header umma faha

Berkunjung Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Posting Komentar
Kebun kurma pasuruan

Assalamu'alaikum umm, apa kabar? Udah pernah lihat pohon kurma secara langsung? Yuk ikut umma main ke Wisata Kebun Kurma.

Kurma adalah buah identik tumbuh di wilayah Timur Tengah. Namun saat ini sudah hadir di Indonesia. Salah satunya yang terbesar di Pasuruan. Akhirnya kami berkunjung kesana untuk menutup agenda mudik kami.

Pohon Kurma

Tidak banyak yang tahu kalau kurma juga bisa tumbuh di Indonesia, lho. adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15–25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3–5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6–10 m.
Pohon kurma

Pohon kurma merupakan tanaman jenis yang memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Pembuahan dengan serbuk sari pada pohon kurma dilakukan secara alami oleh angin tetapi pada perkebunan penyerbukan dilakukan secara manual. Biar kita bisa makan buah Rasul ini sepanjang tahun ya ummahat

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan yaitu kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Gak heran kan dipasaran ada macem-macem harganya.

Tak hanya mengenyangkan, kurma juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Gak heran kan Rasulullah merekomendasikan kurma sebagai takjil saat berpuasa. Di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori.

Serta berbagai kandungan gizi lain antara lain karbohidrat, protein, gula dan serat. Tidak hanya itu juga mengandung mineral yaitu kalsium, kalium, zat besi, zinc, mangan. Tidak cukup disitu kurma juga mengandung vitamin A, B, K, asam folat sertaberagam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Rasanya umma gak akan bisa lihat pohon kurma jika belum bertandang ke tanah suci. Namun Allah mudahkan adanya wisata yang dibuka pada 1 Januari 2017. Ditempat ini kurma bisa tumbuh subur di Wisata Kebun Kurma Pasuruan.

Di kawasan seluas 6,3 hektare itu, ratusan pohon kurma tumbuh dan berbuah lebat. Menurut penjaga tidak salah saat ini sudah mencapai 600 pohon kurma berbagai jenis (2023).

Tempat menakjubkan ini milih Hj. Rusti Widayati Pemilik PT. Duta Putri Bersaudara yang merupakan bagian dari Saygon Grup. Perempuan yang memiliki kunci kesuksesan "Jujur, Bertanggung Jawab dan Ingat Sesama". Darah bisnis wanita Sukorejo Pasuruan ini, lahir dari sang ayah almarhum H. M. Roeslan.

Informasi kebun kurma

Lokasi, Waktu Kunjungan dan Harga Tiket

Wisata ini berlokasi di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ummahat bisa berkunjung dari hari Selasa hingga Ahad dadi Jam 08.00 hingga 16.00 WIB (Senin tutup). Harga tiket cukup terjangkau yaitu Rp 15.000,- (weekday) dan Rp20.000,- (weekend). Jika datang secara grup atau rombongan bisa lebih murah lagi loh.

Rute menuju Kebun Kurma Pasuruan

Untuk menuju lokasi ini cukup mudah apalagi dengan bantuan Google Maps. Hehe. Ummahat hanya perlu menuju jalan Surabaya-Malang. Jika dari Surabaya lokasi setelah Taman Safari Pasuruan. Lokasinya berada disebelah kiri jalan.

Aktivitas di Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Aktivitas utama dan paling dinantikan para pengunjung yang datang ke Kebun Kurma Pasuruan ini tentu saja petik kurma langsung dari pohonnya. Agenda memetik kurma hanya dapat dilakukan saat musim panen di bulan Agustus- September setiap tahunnya dengan peralatan dan arahan dari petugas. Setelah memetik, kurma tersebut akan ditimbang dan kamu harus membayar sesuai beratnya. Untuk kisaran harganya yaitu Rp 300.000,-/kg

Selain itu juga bisa membeli aneka jenis kurma dan juga hasil olahannya di pusat oleh-oleh Wisata Kebun Kurma. Produk yang bisa ummahat cicipin antara lain seperti jus kurma, dodol kurma, dan es krim kurma. Bahkan, ada batik motif kurma, lho.

Fasilitas Wisata Kebun Kurma

Tempat ini memiliki banyak fasilitas. Ada kantin dan toko makanan ringan di dalam dan di luar kebun, tempat parkir kendaraan yang sangat luas. Tempat ini memiliki banyak gazebo untuk beristirahat mengingat wilayahnya mencapai 6,3 hektar ya.
Tidak lupa mushola dan toilet juga tersebar di berbagai area. Juga tersedia spot yang Instagramable untuk berfoto dari Omah Joengkir maupun yang bernuansa Timur Tengah.

Tak perlu khawatir jika ummahat ke sini dengan membawa anak atau keponakan, ada banyak wahana permainan anak di sini yang bisa dinikmati, seperti kolam renang anak, kolam terapi, bumper car, trampolin, flying fox, playground, sepeda udara, sepeda ATV, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau gak pengin capek berjalan kaki, bisa naik andong untuk mengelilingi seluruh area perkebunan. Sayangnya ini hanya tersedia di akhir pekan saja. Umma datang dihari Selasa alhasil ya harus semangat berjalan kaki. Oleh karena itu umma sarankan untuk yang mengajak batita sebaiknya membawa stroller. Untuk lebih lengkap bisa lihat video kami di Wisata Kebun Kurma.
 

Tips berkunjung ke Kebun Kurma Pasuruan

Umma mau kasih beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Kebun Kurma Pasuruan yaitu

1. Sehat Jasmani Rohani

Umma mau mengingat tempat ini sangat luas sehingga pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat fisik maupun rohani ya. Biar moodnya tetap bagus dan senyum sumringah karena pastinya panas. Tapi tenang oksigen disini berlimpah jadi seger banget mesti panas.

2. Pakaian dan Alas Kaki Nyaman

Pastikan memiliki pakaian yang menyerap keringat biar gak kegerahan ya. Jangan sampai mau foto cantik tapi gak nyaman karena keringat. Kenakan alas kaki yang nyaman untuk memudahkan pergerakan selama berada di kawasan ini.

Tips piknik

3. Bawa Baju Ganti

Jika pergi bersama anak pastikan membawa baju ganti ya. Apalagi jika berniat mengajar renang. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi.

4. Bawa Penutup Kepala

Sebagian besar kawasan ini outdoor, sebaiknya memakai penutup kepala. Atau selalu bawa payung lipat untuk berjaga-jaga apabila turun hujan.

5. Bawa bekal air minum

Meski ada kantin, saran umma tetap bawa air minum, makanan ringan atau bekal secukupnya untuk anak-anak. Takutnya karena area begitu luas, gak mungkin beli kalau sedang berada di area yang jauh.

6. Jaga Kebersihan dan Ketertiban

Usaha selalu menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di area kebun.

Penutup

Demikian cerita umma tentang Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Gimana kapan mau main kesana. Salam sehat.

Related Posts

Posting Komentar