header umma faha

Mengenal Perbedaan Probiotik Prebiotik dan Sinbiotik

Posting Komentar
perbedaan probiotik prebiotik sinbiotik

Assalamualaikum. Wow ternyata untuk menjaga kesehatan saluran cerna tidak hanya dengan probiotik. Ada banyak istilah baru nih. Yuk sama-sama mengenal perbedaan probiotik, prebiotik dan sinbiotik.

Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan saat penting karena berhubungan erat dengan kesehatan tubuh keseluruhan. Apalagi penelitian menunjukkan bahwa metode persalinan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan cerna bayi. FaHa lahir melalui proses sesar sehingga umma getol banget nih mempelajari untuk merawat organ pencernaan. Apalagi si kaka Fa tidak mendapatkan ASI ekslusif sehingga sudah dapat dipastikan memiliki banyak problem dalam hal makan dan pencernaannya.

Mengenal makanan yang mengandung probiotik ternyata tidak cukup loh. Probiotik ternyata bisa mati saat proses pemasakan. Tidak cukup disitu probiotik hidup bahkan bisa mati jika terkena asam lambung. Ya Allah ujian apalagi ini. Tenang ujian probiotik untuk bisa menjaga saluran cerna tidak hanya ada disitu.

Saat berhasil masuk ke dalam saluran cerna dalam keadaan hidup, probiotik butuh kemampuan untuk bisa menempel dalam dinding saluran cerna. Untuk dapat tetap hidup dan berkembang biak, probiotik harus makan. Jika makanan probiotik tidak tersedia, maka mati jumlahnya akan terus berkurang.

pengertian probiotik prebiotik sinbiotik


Maka dari itu umma mau kasih tahu ternyata tidak semudah itu. Yuk kita mengenal perbedaan probiotik, prebiotik maupun sinbiotik berikut ini.

Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang ditemukan dalam saluran cerna makhluk hidup. Penelitian menunjukkan adanya manfaat darinya keberadaan mikroorganisme tersebut. Lalu akhirnya diisolasi dan dikembang untuk dikonsumsi manusia.

Probiotik yang dikonsumsi harus dalam kondisi hidup dan dalam jumlah yang cukup. Lalu nantinya probiotik mampu berkembang biak dalam saluran pencernaan. Saat probiotik berjumlah banyak maka akan dapat melindungi saluran cerna dari bakteri atau mikroorganisme penyebab penyakit. Salah satu manfaatnya adalah mencegah terjadinya diare.

Prebiotik

Prebiotik merupakan komponen makanan untuk probiotik. Komponen ini tidak hidup namun dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh melalui modulasi mikrobiota (probiotik). Prebiotik bukan obat, harus food-grade dan memiliki manfaat kesehatan yang terukur.

Manfaat kesehatan yang diperoleh adalah melalui kemampuannya mengubah komposisi atau aktivitas mikrobiota usus dengan mekanisme fermentasi. Persyaratan utama suatu komponen menjadi prebiotik yaitu tidak dicerna oleh enzim pencernaan, dapat difermentasi oleh probiotik (Bifidobacterium dan Lactobacillus) dalam kolon. Contoh prebiotik adalah inulin, frukto-oligosakarida (FOS), maupun (trans)-galakto-oligosakarida (GOS).

Sinbiotik

Sinbiotik dapat diartikan sebagai suplemen makanan memiliki komponen probiotik dan prebiotik. Kombinasi antara probiotik dan prebiotik sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Suplemen ini menjadi teknologi terbaru dalam menjaga kesehatan saluran cerna manusia.

Sering kali probiotik yang masuk ke dalam saluran cerna manusia tidak dapat berkembang biak karena tidak adanya prebiotik yang cocok. Alhasil seberapa banyak kita mengkonsumsi probiotik jumlah tetap kurang di dalam saluran.

ilustrasi perbedaan probiotik prebiotik sinbiotik

Sediaan Sinbiotik

Sayangnya sinbiotik ini tidak dapat diperoleh melalui makanan ya. Sinbiotik merupakan teknologi baru yang diciptakan untuk mengambil manfaat probiotik seluas-luasnya. Hal tersebut mengingat masalah saluran cerna ini memiliki andil yang besar pada kesehatan manusia.

Apalagi jika dilihat bahwa metode kelahiran bayi semakin tinggi yang menggunakan non pervaginal (sesar. Entah karena trend atau memang karena ada indikasi ke daruratan lainnya. Komplikasi yang semakin terlihat adanya hubungan kecenderung bayi lahir sesar yang mengalami alergi . Panjang ya ceritanya, yuk mari....

Suplemen sinbiotik akhirnya hadir di Indonesia untuk anak-anak loh. Alhamdulillah produk import karena Indonesia belum mampu memproduksinya sendiri. Umma kenal produk ini sekitar satu tahun yang lalu.

Meski saat baru kenal anak-anak sudah berusia 3 tahun namun ternyata banyak efek baik yang dapat diperolah dari suplemen sinbiotik ini. Bentuknya praktis sekali konsumsi, bisa dibawa kemana saja tanpa penyimpanan khusus lagi. Mau tahu besok ya umma kasih tahu secara lengkap suplemen sibiotik andalan umma.

Penutup

Demikian penjelasan umma mengenai perbedaan probiotik prebiotik dan sinbiotik. Semoga makin tercerahkan dan sadar akan pentingnya merawat organ pencernaan. Salam sehat. Walaikumsalam



Related Posts

Posting Komentar