikan konten sangat banyak jenis. Dari platform menonton video gratis hingga berbayar, sosial media hingga e-commerce. Gila-gila super gila menurut umma buka aplikasi apa aja sekarang isinya konten, konten, konten.

Saat ini semua platform banyak yang memfasilitasi content creator untuk berbagi video dengan beragam konten. Belum lagi adanya fasilitas streaming ya memungkinkan penonton untuk memberi saweran. Tidak heran pekerjaan content creator ini menjadi pekerjaan utama.

Saat ini banyak orang mencari informasi atau hiburan melalui sosial media, platform berbagi video maupun e-commerce. Bertambahnya penonton saat menjadikan platform-platform tersebut sebagai kolam mencari cuan. Tidak heran content creator saat ini tidak hanya berusia muda namun bahkan hingga tua.

Konten

Dahulu mendokumentasikan kegiatan anak-anak menjadi kesenangan tersendiri untuk orang tua. Terlebih tidak ada batasan film maupun biaya cetak seperti jaman umma bayik. Ya sebenarnya tetap ada batasan, batasan memori sih.. Hehehe

Saat ini perkembangan digital memfasilitasi content creator untuk berkarya. Selain itu tentunya meraup pundi-pundi pemasukan. Hal ini menjadi wajar ketika pekerjaan formal semakin sulit di dapatkan.

Ide ngonten

Ide Konten Modal HP

Umma sempat ikut beberapa pelatihan menjadi content creator. Tahap pertama yaitu memikirkan ide konten yang dapat menggaet banyak penonton. Konten-konten berbau tips dan trik biasanya akan selalu dicari. Namun untuk membuat konten seperti itu ternyata juga gak mudah

Tapi menurut umma mulai dulu aja, kayak pas mulai ngeblog disuruh milih niche. Umma pilih gado-gado karena gak tahu minat dan suka nulis apa. So saat mulai ide konten modal HP, tidak perlu terlalu khawatir.

Berikut ide konten yang disukai penonton untuk content creator pemula, antara lain:

1. Vlog

Ide konten modal HP yang cukup banyak diminati adalah vlog. Jenis video ini, biasanya menampilkan keseharian dari si creator. Biasanya menarik jika mengunjungi tempat-tempat unik. Tempat yang dikunjungi tidak harus tempat wisata, melainkan wilayah atau daerah yang jarang diketahui oleh khalayak umum.

Konten ini video ini cukup mudah dibuat dan tidak perlu pusing memikirkan jenis konten video yang akan dibuat. Untuk membuat vlog hanya perlu merekam kegiatan sehari-hari atau momen tertentu.Selain bisa mendokumentasikan kegiatan atau momen berharga juga bisa jadi konten.

2. Kuliner

Ide konten modal HP selanjutnya adalah kuliner. Tema ini yang banyak dicari pecinta kuliner untuk rekomendasi tempat makan atau kuliner yang sedang populer.

Tinggal rekam perjalanan saat menuju tempat makan, proses pembuatan atau memasaknya, hingga saat mencicipi hidangan tersebut. Lalu kasih penilaian terhadap makanan tersebut. Usahakan sejujur mungkin ya meskipun nanti (dibayar) sudah kerjasama.

3. Memasak

Selain video kuliner, Anda juga bisa menampilkan aktivitas ketika sedang memasak di dapur. Jenis video ini cukup banyak dicari dan diminati oleh para ibu dan wanita yang baru belajar memasak atau mencari resep tertentu.

Ide konten modal HP ketiga ini sebenarnya bisa dibuat oleh ibu rumah tangga dimana saja. Kenapa karena dilakukan hampir setiap hari dan bahkan bisa lebih dari sekali. Namun eksekusinya ternyata ide ini tidak mudah.

Untuk membuat video ini dengan HP, perlu bantuan orang maupun tripod khusus. Belum lagi harus editing untuk mempercepat atau memotong video agar durasinya tidak terlalu panjang. Hal tersebut dilakukan agar terlihat lebih menarik untuk ditonton dan bisa menggaet lebih banyak viewers.

4. Tutorial

Ide konten YouTube modal HP lainnya yang dapat dicoba, adalah membuat video tutorial. Ini merupakan jenis video yang berisikan cara atau step-by-step dalam melakukan suatu aktivitas atau memakai produk tertentu yang bersifat informatif. Ide ini termasuk yang long-lasting karena pasti akan dicari setiap saat.

Video tutorial merupakan ide konten yang layak dicoba dikarenakan banyak penonton lebih menyukai informasi dengan konsep video. Namun untuk juga perlu update untuk beberapa topik seperti video memasang TLD Blogspot milik umma ini.

 

5. Menu Bermain Anak

Ide konten modal HP berikutnya, adalah menu bermain anak. Jenis konten ini memiliki peminat yang cukup banyak, terutama dari para ibu-ibu muda. Konten ini cukup mudah dibuat, karena hanya perlu merekam permainan yang sedang dibuat atau dimainkan oleh anak.

6. Review Produk

Ide konten modal HP menarik lainnya yang layak dicoba adalah review produk. Jenis konten ini banyak dicari, karena mudahkan mereka untuk mencari tahu spesifikasi dari produk yang ingin dibeli.

Ada beberapa creator yang berhasil mendulang kesuksesan lewat konten video ini. Khususnya kreator di bidang beauty atau gadget. Bila tertarik, membuat konten video ini langkah pertama yaitu membeli produk-produk yang sedang populer.

Gak punya modal umm, tenang bisa mulai dengan ikutan grup berbagi sample produk atau giveaway. Gak dapat-dapat mulai aja review produk yang biasa dipakai di rumah. InsyaAllah bisa kan ya

7. Review Film

Selain review produk, Anda juga bisa membuat video review film yang cocok bagi yang suka menonton film. Konten ini banyak dicari oleh penonton. Biasanya penonton ingin mendapatkan sedikit ulasan dari film atau malah gak nonton secara lengkap.

Bila ingin membuat konten ini, mulai dengan memberikan review tentang film yang sedang populer. Tentunya harus menyampaikan review seobjektif mungkin tanpa memberikan bocoran atau spoiler tentang film tersebut.

Agak susah ya kan, mulai aja dengan film atau drama yang udah lama atau memiliki rating rendah. Umma suka banget nonton alur cerita yang hanya berdurasi 30 menit hingga satu jam untuk drama korean. Habis nonton langsung berasa hits tanpa harus maraton begadang.

Namun khusus untuk konten ini rasanya tidak masuk ide konten modal HP. Maaf karena pasti ngeditnya butuh memori dewa.

Penutup

Demikian gambaran ide kontan modal HP versi umma ya. Manusia biasa seperti kami tidak seperti Buya Hamka yang bisa menjelajah masa untuk menorehkan nama. Semoga dalam lima tahun ke depan kami bisa punya investasi digital yang positif. Aamiin. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar