header umma faha

Memahami Anak dengan Penuh Cinta ala Retno Hening

Posting Komentar

Memahami anak penuh cinta

Assalamu'alaikum. Kali ini umma mau berbagi mengenai memahami anak dengan penuh cinta. Simak ya...

Sebelum kita menentukan metode untuk mendidik anak sebaiknya kita sebagai orang tua dapat paham mengenai diri anak. Cara terbaik yaitu memahami anak salah satunya beraktivitas bersama. Melalui kegiatan tersebut tanpa disadari satu sama lain akan dapat memahami karakter masing-masing.

Perkenalan dengan Ibuk

Umma sebelum memiliki kaka Fa aktif menggunakan sosial media instagram. Kala itu ibuk @retnohening selalu berseliweran di pencarian. Umma lalu segera minta dibelikan buku Happy Little Soul pada suami.

Umma sangat kecewa paksu ketika buku tersebut datang. Ternyata beliau membelikan buku aspal secara online melalui market place. Umma bahkan tidak dapat membaca dengan jelas isi dadi buku tersebut.

Tahun berganti, umma sedang beberes dan menemukan buku itu kembali. Setelah 5 tahun berlalu umma coba buku tersebut. Subhanallah ancur, sudah berhamburan karena kertasnya lepas.

Umma sekilas membaca isi buku tersebut. Namun kesedihan kembali lagi karena beberapa halaman saling bertukar bahkan hilang. Setelah kejadian itu umma memutuskan untuk pergi ke perpustakaan bersama FaHa. Umma coba mencari koleksi dan membacanya disana.

Alhamdulillah umma sudah mampu mencentang beberapa daftar yang ibuk tulisan dalam buku tersebut. Rasanya sangat berbeda saat dahulu umma belum memiliki anak. Rasanya masih diangan-angan dan hanya membayangkan.

Identitas Buku

Judul Buku: Happy Little Soul
Pengarang: Retno Hening
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2017

Happy little soul

Ulasan Buku Happy Little Soul

Buku Happy Little Soul merupakan perjalanan seorang ibu dalam membersamai anaknya. Sebagai orang tua pasti selalu berpikir mengenai pola asuh tepat dalam mendidik anak. Buku ini mengajak kita para orang tua baru untuk terus-menerus belajar menjadi orang tua.

Ibuk menginspirasi agar kita para orang tua harus terus belajar. Belajar untuk menjadi kreatif agar dapat mendidik anak sesuai zamannya. Seperti yang biasa coba umma lakukan bermain bersama FaHa

Retno Hening atau lebih akrab dipanggil Ibuk oleh Kirana adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Sosoknya mulai dikenal luas karena kontennya disukai. Lalu akun instagramnya mulai kebanjiran follower.

Akun yang awalnya dibuat untuk membagikan momennya Kirana kepada keluarga di tanah air (Duri, Riau) . Ya, ibuk mengikuti sang suami bekerja di luar negeri (Muscat, Oman). Netizen rupanya jatuh hati pada sosok Kirana, putri pertama Ibuk, yang sosoknya di abadikan dalam bentuk foto dan video. Kisah keseharian Kirana mendapat perhatian luar biasa dari warganet.

Memahami Anak dengan Penuh Cinta

Buku ini cocok untuk para calon ibu dan ibu Muda. Setiap ibu wajib memiliki semangat untuk terus belajar menjadi orang tua. Termasuk yang ingin mempersiapkan diri untuk membesarkan anak. Tentunya dengan bahagia bukan sempurna ya umm.

Daftar isi happy little soul

Buku ini membahas cara mendidik anak secara kreatif. Selain itu bagaimana orang tua bisa memahami anak penuh cinta. Hal tersebut agar memiliki anak yang cerdas secara kognitif dan spiritual.

Pastinya hal tersebut merupakan impian semua orang tua pada anaknya. Namun hal tersebut tidaklah mudah. Setiap orang tua harus mampu memberikan metode yang paling cocok pasa anak-anaknya.

Setiap anak adalah istimewa, metode yang digunakan tidaklah sama. Apabila metode A bisa berhasil pada seorang anak, belum tentu cara tersebut menimbulkan hasil yang sama pada adiknya.

Umm, buku ini mengajak kita untuk terus berpikir kreatif dalam melakukan pendekatan dalam pengasuhan. Ibuk menjelaskan bahwa beliau melakukan berbagai cara dalam membentuk kebiasaan baik bagi Kirana, anaknya.

Ada saat cara yang beliau gunakan berhasil, ada juga saatnya juga tidak berhasil. Yang terpenting dari semua itu adalah kita sebagai seorang ibu tidak boleh lelah. Kita harus terus mencoba dan meningkatkan kapasitas dirinya sebagai pendidik pertama anak.

Umma suka dengan buku ini karena ibuk bercerita bagaimana beliau bersikap bahkan ketika belum memiliki anak. Termasuk hubungan beliau dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

Buku dimulai dari masa sebelum hamil, lalu masa-masa kehamilannya, dan pergulatan diri ketika hamil jauh dari suami. Dilanjutkan dengan kehadiran Kirana (2013). Mulailah ibuk membagikan aktivitas untuk membangun kebiasaan baik sejak bayi hingga usia 5 tahun.

Dalam buku tersebut ibu juga berbagi cara komunikasi dengan anak dan memelihara. Selain itu juga bagaimana memotivasi anak untuk tidak menyerah, terutama dalam membuat sebuah karya.

Ibuk juga membagikan banyak daftar untuk bisa kita centang mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak. Pas banget dah umm. Hal tersebut karena beliau memiliki pengalaman sebagai guru TK saat masih tinggal di Yogyakarta.

Ibuk juga selalu mengingatkan untuk menghargai dan mengapresiasi diri sendiri. Serta rahasia untuk menjadi ibu yang kreatif dan bahagia. Mantap banget kan umm

Buku ini sudah dicetak ulang sejak 2017. Bahwa akhirnya ibu menerbitkan buku kedua yang berjudul pada 2018.

Pola Asuh Ala Retno Hening

Adapun pola asuh yang dilakukan oleh ibuk Retno Hening dalam mengasuh yaitu sebagai berikut:
  • Menanamkan sikap empati pada anak-anaknya.
  • Memancing anaknya untuk bisa mencari jalan keluar dari masalahnya.
  • Mengurangi pemakaian Gadget dan menggantinya dengan permainan edukasi
  • Sabar dan tidak marah-marah saat mengasuh anak.
  • Ajarkan anak melakukan aksi sosial.


Penutup

MasyaAllah berasa umma menemukan telaga di tengah gurun saat itu. Alhamdulillah sejak pola asuh beliau viral, saat ini banyak konten kreator yang mengedukasi. Khususnya di bidang parenting.

Semoga kita semua dimudahkan dalam memahami anak dengan penuh cinta. Teruslah semangat untuk belajar agar kita dapat menjadi ibu yang lebih baik dari hari kemarin. Aamiin

Related Posts

Posting Komentar