header umma faha

Liprolac : Sediaan Sinbiotik Pertama di Indonesia untuk Kesehatan Saluran Cerna

Posting Komentar

probiotik liprolac

Assalamualaikum, sesuai janji umma kali ini umma mau kasih tahu sediaan sinbiotik. Suplemen andalan umma untuk merawat organ pencernaancerna FaHa. Suplemen makanan ini bernama Liprolac yang mengandung kombinasi probiotik dan prebiotik. 

Liprolac

Ummat kenal produk ini kurang lebih satu tahun yang lalu saat anak-anak sudah lepas usia 3 tahun. Menurut penelitian usia tersebut kebiasaan dan perilaku anak-anak sudah terbentuk. Kebiasaan makan serat dari sayuran menurun drastis menginjak besar. Alhasil sering terjadi masalah pencernaan kalau itu. Alhamdulillah saat ini ketika mengenal liprolac, perut mereka nyaman dan lebih mudah menerima berbagai macam serat meski masih dalam tahap icip-icip. 

Sinbiotik : Kombinasi Probiotik dan Prebiotik

Liprolac merupakan sinbiotik yang mengandung kombinasi dari probiotik dan prebiotik. Liprolac merupakan produk yang mengandung kombinasi dari 5 jenis spesies dari probiotik hidup dan FOS (fruktooligosakarida) sebagai prebiotik. Kombinasi spesies probiotik dalam Liprolac bekerjasama dalam membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan. FOS merupakan media pertumbuhan bagi “friendly bacteria”. Liprolac juga mengandung vitamin dan mineral sebagai suplemen makanan.

Liprolac merupakan suplemen makanan yang digunakan untuk memelihara kesehatan pencernaan pada anak. Kerjanya dengan menyeimbangkan mikroflora yang ada di dalam saluran cerna, sehingga dengan seimbangnya mikroflora dalam saluran cerna dapat menunjang kesehatan saluran cerna.


keunggulan liprolac

Sediaan

Sediaannya berupa serbuk dalam kemasannya sachet. Jika ada warna partikel coklat dalam sachet bukan karena kerusakan/kontaminasi. Setiap sachetnya mengandung sinbiotik antara lain:

Komposisi

Probiotik : Viable cell 1,25 x 109 CFU (Streptococcus thermophilus 10 mg, Lactobacillus rhamnosus 3 mg, Lactobacillus acidophilus 3 mg, Bifidobacterium longum 1.25 mg, Bifidobacterium bifidum 1.25 mg,

Prebiotik : fruktooligosakarida 509.08 mg.

Vitamin dan mineral: Vitamin E 8.125 mg, Vitamin A 3.60 mg, Pyridoxine HCl 1.13 mg, Vitamin B2 0.75 mg, Thiamin HCl 0.70 mg

Bahan tambahan : dekstrosa, bubuk perisa susu.

*AKG berdasarkan kebutuhan energi 1300 kcal

Dosis

Enaknya produk ini dapat dikonsumsi langsung atau dicampur (air, susu, air putih, atau makanan. Dosisnya satu sampai dua kali sehari 1 sachet, atau sesuai anjuran dokter. Apabila bungkusnya dibuka harus langsung dikonsumsi.

Ibu Hamil & Menyusui

Probiotik terbukti aman untuk segala usia. Untuk wanita hamil dan menyusui jika ragu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara Simpan

Kemudahan lainnya, produk ini tidak perlu di simpan di suhu rendah. Hanya perlu disimpan suhu ruang.

Kemasan

Sediaan Liprolac yaitu sachet dengan berat @ 2.5 g. Sistem penjualan kemasan dalam dus berisi 30 sachet.

Manfaat

Dalam berbagai studi, probiotik digunakan untuk kasus-kasus saluran cerna misalnya diare, IBS, IBD, konstipasi, intoleransi laktosa, meningkatkan imunitas,dll

Liprolac merupakan suplemen untuk menjaga kesehatan saluran cerna, jadi Liprolac bukan obat diare atau pencahar. Pada kasus diare seringkali bakteri patogen bertambah banyak sehingga keseimbangan mikroflora terganggu, sementara saat konstipasi bakteri komensal/non-patogen berkurang. Dengan pemberian Liprolac akan mengatasi ketidakseimbangan tersebut. Pertumbuhan dan perkembangan probiotik akan memperbaiki  gangguan saluran cerna tersebut. 

Pada studi diketahui penggunaan probiotik multispesies dapat meningkatkan potensi kerja dari probiotik. Liprolac merupakan sinbiotik yang terdiri 3 spesies probiotik dan prebiotik FOS menjadi pilihan yang tepat agar perkembangan probiotik optimal.

Keunggulan 

Liprolac memiliki keunggulan yang berbeda dengan probiotik yang ada di pasaran. Teknologi dual coating ini merupakan teknologi penyalutan generasi keempat. Dual coating sendiri yang dimaksud adanya proses pelapisan dua kali. 


teknologi liprolac

Lapisan luar menjaga viabilitas dari probiotik selama proses produksi. Selain itu juga menjaga selama masa penyimpanan. Lapisan luar ini berfungsi agar probiotik pada Liprolac tetap hidup walaupun disimpan di suhu ruang. 

Sementara lapisan dalam menggunakan sistem pH dependent release, dimana coating yang ada tetap melindungi probiotik agar tidak mati saat terkena asam lambung dan empedu, dan pada pH usus (pH 6), probiotik dapat keluar dalam keadaan hidup sehingga dapat berkoloni dengan baik.

Dalam studi pada manusia penggunaan probiotik menggunakan jumlah bakteri antara 10 pangkat 7 sampai 10 pangkat 12. Selama penggunaan Liprolac dalam rentang tersebut maka aman dikonsumsi. Liprolac dapat dikonsumsi sebelum ataupun setelah makan. Selain itu aman diberikan dalam jangka panjang.

Sampai saat ini penggunaan probiotik aman untuk dikombinasi dengan obat atau suplemen lain. Hanya perlu diperhatikan untuk pemberian bersama antibiotik, mengingat probiotik terdiri dari bakteri baik. Oleh karena itu sebaiknya pemberian liprolac perlu diberikan jeda 1-2 jam. 

Menurut studi pemberian probiotik pernah diteliti pada bayi prematur dengan berat 1500 gram untuk mencegah NEC (necrotizing enterocolitis), dari studi tersebut pemberian probiotik tidak menimbulkan efek samping apapun. 

Menurut berbagai literatur, penggunaan probiotik untuk berbagai saluran cerna atau penggunaan lainnya, tidak memiliki interaksi dengan obat atau suplemen lain. Namun untuk pemberian bersama antibiotik disarankan diberikan jeda 1-2 jam.

Produsen

Manufaktur : Kalbe Farma

No. Registrasi : BPOM: SI144204861

Harga

Harga dipasaran sangat bervariasi, untuk keaslian produk pilihlah toko atau affliansi resmi yang bergabung dalam kalbemom, seperti umma. 

Penutup

Demikian ulasan umma mengenai suplemen makanan Liprolac. Liprolac yang mengandung kombinasi probiotik dan prebiotik. Salah satu cara untuk merawat organ pencernaan. Salam sehat. Walaikumsalam. 


 

 

 

Related Posts

Posting Komentar