header umma faha

Perjalanan Menemukan Produk Skincare untuk Pemula

Posting Komentar
Cara memilih skincare untuk pemula

Assalamu'alaikum. Umma mau berbagi cerita tentang produk skincare untuk pemula. Simak secara lengkap ya

Skincare

Skincare merupakan serangkaian perawatan kulit yang dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Saat ini penggunaan kata "skincare" merujuk pada perawatan kulit wajah. Hal tersebut karena untuk perawatan kulit lain digunakan istilah lain misalnya hair care, bodycare, underarm care dan lain sebagainya.

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit sebenarnya tidak melulu perawatan luar. Gaya hidup terutama pemilihan makanan yang dikonsumsi sebenarnya sangat berpengaruh dalam perawatan kulit. Namun hal tersebut butuh jangan waktu lama untuk kelihatan hasilnya.

Perawatan luar seringkali menjadi pilihan untuk sebagian besar perempuan atau laki-laki untuk kulit. Tidak hanya saat ini sejak jaman dahulu hasil yang instan selalu menjadi rebutan. Meski sejak dahulu edukasi mengenai produk dengan kandungan berbahaya sudah digalakkan.

Saat ini khususnya sejak pandemi muncul banyak produk skincare bpom. Produk tersebut tidak hanya didominasi produk luar namun juga produk lokal Indonesia. Apalagi saat ini banyak penawaran untuk membuka usaha bisnis skincare.

Perjalanan Skincare Umma

Umma kenal skincare sejak dini khususnya produk hand and body lotion. Lalu beranjak remaja menggunakan moisturizer untuk kulit wajah. Ada brand ponds dan garnier yang kalau itu cocok dan mudah ditemui.

Pernah suatu ketika ibu beli produk ponds dipasar. Kemasannya agak aneh seperti gambar cetakan tidak proper. Betul saja setelah dipakai kulit muka rasanya terbakar. Sejak saat itu tidak berani beli ditempat lain selain di minimarket.

Barulah saat mahasiswa mulai kenal produk sunscreen. Sunscreen wardah seperti saat itu yang menjadi pilihan. Untuk bibir pakai tender care oriflame patungan sama teman.

Sempat juga keracunan produk Kelly skincare gara-gara teman kosan. Tapi gak cocok sama tone kulit kayak geisha. Apalagi ada desas desus mengandung merkuri.

Rangkaian Skincare Pertama

Finally setelah macam-macam produk dicoba. Rangkaian skincare pertama umma yaitu skincare wardah. Umma memilih produk ini sekitar tahun 2014. Selain nama brandnya yang kuat juga terkenal memiliki produk skincare yang bagus.

Saat itu sedang kooasistensi, umma sekamar dengan beberapa orang teman dalam satu kamar. Seorang teman yang terkenal tomboi malah ternyata memiliki produk lengkap. Harga skincare 1 paket lumayan untuk ukuran mahasiswa saat itu.

Umma ikutan membeli produk serupa. Namun tidak sepaket, banyak produk yang umma replace dengan harga lebih terjangkau misalnya face wash maupun tonner. Seingat umma produknya yaitu day dan night cream step 1. Alhamdulillah cocok selama 3 tahun hingga naik step 2.

Skincare Ibu Hamil

Umma memutuskan untuk men-stop skincare selama kehamilan. Informasi mengenai keamanan produk skincare untuk ibu hamil belum semasif saat ini. Meski saat itu umma mengalami hiperpigmentasi pada kehamilan pertama.

Belum sempat perawatan, alhamdulillah dikarunia anak kedua dan berkesempatan menyusui. Udah gak ada tuh mikirin skincare. Tidak mau mengambil resiko memilih dengan tidak menggunakan saja.

Entah mengapa ibu hamil atau menyusul itu auto glowing gak sih. Auranya mungkin ya...
Cukup mandi ganti daster aja udah cantik kata suami.

Umma mengalami banyak perubahan secara hormonal paska program hamil. Jenis kulit umma juga mengalami perubahan paska dua kehamilan. Jenis kulit umma dahulu cenderung normal berminyak, sedangkan saat ini normal kering.

Pas masa pandemi, popularitas skincare naik daun tuh. Adik umma demen banget koleksi produk dari low hingga high end. Hasil di olshop habis untuk "jajan" skincare dan makeup. Apalagi dia punya prone acne skin.

Umma tim yang gak mau ribet, atas saran adik akhirnya memilih merutinkan menggunakan face oil setiap malam. Penggunaannya simpel hanya perlu digunakan setiap malam ketika muka dalam keadaan bersih.

Beauty is Pain

Tahun ini ketika kaka sudah mulai sekolah. Umma merasa butuh ruang untuk aktualisasi. Umma berkesempatan ikut acara komunitas yang bertajuk skincare beberapa bulan yang lalu.

Dalam acara tersebut umma berkesempatan skin test. Ternyata benar kondisi kulit wajah umma khususnya mengalami perubahan. Sejak acara itu umma memutuskan untuk memberikan penghargaan untuk diri sendiri.

Kondisi wajah yang kering pada siang hari sering membuat tidak nyaman. Apalagi penggunaan face oil butuh waktu untuk meresap. Anak dan suami suka protes kalo umma sedang pakai.

Skincare untuk Kulit Sensitif

Pada sebuah kesempatan mengisi sesi sharing parenting umma mendapatkan bingkisan produk skincare. Sepaket skincare untuk kulit sensitif diperoleh jauh sebelum acara yang umma jelaskan diatas. Paska acara itu umma untuk memutuskan mencobanya.

Umma takut cocok dan ketagihan. Umma biasanya pagi menggunakan face tonic seharga semangkok baso. Umma mulai dengan memakai produk tonernya. Auto jatuh cinta, kulit kering umma begitu terhidrasi dan nyaman banget.

Setelah proses window shopping yang panjang umma memberanikan menggunakan rangkaian lainnya. Persiapan kalau habis umma sudah harus menyisihkan untuk budget skincare. Apalagi produk Labore bukan produk skincare untuk pemula menurut umma.

Tips Memilih Produk Skincare untuk Pemula

Saat ini jika ingin mulai pakai skincare sangat mudah. Saat ini banyak sekali skincare bpom untuk glowing dengan harga terjangkau. Daftar skincare bpom dan halal juga bisa mudah di temukan di informasi saat ini.

Tahapan menemukan skincare untuk pemula

Selain artikel, informasi mengenai produk skincare untuk pemula dapat ditemukan dengan mudah melalui sosial media maupun youtube. Sesi live tiktok dan shopee juga bisa jadi ajang belajar. Tinggal selanjutnya menentukan budget yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Satu hal yang perlu dilakukan adalah mencatat pada jurnal atau diary hasil pemakaian. Tidak semua produk skincare yang mahal akan cocok pada semua orang. Semuanya kembali pada kebutuhan kulit masing-masing.

Perjalanan untuk menemukan produk yang tepat tidak mudah. Mulai dengan mengenali jenis kulit dan masalahnya. Skin test bisa sangat membantu kita untuk memilih produk dengan kandungan yang kita perlukan. Jika ada budget lebih datang ke klinik dan dokter kecantikan.

Kalau mau hemat bisa datang ke pameran produk kecantikan. Tidak jarang disana tersedia skin test gratis. Cukup perlu sabar untuk antri ya...

Barulah mulai memilih produk yang sesuai kebutuhan. Misalnya rangkaian skincare untuk menjaga skin barrier, agar glowing atau untuk perawatan jerawat

Step skincare

Penutup

Mohon maaf umma belum bisa merekomendasikan produk skincare untuk pemula saat ini. Semoga dikemudian hari ya, umma juga baru belajar. Sehat selalu. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar