header umma faha

Tips Memilih Ikan Segar, Mudah dan Cepat

17 komentar
Tips membeli ikan segar

Assalamualaiku, kali ini umma mau berbagi tips memilih ikan segar. Mau tahu secara lengka yuk baca selengkapnya.

Ikan merupakan salah satu makanan yang bergizi. Gizi tersebut berasal dari kandungan protein pada ikan. Orang yang rutin mengonsumsi ikan supaya asupan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga. Namun tidak semua ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Belum lagi kandungan protein akan berkurang jika ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Oleh karena itu sebelum memasak kita harus memastikan mengolah ikan yang segar. Selain itu ikan yang tidak segar bisa terkontaminasi bakteri, bahkan polusi dari udara. Gak mau kan malah nantinya sakit perut. So, umma kali ini mau berbagi tips memilih ikan segar sebagai berikut.

Cara Memilih Ikan Segar

Saat membeli ikan pastikan tidak boleh sembarangan. Apalagi jika belanja mingguan untuk kebutuhan food preparation. astikan membeli ditempat yang terpercaya. Pasalnya, ada beberapa pedagang nakal yang mencoba memanipulasi tampilan pada ikan yang tak segar. Misalnya seperti mengolesi boraks pada ikan supaya ikan tersebut terlihat segar.

Kalau umma sendiri untuk kebutuhan sehari-hari bisa membeli di penjual sayur keliling di sekitar rumah. Umma sudah terbiasa karena ikan yang disediakan selalu ikan segar yang baru. Jika umma ingin membeli untuk kebutuhan mingguan umma memilih pergi ke pasar. Hal tersebut karena di pasar pilihannya sangat beragam dari segi penjual maupun jenis ikannya. Jika ada kesempatan tidak menutup kemungkinan umma juga berkunjungan ke pelelangan ikan.

 

Ciri-ciri Ikan Segar yang Layak untuk Dimasak

Adapun ciri-ciri fisik ikan segar yang layak untuk dibeli adalah sebagai berikut :

1. Warnanya Cerah

Saat memilih ikan segar, pastikan memilih ikan yang warna kulitnya tampak cerah, segar, dan tidak kusam. Warna kulit yang terang menandakan bahwa ikan tersebut segar. Sebaliknya, ikan yang tidak segar biasanya memiliki warna kulit yang tampak kusam dan tidak mengkilap.

2. Tidak Berbau Amis

Ikan memiliki bau amis secara alami. Ikan yang segar cenderung memiliki bau amis yang tidak menyengat. Bau yang berasal dari ikan segar ini tidak mengganggu indra penciuman. Sebaliknya, ikan yang tidak segar memiliki bau amis berlebihan bahkan membuat mual. 

Ciri-ciri ikan segar

3. Matanya Jernih

Selain warna dan bau kesegaran ikan dapat di lihat dari matanya. Mata ikan yang segar akan tampak cerah dan jernih. Permukaan matanya juga akan terasa menonjol ketika diraba. Untuk mata ikan yang tidak segar akan tampak mengerut, keruh, dan cekung. Selain itu biasanya sudah  berubah warna menjadi kemerahan ataupun keruh. Ikan dengan ciri ini jangan dipilih karena sudah tidak layak dikonsumsi.


4. Mulutnya Mengatup atau Tertutup

Ikan yang segar memiliki ciri mulut tertutup atau tidak menganga. Ikan dengan mulut terbuka biasanya tidak begitu segar untuk dimasak. Tapi perlu diperhatikan juga misalnya ikan tawar yang dijual dengan cara digantung.

5. Sisiknya Masih Menempel Kuat

Ciri-ciri ikan segar lainnya yaitu sisik menempel kuat pada tubuh ikan. Jika sisik ikan akan sulit dilepas dan perlu bantuan alay. pada ikan tidak segar, sisik-sisik tersebut akan mudah terlepas dari tubuh dan beberapa ada yang rontok. Warnanya  juga sudah tidak mengkilap lagi.

6. Dagingnya Segar dan Elastis

Ikan yang segar akan memiliki daging  dengan tekstur kenyal, lembut dan elastis. Warnanya jernih, putih terang atau merah muda. Maka dari itu pastikan ummahat untuk menekan bagian tubuh ikan dengan jari telunjuk. Jika ikan daging tersebut dapat kembali dengan sempurna maka ikan tersebut masih segar.

7. Dapat Tenggelam di Air

Ikan segar jika saat dicuci ada air dalam jumlah banyak maka tenggelam dalam air. Hal tersebut dikarenakan kandungan air dalam tubuh ikan masih normal. Jika sudah tidak segar atau busuk, kandungan air sudah keluar, hingga  akan mengambang atau bahkan mengapung.

8. Ekornya Kaku

Ternyata masih ada loh ciri-ciri ikan segar lainnya, yaitu ekor yang masih terasa kaku atau padat saat dipegang. Warna ekor pada ikan segar juga akan cenderung sama dengan warna daging tubuhnya, tidak terlihat kusam atau cerah.

9. Memiliki Insang Berwarna Merah

Ciri-ciri yang paling penting. Ikan yang segar juga memiliki insang berwarna merah dan teksturnya yang basah. Semakin merah warna insangnya maka semakin baik kualitas ikan tersebut. Hal tersebut memandakan bahwa insang masih baru saja dipakai untuk bernafas. Selain itu, insang ikan yang segar juga ditutupi lendir yang jernih. Sebaliknya, insang yang kualitasnya sudah tidak bagus lagi akan memiliki lendir berwarna keruh dan berbau asam.

10. Dubur Pucat

Dubur pada ikan segar biasanya cenderung pucat dan merah jambu. Pada ikan yang sudah tidak segar, bagian dubur akan menonjol keluar dan sedikit berwarna.

Penutup

Wah umma jadi ingin masak ikan nih, ikan laut enak nih dibakar lalu dimakan dengan nasi hangat dan lalapan. Kalau ummahat sendiri mau masak ikan juga gak? Jangan lupa pakai tips memilih ikan segar dari umma ya. Selamat memasak. 

Related Posts

17 komentar

  1. Topiknya bagus, kebetulan lagi nyari materi tentang ini krn belum pham bedanya ikan segar sama ga. Btw, aku juga suka sm tampilan blog nya. Nice

    BalasHapus
  2. Milih ikan segar juga ternyata harus telaten ya, Kak. Informasi baru untuk saya biar nanti bisa milih ikan yang tepat. karena selama ini juga termasuk orang yang susah bedain mana ikan segar dan yang kurang segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, penting banget nih ntar kalo udah jadi chef buat anak-anak

      Hapus
  3. Karena di rumah tinggal berdua, jadi seringnya beli yang sudah dibumbui.
    Kebetulan abangnya memang jual ikan segar. Terima kasih tipsnya, Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus malahan gak ribet ngurusin bumbunya, udah pada naik aja harga bawang kak

      Hapus
  4. Sebagai orang yg kurang dalam hal dapur dan masak memasak apalagi membedakan mana ikan segar dan tdk segar, tips ini sangat berguna untukku, terimakasih Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti sering main ke dapur ya, biar bisa kasih gizi terbaik buat keluarga

      Hapus
  5. Tipsnya sangat berguna umma
    Tulisannya mudah dipahami dan blognya juga bagus tampilannya😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih villia, alhamdulillah kalau membantu

      Hapus
  6. Ikan memang salah satu protein yang bila dimasak rasanya akan enak, jika sudah tau cara memilih ikan yang bagus tentu nya kita tidak akan bisa dikelabui oleh penjual yang curang. Contohnya ikan yang sudah tidak segar tapi dibilang segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak lia, apalagi dikasih mahal aduh hancur dah kantong

      Hapus
  7. Wah, sebagai orang yang jarang beli ikan mentah--termasuk makan ikan--tips yang Umma Faha sampaikan ini jadi referensi baru buat saya. Selama ini soalnya kalau beli ikan patokannya cuma insangnya merah aja. Eh, ternyata masih banyak lagi yang perlu diperhatikan, ya.

    Mantap sekali, Umma. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  8. Iya kak, biar ntar bisa diminta bantu beliin ikan yang segar

    BalasHapus
  9. Tetima kasih tips nya Ummah sangat bermanfaat terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang suka memasak

    BalasHapus
  10. Bersyukur banget tinggal di dekat laut mba, jadi tiap hari bisa ngerasai ikan seger fresh from the ocean dan aku setuju dengan definisi ikan segar yang mbak suguhkan. Nice info mba

    BalasHapus
  11. MasyaAllah, jadi nostalgia dengan kisahku di tempat KKN, kebetulan berada di dekat laut yang tentu sangat identik dengan ikan2 segar. Terima kasih banyak, semoga tips ini dapat membantu utamanya buat mereka di sana hehe

    BalasHapus

Posting Komentar