header umma faha

Cara Mengatasi Jerawat Secara Cepat dan Tidak Berulang

Posting Komentar
Cara atasi jerawat

Assalamu'alaikum, udah tahu belum cara mengatasi jerawat secara cepat? Umma kasih tahu ya.

Setelah sekian purnama umma menemukan satu jerawat di wajah. Proses skincare malam mendadak umma stop. Umma sempat kaget dong karena udah lama banget gak jerawatan. Lalu akhirnya umma melakukan riset dan hasilnya umma bagi buat kamu umm.

Mengenal Jerawat

Jerawat atau yang dikenal sebagai acne vulgaris merupakan gangguan pada kulit. Dalam dunia medis jerawat ini bisa dikategorikan sebagai penyakit loh. Yaitu suatu penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea. Penyakit yang ditandai adanya komedo, papul, kista, dan pustul. Keren banget kan ya istilahnya yang selalu bikin para penderitanya pusing.

Faktor Utama dan Risiko

Jerawat dapat terjadi di beberapa bagian tubuh. Biasanya yang kerap ditumbuhi jerawat antara lain daerah wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor loh. Antara lain faktor genetik, faktor lingkungan, faktor hormonal dan faktor gaya hidup.

Faktor utama penyebab jerawat yaitu penumpukan kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea. Selain itu juga terjadi produksi minyak sebum yang berlebihan. Lalu adanya pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. Tak lama kemudian terjadinya proses peradangan deh.

Peradangan inilah yang disebut dengan jerawat. Hal tersebut terjadi sebagai reaksi terhadap bakteri yang hadir. Jadi sebenarnya peradangan adalah mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dari bakteri. Biar bakterinya tidak menginvasi lebih jauh lagi.

Jenis-jenis jerawat

Ciri-Ciri Jerawat

Jerawat ditandai dengan munculnya beberapa gejala umum, antara lain
  1. Benjolan berwarna kemerahan atau kuning (karena mengandung nanah).
  2. Benjolan kecil (papul) yang muncul di atas kulit.
  3. Sensasi panas atau terbakar akibat adanya peradangan.
  4. Timbul rasa gatal pada benjolan.
  5. Jerawat yang mengalami peradangan rentan mengalami kondisi berikut:
  • Pustula, yaitu benjolan kecil yang di ujungnya terdapat nanah.
  • Papula, yaitu benjolan kecil kemerahan yang disertai nyeri.
  • Nodul, yaitu benjolan keras yang terbentuk di bawah permukaan kulit dan dapat disertai nyeri.
  • Kista, yaitu benjolan besar yang terbentuk di bawah permukaan kulit yang berisi nanah dan disertai nyeri.

Cara Mengatasi Jerawat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menganalisa bahwa yang terjadi adalah jerawat. Sebelum mengatasi jerawat secara langsung pastikan intropeksi. Ribet amat sih umm.

Memahami penyebab jerawat

Agar tidak terjadi hal yang sama dikemudian hari, inget-inget faktor resiko apa yang mungkin terjadi. Kayak umma nih jarang banget jerawatan karena alhamdulillah menjaga pola hidup sehat. Eh kok tiba-tiba nongol, umma inget pertama secara hormonal mau datang bulan, kedua umma beberapa kali melewati deep clean dan ketika sering menyentuh wajah dalam keadaan kotor. Jadi kalo muncul jerawat wajar dong.

Cara atasi jerawat

Jerawat muncul saat pubertas

Buat kamu yang lagi puber sering banget pasti jerawatan. Hal tersebut karena secara hormonal sedang terjadi produksi minyak sebum tinggi. Kamu juga pasti jorok sering pegang wajah saat kotor karena sedang aktif berkegiatan. Belum lagi makananmu sehari-hari gak sehat.

Jerawat pada Kulit Sensitif

Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif. Pasti sekilas mata memandang, muka isinya ladang jerawat. Fenomena ini lambat lain akan bikin kamu minder. Lalu tanpa babibu jerawat dipencetin. Lalu kamu menyesal karena malah terbentuk jaringan parut yang bikin muka bopeng-bopeng.

Menerapkan gaya hidup sehat

So hal kedua yang harus kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup kamu. Mulai dengan mencuci muka secara rutin dengan facewash yang tepat. Memastikan tangan atau bahan yang digunakan untuk wajah bersih. Serta memilih makanan sesuai isi piringku.

Melakukan deep clean

Buat kamu yang terbiasa menggunakan skincare atau make up. Kamu harus melakukan deep clean secara rutin. Hal ini harus dilakukan karena bahan dari skincare atau make up ada yang bersifat comedogenic.

Sifat ini memberi peluang terjadinya penyumbatan pori-pori apabila tidak dibersihkan dengan benar. Pori-pori yang tersumbat akan membuat pori-pori menjadi besar. Apabila bakteri hadir maka akan berisiko terjadinya jerawat.

Gunakan Obat untuk Jerawat Ringan

Jerawat sering kali menganggu, terlebih jika tumbuh di area wajah. Hal tersebut karena dapat mempengaruhi penampilan. Selain itu juga pasti tidak nyaman karena saat peradangan hadir yang terjadi adalah panas, gatal dan nyeri.

Obat Jerawat Versi Umma

Umma punya rekomendasi obat totol jerawat. Produk milik Everpure yang bernama Sul-pure Acne Spot Drying Lotion. Produknya kecil tapi jangan sepelehin ya. Kecil-kecil juga cabe rawit loh.

Penggunaan gampang banget. Biarkan cairan terpisah dan terbentuk endapan pink. Masukkan cotton bud hingga dasar. Lalu totolkan cairan pink yang terasa dingin tersebut pada jerawat.

Hasilnya terlihat hanya dalam satu malam. Harganya terjangkau cuman 18 ribuan aja. Kamu bisa dapatin di e-commerse kesayangan kamu. Review lengkap di next artikel ya.


Pencegahan Jerawat

Setelah umma bagi cara mengatasi jerawat, alangkah baiknya umma kasih beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat. Antara lain sebagai berikut:
  • Biasakan rutin mencuci dan membersihkan wajah.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan/bahan yang kotor.
  • Tetap terhidrasi dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.
  • Gunakan pelembap yang bertekstur ringan (non comedogenic).
  • Kurangi penggunaan make up atau rutin melakukan deep clean.
  • Kurangi paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya.
  • Menjaga jenis dan asupan makanan tetap sehat dan bergizi
  • Yang terakhir dan terpenting mengelola stres dengan baik agar sehat secara fisik dan mental.

Penutup

Demikian cara mengatasi jerawat secara cepat hasil riset umma. Semoga bisa diterapin biar jerawat gak mau dekat-dekat. Walaikumsalam.


Related Posts

Posting Komentar