header umma faha

Berbagi Pengalaman Cara Membeli Domain Di Niagahoster

Posting Komentar
Cara beli TLD

Assalamualaikum ummahat, apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Eh ada yang sadar gak ada perbedaan sama blog umma faha? Yup, alamat blog umma berubah nih. Simak ya umma mau cerita tentang cara membeli domain di niagahoster. Simak ya


Domain Name System

Meski umma udah bersentuhan dengan internet sejak sekolah menengah, ternyata untuk bahas perihal domain aja istilah banyak beud lo. Umma harus belajar dari sumber yang terpercaya nih. Domain name system merupakan bentuk layanan yang mengelola hubungan antara alamat IP dan domain. Ada cerita seru nih tentang ini.

Domain

Umma mengutip nih dari lama support google ya, nama domain (sering disebut domain) adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama domain ini unik yang akan muncul setelah tanda @ untuk alamat email dan setelah www. untuk alamat website.

Misalnya, nama domain example.com bisa diterjemahkan ke alamat IP fisik 198.102.434.8. Pemberian nama pada alamat akan lebih mudah diingat dan diketik. Jadi ummahat bisa gampang dan cepat kalo mau main ke blog umma.

Kustom Domain

Sebenarnya blog umma kemarin sudah memiliki domain yaitu ummafaha.blogspot.com kan ya. Namun karena layanan gratis, ummahat kalo mau main harus ketik panjang banget. La disinilah umma diarahkan untuk membeli kustom domain.

Kustom domain ini bisa dibeli oleh siapa saja. Untuk memilikinya, cukup daftar pada penyedia layanan. Lalu mencari nama kustom domain yang diinginkan. Pastikan nama yang dipilih unik dan tidak digunakan orang lain. Lalu bayar biaya tahunan pada penyedia layanan.

Top Level Domain

Apa lagi ini ummahat? Jujur ini umma baru tahu pas masa pelatihan, lalu kepo dan alhamdulillah bisa praktek. Top level domain yaitu bagian akhir dari suatu domain. Contohnya seperti .com, co.id, .org, .id, .edu, .gov, dan sebagainya.

Ternyata tidak sesederhana yang terlihat lo umm. Top level domain ini memegang peranan penting untuk menunjukkan identitas website. Umma benaran baru tahu meski dari dulu udah menyadari kayak website pendidikan biasanya menggunakan akhiran .edu kalau website pemerintah dengan akhiran .gov dan seterusnya.

Umma sih sejak awal ditanya coach konsisten, pilih yang umum aja dah agar mudah diingat. Gak mau ribet, tapi ternyata pilihan itu mempengaruhi biaya tahunan layanan lo. Biaya ini juga berbeda-beda pada setiap penyedia layanan.

Top level domain pilihan umma yaitu .com tergolong umum. Oleh karena itu biaya tahunan pada beberapa penyedia layanan dalam rentang harga yang sama. Umma tinggal menentukan penyedia layanan mana yang pas.

Ketika materi kelas Coach Marita memberikan beberapa tutorial membeli kustom domain dari RumahWeb, DewaWeb dan idCloudHost. Namun pada akhir kelas coach tamu, Sugianto menyebutkan penyedia lainnya. Rekan lain banyak yang langsung eksekusi malam selepas mater

Umma memilih menyimak dahulu sembari menunggu janji coach akan memberikan video tutorial keesokan harinya. Hari berganti ternyata coach masih ada kesibukan dan berhalangan memberikan tutorial. Obrolan para coach membuat umma mantep nih untuk berkunjung ke penyedia layanan Niagahoster.

Cara Membeli Domain Di Niagahoster

Pada hari ketiga paska materi, umma akhirnya mantep membeli domain pada Niagahoster selepas shubuh. Setelah menjelajah beberapa artikel penunjang, bermodal bismilllah umma melakukan order. Pagi itu umma sudah mengantongi kustom domain impian.

Pengalaman pertama ini sangat berkesan maka dari itu kali ini umma mau membagi cara membeli domain di niagahoster. Umma harap ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini. Simak tahapannya berikut ini:

Tahap Pertama : Membuat Akun pada niagahoster.co.id

1. Buka alamat berikut https://www.niagahoster.co.id/ pada laman browser. 
2. Lalu arahkan kursor pada bilah “Login” di sebelah kanan atas.

3. Setelah muncul pop up “Login ke niagahoster.co.id dengan Google” klik akun email yang ingin dipakai.

4. Klik “Lanjutkan sebagai *Sesuai Nama di Email*”

5. Lalu akan muncul jendela “Konfirmasi bahwa Anda ingin login ke niagahoster.co.id sebagai *Sesuai Nama di Email*”

6. Klik konfirmasi.

Tahap Kedua : Mengecek Email dari niagahoster.co.id

1. Buka email pada tab lain di browser yang sama.

2. Klik email masuk dari Niagahoster, data akun akan tertera lengkap pada email tersebut.

3. Klik URL login pada Detail Login pada email tersebut.

4. Link tersebut akan mengarakan pada halaman pada niagahoster.co.id kembali.

Tahap Ketiga : Cara Membeli Domain Di Niagahoster

1. Setelah login ke niagahoster.co.id, maka tombol Login akan berubah menjadi Member Area dan Logout pada kanan atas.

2. Lalu arahkan kursor ke Domain di bagian atas tengah, lalu klik pada menu Cari Domain.

3. Setelahnya akan masuk ke halaman Cek Domain dan Beli Domain Murah Anda, ketik nama kustom domain yang diinginkan pada kolom Cari nama domain Anda.

4. Lalu klik Cek Sekarang.

5. Gulir kursor ke arah bawah lalu pilih nama domain yang diinginkan, jika sudah klik Pilih

Tindakan tersebut akan mengarah pada halaman pembelian dan penambahan fitur. Halaman ini memuat nama domain yang dipilih dan biaya tahunan. Biaya tahunan domain tertera termasuk pajak. , Apabila digulir kebawah akan ada tawaran Paket Unlimited Hosting.

6. Klik Lanjutkan.

Tindakan tersebut akan mengarah pada halaman metode pembayaran. Invoice akan terletak dibagian kanan latar yang terdiri dari biaya registrasi, biaya tahunan, pajak dan biaya tambahan. Kemudian diikuti dengan total invoice serta metode pembayaran yang dipilih

Apabila digulir kebawah akan metode pembayaran dengan Transfer Virtual Account, KoinWorks Neo, eWallet, Tunai di Gerai Retail, Kartu Kredit dan Paypal.

7. Lalu klik Checkout Sekarang

8. Akan muncul pop up Data Anda, Lengkapi data tersebut sesuai ketentuan. Lalu klik Selesai.

9. Proses ini membutuhkan waktu 1-5 menit, sabar menunggu ya.

10. Akan muncul halaman Pesanan (salinan dikirim ke email yang terdaftar). Lakukan pembayaran sesuai dengan langkah yang diberikan. Pastikan kode pembayaran dan nominal tagihan sama persis dengan invoice yang diberikan.

Tahap Keempat : Mengecek Email dari niagahoster.co.id pada Pembayaran

1. Buka email pada tab lain di browser yang sama.

2. Klik email masuk dari Niagahoster,

3. Pilih email “IMPORTANT Verify your contact information for “domain yang dibeli” lalu klik

4. Klik URL validasi yang berada dalam email.

5. Tindakan tersebut akan mengarah pada halaman verifikasi.

6. Kembali ke email, pilih email “Domain yang dibeli” registration. Email tersebut memuat data domain, nama server dan pengaruran nama server domain.

7. Klik URL login atau pengaturan nama server domain.

Semua tahapan sudah selesai, kustom domain impian sudah di dapat. Untuk cara setting domain niagahoster ke blogspot, umma berikan di artikel selanjutnya. Langkahnya juga sama gampangnya kok.
 

Penutup

Gimana umm, mudah kan cara membeli domain di niagahoster. Semoga tahapan yang umma berikan jelas ya.  Semoga langkah ini menjadikan umma dapat meluaskan manfaat. Aamiin. 




Related Posts

Posting Komentar