header umma faha

Tips Cara Merapikan dan Menata Rumah

Posting Komentar
Rumah rapi bersih

Assalamu'alaikum, Tips agar tidak malas membersihkan rumah. Emang bisa? Umma juga gak tahu sih, tapi coba kita telaah bersama.

Merapikan Rumah

Ternyata dengan membersihkan dan merapi rumah manfaatnya banyak banget loh. Debu dan kotoran akan hilang jiak secara rutin membersihkan ruangan. Tanpa disadari udara jadi lebih segar sehingga memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Rumah yang nyaman akan mampu memberikan mood jadi baik. Situasi dan kondisi rumah yang bersih dapat juga mengurangi stress. Tidur jadi lebih nyenak dong pastinya.

Rumah yang bersih juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan kuman. Oleh karena bisa sekalian mencegah penyakit untuk main ke rumah. Harapannya penghuni rumah jadi sehat selalu.

Rumah yang rapi juga membuat aktivitas tidak terganggu. Bikin penghuni jadi sat set alias produktif. Hal tersebut karena penghuni bisa mengambil alat atau barang dengan mudah.

Lama-lama menjadi Bukit

Seperti halnya menabung jangan pernah membiarkan rumah berantakan dalam waktu lama. Saat semuanya masih sedikit semua akan terasa ringan. Namun ketika sudah menggunung akan membuat kita malas. selain itu juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Semua bisa dimulai dari hal sederhana.Bisa dimulai merapikan tempat tidur ketika terbangun. Menata bantal dan guling pada satu sisi. Termasuk melipat selimut meskipun tidak sampai licin.

Lalu bisa membiasakan membersihkan sisa makan. Serta membuang sampah pada tempatnya. Khususnya hal ini bisa dijadikan salah satu cara untuk melatih kemandirian anak. Lalu jangan lupa sampah di keluarkan dadi rumah setiap hari.

Mencuci peralatan memasak seringkali menjadi pekerjaan yang ditinggalkan. Namun kalau umma peralatan masak harus langsung dicuci selepas memasak. Alamat pasti jadi males kalau terlanjur menumpuk.

Piring pun sebisa mungkin dicuci setelah makan. Anak-anak juga perlu dibiasakan meletakkan piring kotor pada wastafel. Bentuk kerjasama sederhana ini akan sangat memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Mencuci pakaian juga sebaiknya dilakukan secara rutin. Kita tahu bahwa pakaian kotor menjadi saran penyakit dan disukai setan. Jika tidak dapat dilakukan setiap hari perlu dibuat jadwal rutin. Hal tersebut agar memudahkan pekerjaan harian.

Kalo umma sendiri sebisa mungkin mencuci setiap hari. Mau dikit atau banyak umma usahakan untuk tidak meninggalkan pakaian kotor. Oleh karena itu umma juga mengatur manajemen belajar bulanan agar tidak boros dalam penggunaan detergen

Selain itu juga perlu membuat jadwal pembersihan (deep cleaning). Misalnya untuk kamar mandi atau dapur. Hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari namun tetap harus rutin. Misalnya seminggu sekali atau dua kali. Kalo umma sendiri biasanya sembari mandi jika terlihat mulai kotor langsung ambil sikat dan sabun. Hal ini sangat memudahkan pekerjaan.

Decluttering

Lalu apa yang harus dilakukan agar rumah tetap bersih. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu decluttering. Decluttering adalah upaya untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai di rumah. Tidak berarti membuang seluruh barang yang terlihat berantakan. Decluttering artinya menyortir dan memilah barang agar rumah tampak lebih rapi serta teratur.

Cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih sekarang sudah banyak dibagi di media sosial. Misalnya saja teknik Komari yang dipopulerkan oleh Marie Kondo. Gebrakan yang akhirnya tidak lagi dilakukan ketika sudah memiliki anak tiga.

Hal tersebut karena butuh banyak waktu untuk rutin dan membiasakan. Kalau menurut umma hanya dapat dilakukan jika tidak punya pekerjaan atau punya asisten. Maka dari itu umma lebih memilih melatih kemandirian anak agar ibu juga bisa produktif.

Cara Menata Rumah Kecil Rapi

Salah satu teknik yang bisa diaplikasikan yaitu mempunyai lemari dengan banyak sekat dan laci. Hal tersebut membuat rumah *tampak rapi* secara instan meski di dalamnya berantakan. Benar enggak?

Selain itu pastikan memisahkan barang yang jarang terpakai ke area terpisah. Misalnya ke gudang atau atas lemari. Hal tersebut menghindari barang yang jarang dipakai tercerai berai.

Tidak heran kan rumah-rumah di iklim sedang atau dingin punya lemari tinggi menjulang sampai langit. Mereka biasanya memisahkan pakaian berdasarkan musim. Pakaian pada musim dingin di vakum lalu diletakkan di posisi lemari yang tidak mudah dijangkau.

Cara Menata Rumah Minimalis

Satu yang jelas perabotan atau barang yang digunakan haruslah yang multifungsi. Lalu memilih perabotan yang minimalis dengan pintu geser. Lalu yang terpenting rutin decluttering. Hal tersebut akan membuat mudah cara menata rumah kecil biar rapi.

Menata rumah yang sempit biasa akan menemukan masalah saat menata ruangan tamu. Oleh karena itu perlu diperhatikan dalam memilih perabot. Kursi atau sofa harus dengan ukuran yang pas. Tidak terlalu besar, sehingga memesan custom lebih disarankan.

Terutama saat menata ruang tamu sempit, salah satu kuncinya di cara menata kursi di ruang tamu sempit. Jika jarang menerima tamu bisa digabung sekalian menjadi ruang keluarga. Hal ini sering menjadi solusi khususnya untuk rumah minimalis.

Selain itu juga perlu ditemukan posisi yang pas untuk menaruh perabot yang tepat. Hal ini agar mobilitas dan gerak penghuni lebih mudah. Untuk rumah minimalis konsep segaris sering dipilih. Namun sebisa mungkin ada pembatas agara ruang private tidak langsung terlihat ketika pintu terbuka.

Pemilihan partisi saat ini sudah banyak sekali ragamnya. Tidak melulu bufet atau lemari untuk pembatas ruangan. Bahannya juga sangat bervariasi tergantung dengan keuangan.

Penutup

Semoga umma segera bisa rumah sendiri minimalis pun tak apa. Demikian tips agar tidak malas membersihkan rumah. Semoga bermanfaat, sehat selalu. Walaikumsalam.


Related Posts

Posting Komentar