header umma faha

Sekilas Rekrutmen Odop Blogger Squad 2023

Posting Komentar
ODOP Blogger Squad

Assalamu'alaikum, apa kabar? Ada yang kenal Odop blogger squad? Kalo belum yuk umma kasih tahu. Baca secara lengkap ya...

Odop Blogger Squad

Odop Blogger Squad (OBS) merupakan salah satu bagian dari komunitas One Day One Post. Kalo umma bisa bilang seperti penjurusan. Jujur awalnya pas masa rekrutmen bulan lalu agak kagok dalam mengeksekusi beberapa tugas. Hal tersebut karena ternyata materi dan tugas yang diberikan ibarat merupakan mata kuliah umum. 

Jadi tak heran jika tidak semua mata kuliah umum itu sesuai dengan jurusan yang dipilih. Ada lima penjurusan yang ada di komunitas selain group OBS (ODOP Blogger Squad), adapula group ODOP Nulis Buku, dan group OTM (ODOP Tembus Media).

Klub penulis

Setelah rehat masa kelulusan menjadi bagian dari ODOP barulah ada pembukaan jurusan tersebut. ODOP Blogger Squad merupakan penjurusan untuk yang fokus menekuni dunia blogging.

Kembali lagi ke awal niat umma bergabung pada komunitas ODOP adalah meningkatkan skill blogging. Oleh karena langsung daftar untuk mengikuti OBS saat masa rekrutmen dibuka. Proses rekrutmen ini hanya dilakukan setahun sekali.

Syarat & Ketentuan

Syarat khusus untuk bisa bergabung di group ini yaitu mengikuti proses rekrutmen dan bersedia mengubah alamat domain menjadi Top Level Domain (TLD). Otomatis sebelum merogoh kocek untuk membayar diperlukan niat serta visi dan misi yang bulat untuk terus ngeblog.

Masa pendaftaran rekrutmen OBS 2023 dimulai tanggal 10 Juli 2023 kemarin. Tiket masuknya berupa artikel sebanyak 500 kata yang di post di blog dan dilampirkan melalui google form.

Open rekrutmen OBS

Materi

Kelasnya sendiri dimulai per 16 Juli 2023 pas banget dengan jadwal masuk sekolah. Per 6 Agustus 2023 hari ini sudah terdapat enam materi atau 4 tugas yang sudah dikerjakan. Adapun materi antara lain :

1. Adab Menuntut Ilmu - Nimas Achsani

2. Big Why dan Adab Blogger - Nimas Achsani

3. Niche dan Istilah Blog- Yonal Regen

4. Dashboard Blog - Karunia Sambas

5. Domain - Karunia Sambas

6. SEO on Page - Jihan Mawaddah

Sistem Pembelajaran

Sejauh ini sistem pembelajaran mirip dengan saat masa rekrutmen ODOP. Namun menurut umma ini prosesnya tidak ketat dan rapat seperti kemarin. Beberapa materi sudah pernah diperoleh sehingga umma lebih mudah untuk mengikutinya.

Waktu pengerjaan tugas pun terasa lebih fleksibel. Mungkin ini terasa berbeda karena tidak ada setoran harian. Tugas biasanya memiliki masa tenggat 2-3 hari setelah penyampaian. Bahkan untuk tugas ke 5 pemasangan Domain TLD kurang lebih 2 minggu.

Meski begitu umma agak sedikit harus memutar otak untuk mengali beberapa sisi dari sebuah tema artikel. Mengingat beberapa materi sudah pernah umma tulis tahun lalu di kelas berbeda. Beruntung ada banyak perubahan besar yang membantu umma untuk mengolah tulisan-tulisan tersebut.

Untuk program ODOP Blogger Squad sendiri umma belum tahu pasti nanti ke depannya seperti apa. Namun melalui penelusuran dengan keyword ODOP Blogger Squad umma menemukan beberapa program yang dapat diikuti jika sudah lulus nanti.

Ada tantangan tersendiri pada masa rekrutmen ini. Sistem eliminasi dilakukan setiap selesai 2 materi. Apabila tidak mengerjakan tugas sebanyak dua kali maka akan dikeluarkan. Tapi tenang jika masih berminat bisa mengikuti proses rekrutmen pada tahun berikutnya. Jika sabar tentunya...

Adapun program ODOP Blogger Squad yang umma temukan antara lain belajar seo on page, program arisan baclink, dan menaikkan DA blog. Umma belum berani bercerita banyak karena belum dapat ilmunya. Nanti kalo sudah dapat materinya secara lengkap umma bagi ya.
 

Kesan Oprec OBS 2023

Sejauh ini kesan mengikuti rekrutmen OBS sangat menyenangkan untuk umma pribadi. Namun mungkin kalo boleh membandingkan dengan kelas ngeblog gratis sebelumnya. Ada beberapa hal yang menurut umma kurang pas sebagai pemula.

Entah mengapa pas bagian pemasangan domain teman-teman masih terkesan adem ayem. Tidak terlalu banyak muncul pertanyaan di grup mengenai hal itu. Umma kira sudah banyak yang pasang TLD.

Namun ketika umma cek di list, ternyata masih banyak sekali yang belum mengisi nama domain TLD. Padahal kalo boleh flashback dahulu masa memasang domain menjadi wadah riuh dan gempitanya grup. Hal itu terjadi dikarenakan banyak peserta pemula yang belum berhasil

Blog umma sendiri sudah TLD jadi tidak mengulang proses tersebut. Tapi kalo boleh ingat banyak komen di youtube umma mengenai pemasangan domain itu hanya dalam waktu 5 bulan prosesnya sudah banyak perubahan. Bahkan umma sendiri tidak bisa menjawab pertanyaan para penonton.

Umma harap teman-teman OBS angkatan 2023 tidak ada yang berkendala dalam pemasangan domain. Sejujurnya proses itu dahulu terasa sangat panjang, seru namun tidak ingin diulang. Umma sampai mendokumentasikan secara lengkap semua step agar bisa dipelajari ulang. Ternyata tetap expired.

Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Makanya umma bergabung di OBS agar terus dapat ilmu terbaru mengenai dunia blog. Apalagi mengingat skill blogging umma baru remahan egg roll. Rapuh dan gampang terbawa mood.

Umma cuman berdoa agar dimudahkan usahanya untuk menyelesaikan rangkaian proses rekrutmen OBS tahun ini. Lulus dengan nilai minimal pun tak masalah. Yang penting bisa jadi bagian keluarga besar ODOP Blogger Squad.

Penutup

Lain waktu umma akan cerita lagi tentang ODOP Blogger Squad berserta programnya ya. Makanya umma minta didoain biar sehat selalu agar bisa mengikuti materi dan mengerjakan tugas sesuai deadline. Aamiin.

Related Posts

Posting Komentar