header umma faha

Review Memasang Google Search Console serta Membacanya

Posting Komentar
Memasang google search console

Assalamu'alaikum. Udah kenal memasang google search console? Kalo belum atau mau rewind yuk belajar bareng umma.

Cara Memasang Google Search Console

Umma memasang google search console kurang lebih setahun lalu saat kelas blog gratis. Alhamdulillah semuanya lancar dengan bantuan coach dan rekan pelatihan yang sabar banget berbagi ilmu. Namun jujur kalo untuk di ulang enggak.

Asalkan pertama, blog umma cuman satu ini. Kedua kembali pada poin pertama. Hahaha. Belakangan setiap layanan gratis yang disediakan google terus berubah. Hal tersebut ya untuk mengikuti perkembangan dunia digital yang sangat dinamis ini.

Untuk yang ingin tahu tahapan dan cara memasang google search console terbaru bisa berkunjung ke tulisan Pak Sugi. Beliau tahun ini bertindak sebagai pemateri untuk ODOP Bloggers Squad 2023. Secara umum caranya sama namun ada beberapa perubahan yang kadang akan membuat bingung. Ya sebagai referensi boleh lah buat yang sedang dilanda bingung, galau bin mumet. 

Seperti pada artikel umma sebelumnya, google search console merupakan nama baru dari google webmaster. Hemat pikir ya google search console ini memberikan hasil lebih mendetail daripada google analytics. Misalnya dalam hal memahami google trends yang ada di blog kita.

Jika google analytics adalah alat untuk menganalisis secara kuantitatif. Kalo google search console ini lebih di sisi kualitatif. Cara google search console login juga mudah sekali seperti masuk ke google analytics.

Untuk cara verifikasi google search console ada versi terbarunya. Khususnya pada bagian ownership verification. Meski ada verifikasi otomatis namun tidak semua itu esmeralda. Perlu langkah-langkah untuk menautkan yang tidak sederhana. Butuh sabar dan fokus serta ketenangan.

Buat emak-emak jam-jam cinderella berubah busana adalah hal yang tepat. Ditengah godaan empuk kasur dan dekapan selimut. Apalah kalo musim hujan kayak tahun lalu. Kalo tahu ini mah gerah super panas.

Proses ini kalo umma boleh cerita butuh support system yang secara call center 24 jam. Itulah yang membantu prosesnya menjadi mudah. Saat kita salah langkah, lalu blank, chat grup ada yang saut itu rasanya MasyaAllah.

Kadang ternyata sama-sama bingung. Namun juga lebih banyak yang sudah paham. Apalagi ya emang passion di dunia blogging. Beda dengan umma yang jalur pmdk.

Iya, buka rapot bagus tapi, namun nilai rata-rata cukup. Tidak pernah membuat pelanggaran jaman dulu mudah banget dapat tawaran PMDK. Ya meski dapat Univeristas nomer sekian. Serta jurusan yang tidak populer. Namun kan super keren kan..

Begitulah umma di dunia blogging. Jalur keberuntungan hingga bisa jalan setahun. Kalo enggak kuat udah pasti gak dilanjutkan bayar tagihan dong ya. Dibiarin jadi sarang laba-laba cukup.

Membaca Data Google Search Console

Data tidak dapat diperoleh dalam waktu cepat. Oleh karena itu daftar dulu aja. Setting dulu aja. Baca hasil belakangan.

Hal itu terjadi karena google ya butuh waktu untuk menjelajah blog kita secara detail hingga setiap huruf. Ya yang tertampil maupun yang tidak (kode .html). Sebelum berpuyeng ria mending memasang google search console dulu dengan benar.

Jika sudah mulai menjelajah, nantinya google akan sering banget mengirim email. Bak pasangan sehidup semati yang tidak mau belahan jiwanya mengalami kegagalan. Jadi jangan kaget kalo mulai akan banyak pesan yang berisi "Laporan Pengindeksan Halaman".

Klik aja tautannya dan mari berpusing ria. Oh iya pastikan menggunakan bahasa Inggris ya. Beberapa istilah tidak dapat diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Misalnya breadcrumb yang jadi huru-hara dijaman. Jadi dulu sempat kebingungan mencari bang Toyib yang tak pulang-pulang. Atau malin kundang yang lupa daratan. Tapi istilah ini akhirnya tidak diterjemahkan.

Buat yang bingung sebaiknya memang secara otodidak mempelajari manual book dahulu di google support ya. Jangan kayak umma nunggu kelas blog gratis dulu. Se simpel takut menerjemahkan istilah kata dalam tindakan. Lalu akhirnya gak bisa mengembalikan.

Untuk umma yang males banget nulis karena kayak ya belum jadi keseharian. Se simpel belum kelihatan hasilnya jadi memilih prioritas lain. Belum lagi males ikutan blogwalking. Maka dari itu umma selalu sebisa mungkin nulis artikel dengan keyword utama dan turunannya yang ada angkanya.

Jadi meski umma jarang nulis, tapi ada saja penelusuran organik yang masuk ke blog umma dari keyword tersebut. Awalnya sih gak sadar dan belum jadi kebiasaan. Hanya membiasakan yang pak dan ibu guru ajarin aja.

Eh tahu-tahu ada email dengan judul "Selamat, Anda telah memperoleh 30 klik dalam 28 hari!" Apalagi pas dibaca isinya

Ya seneng banget. Hatinya jingkrak-jingkrak meski kaki dan tubuh mah diem bae.

Tapi ya jangan berpuas hati meski performa banyak terlihat grafik dan laporan menyenangkan. Namun pada data-data lainnya ya banyak masalah. Termasuk masalah pengindeksan halaman yang menjadi pesan cinta rutin dari google search console.

Apalagi kalo data web inti dari blog belum tercapai. Mau tak mau harus coba dianalisa menggunakan page speed insight yang auto rapot merah. Warna merah ini sejak dulu tak kunjung reda malah makin -makin. Kayak kebakaran yang malah merembet dimusim kemarau gini.

Penutup

Buat umma yang pake blogspot dan template gratisan serta tulisan masih dibawah 200 diminta ganti ke hosting berbayar. Alamak yang penting sekarang bisa memasang google search console itu aja dulu. Yang lain belakangan ya. Sehat selalu. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar