header umma faha

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Posting Komentar
Cara membersihkan kamar mandi

Assalamu'alaikum, kali ini umma mau kasih tips membersihkan kamar mandi. Ada yang sedang cari tips ini? Simak secara lengkap ya.

Kamar Mandi

Kamar mandi atau toilet adalah salah satu tempat di rumah yang dipakai setiap hari. Banyak aktivitas yang dilakukan disana dari cuci tangan dan kaki, mandi, buang air kecil maupun besar. Kebersihan kamar mandi menjadi sangat penting. Hal tersebut mengingat kamar mandi adalah tempat berkumpulnya para jin.
 

Pentingnya Kamar Mandi Bersih

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam Alaihi Salam yang tinggal di bumi. "Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis. Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).’’ (HR Bukhari).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam bersabda: ”Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.” (HR Ahmad, Ibnu Majah).

Ciri-ciri kamar mandi kotor


Tanda-Tanda Kamar Mandi Kotor

Tempat yang satu ini kita pakai setiap hari. Umma yakin pasti udah hafal banget ciri-ciri kamar mandi yang kotor. Tanda-tanda kamar mandi yang perlu dibersihkan yaitu:
  1. Kamar mandi yang ventilasi kurang bagus pasti lembab dan cepat kotor. 
  2. Kamar mandi dengan sumber air yang kurang bersih, maka bak bak air dan lantai cepat kotor
  3. Kamar mandinya yang kotor akan mengeluarkan bau yang tidak sedap meski udah disiram air berkali-kali
  4. Lantai licin gak nyaman untuk dipijak karena bekas sabun, jamur, dst.

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Umma punya tips untuk membersihkan kamar mandi yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

1. Buat Jadwal kebersihan

Jika memungkinkan, memang sebaiknya kita perlu membersihkan kamar mandi setiap hari. Namun pasti itu tidaklah mudah. Oleh karena paling enak dengan membuat jadwal bersih-bersih.

Misalnya setiap 3 hari sekali atau 5 hari sekali. Saran jangan lebih dari seminggu ya. Jadwal bisa dibagi dua, pembersihan ringan dilakukan maksimal seminggu sekali. Lalu pembersihan berat bisa dilakukan sebulan sekali. Hal ini biar kamar mandi tetap bersih tapi ummahat gak terlalu repot.

2. Gunakan cairan pembersih khusus toilet

Bagian kamar mandi yang paling susah dibersihkan yaitu bagian lubang kloset. Untuk mempercepat pembersihan gunakan cairan pembersih. Adapun caranya sebagai berikut:
  1. Langkah pertama siram cairan pembersih ke kloset termasuk lubangnya
  2. Diamkan sebentar lalu sikat WC
  3. Lalu siram dengan air hingga bersih.

Cairan ini biasanya berbau dan membuat tangan gatal. Jangan lupa gunakan sarung tangan serta masker. Lalu lakukan secara hati-hati jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Sikat lantai dan dinding kamar mandi

Untuk pembersihan ringan bisa digunakan dengan detergen atau sabun colek. Campur detergen atau sabun dengan air untuk membersihkan lantai dan dinding kamar mandi.

Namun untuk pembersihan sedang dapat menggunakan detergen dan asam sitrat yang dicampur dengan air panas. Baking soda dan garam juga bisa tambahkan. Caranya siram seluruh dinding dan lantai, diamkan sebentar lalu sikat.

Jika ternyata terdapat noda berkerak yang tidak bisa disikat dapat menggunakan cairan pembersih kamar mandi. Cairan ini biasanya tidak sekuat untuk kloset. Saat ini cairan pembersih lantai tersedia dengan berbagai aroma yang segar.

Cara bersihkan kamar mandi

4. Membersihkan kaca kamar mandi

Apabila di kamar mandi terdapat kaca maka bagian ini yang perlu dibersihkan selanjutnya. Kaca di kamar mandi pasti setelah berembun setelah digunakan. Hal ini akan menyebabkan noda yang menempel di atasnya.

Cara membersihkan bagian ini bisa menggunakan lap dengan detergen atau sabun. Namun paling mudah menggunakan wiper dan cairan pembersih kaca. Tidak perlu alat khusus kamar mandi, bisa menggunakan wiper yang biasa digunakan untuk kaca di dalam rumah lainnya.

5. Angkat sisa rambut di lubang kamar mandi

Masalah lubang pembuangan yang mampet sering dialami. Biasanya hal tersebut di sebabkan oleh tumpukan rambut yang ikut masuk dan menutupi. Agar tidak menjadi penyumbat, pastikan rutin mengangkat sisa rambut di saluran.

Umma inget banget dulu dikosan beberapa kali saluran pembuangan macet. Akhirnya perlu bantuan pak tukang untuk mengecek pipa saluran. Astagfirullah saluran tertutup rambut rontok.

Kosan kami dihuni lebih dari 20 anak perempuan. Kami mayoritas meliki rambut lebat dari ukuran pendek hingga panjang. Sejak saat itu pak kos mengganti ukuran pipa menjadi lebih besar. Serta memasang penutup lubang air khusus agar rambut tidak masuk ke dalam lubang air.

6. Basmi noda karat di keran atau shower

Dalam membersihkan kamar mandi tidak hanya berfokus pada bagian keramik lantai atau dinding saja. Namun juga bagian keran dan shower dalam keadaan bersih. Biasanya kedua bagian ini terdapat noda karat.

Bagian ini juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Pembersihan ini bisa dijadwalkan sebulan sekali (pembersihan berat) . Hal itu karena noda karat lama terbentuk. Selain itu kita gak terlalu repot akhirnya malah segan bersih-bersih.

7. Beri Ganti keset kamar mandi secara rutin

Tips membersihkan kamar mandi berikutnya adalah rutin mengganti keset kamar mandi dengan rajin. Apalagi kalo punya anak kecil, mengganti keset hukumnya wajib dilakukan setiap hari.

Bila keset sudah dalam keadaan basah, maka akan berpotensi membahayakan anak-anak. Air yang tidak terserap sempurna akan membuat lantai licin.


Penutup

Demikian tips membersihkan kamar mandi ala umma. Udah diujicoba langsung ya, insyallah approved. Semoga bermanfaat ya. Salam sehat

Related Posts

Posting Komentar