header umma faha

Etika Menggunakan Kamar Mandi Bersama

Posting Komentar
Etika berbagi kamar mandi

Assalamu'alaikum, kali ini umma mau bahas etika menggunakan kamar mandi bersama. Anak kos wajib baca, tapi tidak menutup kemungkinan anak-anak kita juga harus belajar ini sejak dini. Mau tahu alasannya kenapa? Baca secara lengkap ya

Kamar Mandi Wajib Bersih

Pembaca blog umma pasti udah paham kenapa kamar mandi wajib bersih kan ya? Kalo belum yuk baca tips adab dan sunnah dikamar mandi. Terus kalo bingung cara bersihinnya bisa baca juga tips membersihkan kamar mandi ala umma.

So setiap orang termasuk anggota keluarga kita wajib memahami akan etika menggunakan kamar mandi bersama. Mau di rumah, saat berkunjung ke tempat orang apalagi jika nantinya harus indekos.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua wajib hukum menurut umma mengajarkan cara buang air kecil dan besar yang benar. Hal ini berhubungan erat agar anak-anak paham bagaimana cara membersihkan kotorannya sendiri. Harapannya anak-anak jauh-jauh dari kebiasaan jorok nan egois. Naudzubillah.

Melatih Anak Paham Diri Sendiri

Mulai dengan mengajarkan anak buang air kecil dan besar yang normal itu seperti apa. Apalagi buat anak yang sejak dini jijik-an ini akan terbawa sepanjang hidupnya. Tujuan agar paham apa yang terjadi pada dirinya. Lalu bisa menyikapi jika hal tidak normal tersebut terjadi.

Umma melatih kaka super duper sangat amat butuh kesabaran karena memiliki sensitif terhadap segala hal sejak kecil. Misalnya rumput, tanah, lumpur dan sebagai bisa menjadi salah latihan. Akhirnya di fasenya hampir menginjak 5 tahun kaka sudah paham mana buang air kecil atau besar yang normal dan tidak normal.

"Ma, eek kaka gak bagus, mencret boleh bantu cebokin kaka ma?"
"Kaka tahu kenapa kaka eeknya kaka gak bagus?"
"Iya, kaka gak maem sayur dan buah, habis ini kaka beliin buah ya ma"

Drama Kamar Mandi Bersama

Saat pencernaan sehat maka konsistensi feses dalam keadaan normal. Kloset akan bersih karena feses akan langsung masuk ke lubang. Berbeda saat kualitas pencernaan tidak baik pasti jadi tercecer kemana-mana, betul tidak?

Kenapa umma bahas ini, karena kalo pencernaan terganggu ya pasti dikamar mandi lama. Pastilah bagian ini akan mengganggu jika menggunakan kamar mandi bersama.

Bagi yang tidak terbiasa, pasti bakal kaget dan bingung etika kamar mandi bersama. Bagusnya sih kalo paham ya dan cari tahu agar tidak mengganggu orang lain. Namun tidak sedikit ada ya acuh tak acuh lo apalagi jika di tempat umum.

Pasti pernah kan sedang pergi ke suatu tempat lalu perlu ke toilet. Lalu akhir batal karena kamar mandi jorok. Lalu memutuskan menahan diri untuk menemukan toilet di tempat berikutnya.

Si kaka dulu pernah begini, saat masa toilet training kami pergi ke taman kota. Si kaka tidak mau buang air kecil di pampers karena sudah terbiasa di kamar mandi. Sayangnya di sana hanya ada satu toilet dengan keadaan seadanya.

Umma sudah melepaskan pakaian bawahnya, si kaka jongkok tapi akhirnya batal. Saat diajak pulang dia gak mau karena minta main lagi. Tapi saat bermain dia tidak nyaman dan ogah-ogahan. Akhirnya kami paksa pulang dan dia senang karena berhasil buang air kecil di rumah dengan lega.

Tentunya kita gak mau kan anak-anak menjadi tidak nyaman. Atau malah bersikap seenaknya seperti di rumah saat menggunakan kamar mandi bersama. Oleh karena itu umma punya tipsnya buat orang tua agar anak-anak biar tetap bisa hidup berdampingan dengan nyaman tanpa ada drama kamar mandi.

Etika Menggunakan Kamar Mandi Bersama

Kadang berbagai kamar mandi menjadi hal menyebalkan ketika kamu sedang terburu-buru untuk beraktivitas. Hukum alam berbicara, siapa cepat dia bisa menggunakan kamar mandi dahulu. tersebut. Kalau digedor bisa jadi malah pengguna malah tersinggung. Serba salah!

Mulai dahulu dengan menanyakan atau mendiskusikan sebelum memilih tempat kos. Pilih hunian yang homogen dan berjenis kelamin sama. Apabila dana terbatas pastikan memilih yang paling minim mudharatnya.

Berbagi kamar mandi bersama

Etika Berbagi Kamar Mandi Bersama

Namun, kalau kamu sudah terlanjur tinggal di tempat yang mengharuskanmu sharing kamar mandi, yuk, pahami aturan yang kadang nggak tertulis berikut ini.

1. Pakai sandal kamar mandi

Umumnya dikamar mandi lebih suka telanjang kaki saat di kamar mandi. Namun, memakai sandal kamar mandi perlu menjadi kebiasaan baru. Untuk lingkungan heterogen kita tidak pernah tahu kotoran orang lain berpotensi menjadi kuman pembawa penyakit atau tidak. Jadi untuk menjaga kesehatanmu lebih baik pakai sandal khusus kamar mandi.

2. Jangan mondar-mandir pakai handuk saja

Saat di rumah sendiri, memakai handuk saja keluar kamar mandi dianggap wajar. Namun saat berbagi kamar mandi hal ini jangan dilakukan. Selain demi kesopanan namun juga kenyamanan dan keamanan dirimu sendiri.

Jika enggan membawa baju ganti pakaian bersih ke kamar mandi, maka pilih handuk kimono sebagai penggantinya. Jika lupa mending pakai kembali pakaian kotor sebagai luaran handuk.

3. Bersihkan sampahmu

Ingat cerita umma tentang pipa buntu di kosan dulu. Nah biasakan mengecek lubang air selepas keramas. Jika ada rambut rontok yang terkumpul biasakan untuk mengambilnya dan membuang ke tempat sampah.

Ahh masih sedikit. Eits sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi sumbatan. Yakin orang lain mau bersihin? Malahan nanti kita yang akan susah sendiri.

Selain rambut, kadang-kadang kita juga membuang kotoran lain di kamar mandi bersama, mulai dari bungkus sampo atau sabun, tisu, kapas maupun pembalut.Untuk pembalut pastikan membungkusnya terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah.

4. Siram Bekas Hajatmu

Aturan dasar yang paling penting. Siram atau guyur bekas kencing maupun kotoranmu. Lakukan sekali lagi saat sebelum meninggalkan kamar mandi.

Hal untuk memastikan bahwa kotoranmu benar-benar sudah hilang. Tidak akan kembali lagi serta tidak ada hal yang tersisa dari guyuran pertama. Selain itu, kotoran perhatikan sungguh-sungguh bekas darah mens.

5. Gunakan waktu dengan efektif di kamar mandi

Ingatkan kamar mandi tempatnya setan. So lakukan aktivitas di dalam kamar mandi secepatnya. Apalagi jika harus berbagi kamar mandi dengan orang lain. Bisa jadi diluar ada yang mengantri karena harus melakukan aktivitas mendesak.

Yang biasa baca buku atau dengarkan musik sekalian buang hajat, bisa evaluasi lagi kualitas pencernaannya. Manfaatkan waktu di kamar mandi seefektif mungkin. Termasuk agar penggunaan air bersih secara efektif. "Karena mubazir itu temennya setan"

6. Cari jadwal mandi di luar jam sibuk

Kalau pakai kamar mandi bersama, biasanya orang-orang akan antre di pagi hari. Semua orang akan mulai beraktivitas dan cenderung mengejar waktu. Ya, pasti semua penghuni akan rebutan kamar mandi dan akhirnya suasana jadi terburu-buru dan nggak nyaman.

Selain itu di pagi hari merupakan masa kerjanya si pencernaan. Waktu buang hajat menurut jam kerja organ yaitu pukul 06.00-09.00. Untuk menghindari keadaan seperti ini, lebih baik mandi duluan saja pagi-pagi sekali.

Biasanya orang akan segan karena masih terlelap tidur. Atau malah masih di dalam selimut karena masih terlalu gelap dan dingin. Oleh karena itu bisa disiasati dengan mulai dengan bangun lebih pagi. Malah bagus jika bisa mandi sebelum subuh sesuai sunnah.

7. Jangan buang sampah di wastafel

Terkadang karena fasilitas tidak memadai ada orang yang mencuci piring atau barang lain di wastafel kamar mandi. Ini sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyumbat dan menimbulkan bau. Usahakan tidak melakukan suatu aktivitas yang menimbulkan sampah di situ.

Pengalaman Menggunakan Kamar Mandi Bersama

Sejak masuk Perguruan Tinggi hingga bekerja dan menikah umma menggunakan kamar mandi bersama. Berpindah-pindah indekos membuat umma belajar berbagi kamar mandi. Begitu juga kalau bermain ke indekos teman.

Setiap kamar mandi di dalam indekos memiliki aturan penggunaan masing-masing. Mulai dari hemat air dimana sangat pemilik memasang otomatis air di bak mandi. Ada yang mewajibkan menyalakan keran air saat dikamar mandi untuk menyamarkan bunyi aktivitas di dalam. Hingga menempel aturan secara detail di dinding kamar mandi.

Ada hal seru yang pernah umma alami. Saat itu musim kemarau, air sumur sedikit dan suplai air pam juga kecil. Alhasil hanya beberapa orang yang bisa mandi di indekos. Beruntung umma tidak ada jadwal kuliah pagi. Umma tidak kebagian akhirnya memilih menumpang mandi di indekos teman.

Kejadian lain saat harus magang di luar kota. Umma dapat indekos heterogen dengan para pekerja serta lawan jenis. Alhasil umma dan teman sudah membajak kamar mandi pagi-pagi buta saat masih sepi.

Pengalaman lain ketika sedang magang dengan banyak mahasiswa dalam sebuah asrama. Di tempat itu tidak ada fasilitas untuk mencuci baju, alhasil jika jadwalnya mencuci ya harus bangun pagi atau tidur lebih malam. Selain berebut kamar mandi kami juga harus berebut lahan jemur. Hehe

Penutup

Demikian etika menggunakan kamar mandi bersama. Semoga bermanfaat ya, salam sehat. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar