header umma faha

Kenapa Aku Ngeblog

Posting Komentar
Assalamu'alaikum, alasan umma ngeblog itu sangat sederhana. 

Kenapa Aku Ngeblog

Menulis alias ngeblog merupakan media terbaik untuk umma berkarya. Yap wadah ternyaman untuk mengeluarkan dua puluh ribu kata.

Tanpa disadari ribuan kata ini jika tidak disalurkan dengan baik akan meledak. Muncrat seperti lahar panas yang akan menerjang siapa saja. Titik baliknya ketika terjangan itu malah akan menggoreskan luka.

 

Apa alasannya? 

Umma baru mulai menyadari kesalahan ini saat kaka Fa masuk usia 2 tahun. Saat itu umma mengalami burn out mengasuh adik Ha sekaligus kaka Fa seorang. Luka-luka itu pernah umma berikan pada Fa kecil. Astagfirullah.

Si kaka yang tak kunjung mampu bicara di tahun kedua kehidupannya. Umma mengalami kendala komunikasi cukup parah saat itu. Ada kesenjangan hubungan batin antara umma dengan si sulung dan si bungsu dalam waktu bersamaan.

Masa itu umma mulai menyadari kesalahan umma ketika mengenal komunitas bermain. Umma kemudian mulai memperbaiki hubungan dengan Fa kecil melalui permainan. Bermain merupakan cara membangun bonding terbaik untuk kami.

Si bungsu masih kecil sehingga praktis umma bisa memiliki waktu berkualitas bersama kaka. Umma kemudian memberanikan diri mengikuti tantangan 30 hari bermain. Lalu memilih media blog sebagai media untuk membuat jurnal.

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada Agustus tahun 2021. Seminggu sebelum waktunya suami jatuh sakit. Awalnya umma ingin mengurungkan komitmen. Namun akhirnya umma memilih melanjutkannya

Umma dan suami memiliki layar belakang keluarga, kebiasaan dan budaya. Kami dipertemukan Allah secara singkat sebelum masa pernikahan. Komunikasi selalu menjadi masalah terbesar kami bahkan sampai saat ini.

Kondisi sakitnya beliaulah yang membuat umma akhirnya malah mengeluarkan unek-unek yang terpendam. Alhamdulillah bukan sampah emosi yang keluar. namun penyaluran ide bermain dalam ribuan kata jurnal yang melepaskan beban dalam diri.

Sebelumnya umma sudah rajin menuliskan kegiatan keseharian masa perkuliahan di blog pribadi. Umma juga sempat menang kompetisi di blog kampus karena diakses paling banyak. Hal itu karena blog tersebut berisi materi perkuliahan dan hasil praktikum.

Saat masa tantangan tersebut umma memilih bloggers sebagai platform karena kesederhanaannya. Blog tersebut begitu hidup selama 30 hari sebagai jurnal online bermain. Selepas itu, menjadi wadah laporan online kegiatan komunitas lainnya.

Akhir tahun 2021 umma mengenal seorang blogger pemula ketika sedang bertugas pada sebuah komunitas yang sama. Beliau lahir dari pelatihan kelas ngeblog gratis. Umma merasa tertarik dan ingin lebih tahu mengenai kelas tersebut.

Alhamdulillah pada Maret 2022 umma berkesempatan menjadi satu dari puluhan calon peserta. Masa pelatihan selama kurang lebih 3 bulan menguras tenaga dan emosi. Umma sempat ingin menyerah mengingat ada banyak peristiwa dalam kehidupan nyata terjadi bersamaan.

Umma sempat vakum hingga kembali lagi memutuskan kembali menekuni dunia blogging di awal tahun 2023 ini. Keinginan menulis kembali awalnya hanya agar bisa membayar domain yang akan segera jatuh tempo. Namun belakangan malah umma dipertemukan untuk menjadikan ini jalan berkarya dari rumah.

Penutup

Pergejolakan hidup tidak pernah berhenti. Masalah yang sama memang tidak terulang. Namun blogginglah yang selalu menjadi tempat umma sembuh. Salam sehat. Walaikumsalam




Related Posts

Posting Komentar