header umma faha

4 Jenis Kain untuk Gamis, Paling Adem dan Nyaman!

Posting Komentar
Assamualaikum, kali ini umma mau kasih tahu jenis kain untuk gamis. Biar tetap nyaman meski seharian pakai gamis. Simak secara lengkap ya.

Membuat gamis sendiri memang menjadi pilihan bagi Moms yang ingin memiliki desain gamis sesuai dengan keinginan. Namun biaya ongkos jahit sekarang lebih malah daripada membeli gamis jadi. Terlebih saat ini banyak brand lokal yang kualitas bagus dengan harga terjangkau. Namun sebelum membeli kenali dulu jenis kain yang nyaman untuk gamis.

Jenis Kain untuk Gamis

Gamis merupakan bagian dari komponen hijab yang harus ada. Selayak item fashion lainnya, gamis juga beragam jenis. Jenis dan model pasti disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat dipakai.

Kali ini umma mau berbagi mengenai jenis bahan gamis yang nyaman dipakai dalam segala acara. Dari kegiatan harian indoor maupun outdoor hingga acara formal maupun informal.

Berikut ini jenis kain untuk gamis yang nyaman, menyerap keringat, tidak menerawang sesuai dengan kriteria memilih gamis.

1. Kain katun

Jenis kain untuk gamis yang banyak digunakan adalah katun. Kain ini memiliki serat alam berupa tanaman kapas, sehingga halus dan mudah menyerap keringat. Kain katun memiliki pori-pori yang memudahkan sirkulasi udara.

Selain itu juga melindungi pemakainya dari paparan sinar matahari terik dan udara dingin. Kain ini juga hypoallergenic dan tahan lama. Oleh karena itu jenis kain katun ada banyak sekali .

- Katun Jepang

Kain ini mempunyai daya serap yang baik dan bahannya yang sangat lembut. Permukaanya glossy dan bermotif cerah. Kain ini mudah menyerap keringat tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali.

- Katun Paris

Katun paris memiliki penampilan yang mirip dengan katun jepang. Terasa sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat, namun sedikit lebih tipis daripada katun jepang.

- Katun Supernova

Kain katun supernova memiliki serat halus pada permukaan bahan yang terlihat terburai. Kain katun ini memiliki sifat yang ringan, namun tidak jatuh. Kain ini terasa halus, lembut, namun tidak licin.

- Kain Katun IMA

Jenis katun IMA mempunyai ketebalan hampir serupa dengan kain supernova. Namun memiliki kekuatan dan kualitas yang lebih baik. Serat kain katun ini rapi namun mudah kusut. Kain ini saat diraba halus, lembut dan licin. Kain ini menyerap keringat, tipis namun tidak menerawang.

- Katun Madinah

Permukaan kain katun madinah ini memiliki tekstur yang sangat halus, dan lembut. Namun tidak licin, dan sangat mudah untuk dibentuknya. Tak hanya itu saja, kain ini juga bersifat jatuh ketika digunakan. Kain katun madinah ringan, tipis namun tidak menerawang.

- Katun Rayon

Katun rayon dipintal dari bahan semisintetis yang dikombinasikan dengan kapas. Teksturnya cenderung licin dan terasa ringan Terkesan jatuh saat dipakai walaupun terasa sangat ringan. Sejuk dan nyaman saat digunakan dan mudah menyerap keringat. Mudah kusut, tipis dan mudah rusak jika dicuci berkali-kali.

- Katun Toyobo

Kain katun toyobo bertekstur halus dan lembut. Kain ini mempunyai serat kain yang sangat rapat (cukup tebal) sehingga tidak menerawang. Namun teksturnya tetap terlihat jatuh. Kain ini menyerap keringat serta nyaman dipakai.


2. Kain Linen / Kain Rami

Kain linen merupakan jenis kain untuk gamis yang terbuat dari serat alami tumbuhan. Tekstur seratnya yang halus dan sedikit berkilau. Kain ini meski tebal tetap terasa dingin namun mudah kusut.

Jenis kain ini mempunyai karakteristik yang cukup istimewa. Hal ini karena memiliki ketahanan terhadap bakteri dan jamur yang biasa menyerang jenis kain lainnya.

Kain ini juga memiliki jenis yang beragam seperti kain katun. Ada linen viscose, linen look, linen slub, linen kenzo, linen 3G. Setiap kain memiliki karakteristik masing-masing.

3. Kain Crinkle

Bahan crinkle adalah jenis kain yang terbuat dari polyester dengan jalinan benang tenun high twist. Kain ini memiliki tekstur unik yang menyerupai kulit jeruk di keseluruhan permukaan kainnya. Walau pun tekstur kain ini tidak rata atau bisa dibilang berkerut, namun pada saat dipegang bahan ini akan tetap sangat lembut.

Kain ini memiliki karakteristik serat yang rapat, halus dan kuat. Kain ini memiliki tingkat jatuh yang baik. Kain ini tidak gampang kusut, cukup tebal,tidak menerawang, mudah menyerap keringat.

Kain biasanya dicampur dengan serat lain seperti rayon, silk, linen maupun katun. Oleh karena itu jenisnya sangat banyak antara lain Crinkle crepe, Crinkle Shawl, Crinkle Silk, Crinkle Cotton, Crinkle Miyake, Crinkle Dotie, Crinkle Airflow. Jenis kain terakhir banyak digunakan untuk trend gamis 2023.

4. Kain Sultan

Sultan sebenarnya merupakan brand yang mengeluarkan jenis kain khusus abaya. Kain produk Sultan selalu mampu membaca kebutuhan akan gamis di cuaca tropis . Mengadopsi karakteristik kain Timur Tengah abaya dengan inovasi baru.

Produknya diklaim menggunakan benang anti UV. Benang Anti UV bersifat insulasi thermal. Dimana teknologi ini memperkecil perpindahan energi panas. Oleh karena itu kain Sultan nyaman dan adem karena mampu mengurangi rasa panas meskipun dipakai dibawah terik panas matahari.

Selain itu produknya diklaim antistatic (debu/kotor tidak mudah menempel). Selain itu anti shrink atau tidak menyusut meski dicuci berkali. Kainnya bertekstur lemas dan jatuh sehingga anti kusut.

Serat kain selalu dibuat rapat sehingga tidak menerawang. Kain ini menyerap cairan keringat dengan baik, mudah dicuci, dan cepat kering. Jenis kain tersebut bernama Marzan dan Mina. Namun jangan harap mencari warna pastel apalagi gonjreng disini.

Tips Kain untuk Gamis Versi Umma

Jika menemukan artikel sejenis dengan segambreng jenis kain untuk Gamis, iyain aja. Percaya dengan umma segitu banyak jenis kain tidak ada yang benar-benar nyaman digunakan untuk berkegiatan. Belum lagi kegiatan di cuaca tropis Indonesia. Apalagi jika berkegiatan diluar ruangan. 

Pastikan memilih gamis dengan bahan dari serat alami. Selain untuk kenyamanan juga untuk kesehatan. Jika terpaksa pilih bahan kain dengan komposisi sintesisnya paling kecil. 

Harga tentu menentukan kualitas, lebih baik sedikit merogoh kantong lebih dalam. Daripada membeli banyak gamis dengan harga terjangkau namun tidak nyaman dipakai. 

Untuk harian kain katun dan turunannya paling juara. Untuk kegiatan outdoor semi formal bisa menggunakan kain katun maupun linen. Namun untuk kebutuhan formal dan outdoor patut mencoba Marzan atau Mina.

Jika tidak urgent pastikan melakukan survei secara mendalam sebelum membeli. Pastikan kenyang saat checkout agar tidak terburu nafsu. Serta pastikan ada ruangan yang cukup untuk gamis baru. 

Jika terbatas dana, tak usah berkecil hati. Pilih dan gunakan gamis lama karena Allah tidak melihat seberapa baru gamismu, namun seberapa kita menutup auratnya. 

Penutup

Demikian jenis kain untuk gamis versi umma. Semoga bermanfaat. Salam sehat. Walaikumsalam.


Related Posts

Posting Komentar