header umma faha

Rekomendasi Pantai Pasir Putih: Pantai Dalegan Gresik

Posting Komentar
Review Pantai Dalegan

Assalamu'alaikum, apa kabar? Liburan sekolah kemarin main kemana? Kami sempat main ke Pantai Dalegan mudik tahun ini. Mau tahu ceritanya secara lengkap?

Pantai Dalegan

Pantai Dalegan adalah sebuah pantai yang masuk ke dalam salah satu obyek pariwisata andalan Kabupaten Gresik. Pantai dengan pasir putih ini memiliki pesona menarik perhatian pengunjung dari berbagai kota di Jawa Timur, bahkan Jawa Tengah. Layaknya pantai utara Jawa yang lain, Pantai Delegan memiliki ombak yang relatif tenang. Maka dari itu umma berani ajak anak-anak kesana.

Pantai ini awalnya dikenal sebagai tempat bermain anak-anak karena pasirnya yang berwarna putih. Pas banget sama keinginan kaka main pasir putih ala Diana dan Roma. Kaka udah bermimpi bakal bikin istana pasir disana. Mau tahu secara lengkap tonton video kami ya.

Lokasi, Waktu Kunjungan dan Harga Tiket

Pantai ini terletak di Desa Delegan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Tepatnya 40 km dari pusat Kota Gresik, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Walaupun secara administratif masuk ke dalam Gresik, Pantai Delegan juga tidak jauh dari Lamongan. Paling gampang pakai aja google maps ya.

Kawasan wisata pantai dibuka setiap hari. Waktu kunjungan dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Usahakan datang lebih awal agar bisa menikmati suasana pantai yang sejuk. Hati-hati pada akhir pekan atau masa liburan, pengunjung bisa melonjak menjadi ratusan orang.

Tiket masuk ke Pantai Delegan Gresik cukup terjangkau. Harga tiketnya hanya RP 10.000,-/orang (dewasa). Anak-anak kemarin tidak dihitung. Selain harga tiket pengunjung juga dipungut biaya parkir kendaraan.

Ulasan pantai dalegan

Fasilitas Pantai Dalegan

Di pantai ini juga tersedia area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua, roda empat maupun bis. Pantai ini memiliki banyak fasilitas antara gazebo di beberapa area untuk berteduh. Beberapa apot untuk charger handphone.

Beberapa sarana bermain anak seperti ayunan dan perosotan. Pantai Dalegan juga menyediakan fasilitas penyewaan ban, pelampung. Selain itu juga ada wahana banana boat dan perahu wisata yang akan dikenakan biaya sewa.

Untuk tempat bilas atau ruang ganti, toilet dan kamar mandi, serta mushola disediakan oleh para pedagang yang kiosnya terletak di sepanjang tepi pantai. Biayanya cukup terjangkau mulai dari Rp 2.000,-.

Tempat makan dengan olahan khas laut juga banyak sekali. Tidak lupa para pedagang juga menjual kelapa muda yang menambah nikmat suasana pantai. Selain itu juga banyak pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas pantai seperti baju atau kaos.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Dalegan

Bermain air dan pasir merupakan aktivitas yang paling umum dilakukan anak-anak di pantai ini. Tidak sedikit juga pada remaja dan dewasa yang bermain dengan ban dan pelampung. Terlihat juga beberapa pengunjung yang menjajal adrenalinnya dengan bermain banana boat.
Untuk para orang tua lebih banyak menghabiskan waktu dan menikmati suasa dengan berpiknik di bawah pepohonan atau gazebo. Sembari bercengkrama dan menyantap kudapan dan bekal yang telah dibawa.

Ulasan Pantai Dalegan

Saat umma datang pantai sudah ramai pengunjung. Ada beberapa bis dan elf yang berjajar di area parkir. Tidak pelak gazebo pun penuh dipadati pengunjung. Si kaka awalnya urung turun karena melihat matahari sudah meninggi.

Setelah melihat adik bermain pasir dengan excavatornya dibawah pohon, kaka mulai minat untuk turun dan bermain. Kunjungan ke pantai menjadi kali pertamanya untuk anak-anak. Si adik langsung asik bermain sedang kaka harus menyesuaikan diri karena mudah jijik atau geli.


Akhirnya paksu mengambil waktu berdua dengan kaka selepas dhuhur untuk mengajak kaka bermain pasir. Alhasil setelah itu kaka berubah menjadi putri duyung yang tak kunjung mau naik. Si adik akhirnya juga menyusul bermain bersama. Alhamdulillah pengalaman pertama main air laut ditengah teriknya matahari membuat mereka tertidur pulas saat perjalanan pulang.

Untuk harga makanan dan minuman dalam kisaran wajar. Termasuk harga sewa fasilitas yang ada di pantai. Harga mainan anak maupun oleh-oleh khas pantai cukup bervariasi namun dalam kisaran normal. 

Penutup

Demikian ulasan umma mengenai kunjungan ke Pantai Dalegan Gresik. Semoga menjadi rekomendasi ummahat untuk memilih tempat wisata di masa liburan mendatang. Salam sehat. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar