header umma faha

Tips Packing Mudik yang Efisien dan Rapi, Bahagia Sampai Tempat Tujuan

Posting Komentar
Packing mudik

Assalamu'alaikum ummahat, apa kabar? Kali ini umma mau berbagi tips packing mudik yang efisien dan rapi.

Alhamdulillah tahun ini umma dan keluarga berkesempatan untuk kembali mudik ke kampung halaman. Tahun ini kami memilih transportasi umum via jalur darat sebagai pilihan. Untuk keberangkatan kami memutuskan menggunakan moda kereta api.

Tahun ini merupakan tahun ke 5 paska memiliki anak. Untuk urusan packing mudik
tahun ini menurut umma merupakan tahun termudah. Hal tersebut karena tahun-tahun terberat alhamdulillah telah terlewati.

Masih ingat saat kaka masih nyusu dan harus membawa termos air panas. Belum lagi beberapa botol serta peralatan bersih-bersih. Atau saat anak dua dengan membawa persediaan diaper serta tisu. Belum lagi harus menyediakan MPASI selama perjalanan.

Tidak terasa hari H perjalanan datang. Kami super santai tahun ini. Jumlah bawaan kami tidak terlalu banyak. Semua barang juga dapat disiapkan hanya dalam beberapa jam saja pada hari sebelum. Bahkan kami sempat mendokumentasikan prosesnya. Mau lihat tips packing mudik ala ayah cek video di bawah ya.

 

Tips Packing Mudik yang Efisien dan Rapi

Langkah pertama sediakan dua jenis tas. Tas besar atau koper untuk memuat sebagian besar barang yang akan digunakan di tempat tujuan. Lalu tas jinjing atau ransel untuk barang yang akan digunakan saat perjalanan. 

Jenis tas untuk mudik

Trik Packing Efisien

1. Pakaian setelah dilipat lalu digulung

Trik ini bisa menghemat ruang pada koper atau tas sebelum dimasukan ke dalam koper atau tas. Pakaian juga mudah diambil karena bisa disusun sesuai warna/jenis pakaian. Menggulung pakaian membuat koper atau tas tampak lebih rapi dan tertata, serta tidak membuat kusut pakaian.

Dulu saat menggunakan tas sistemnya ini ternyata belum pas di jalankan karena bukaan tas yang terbatas disalah satu sisi. Namun saat menggunakan koper tips ini begitu sangat membantu. Apalagi untuk kebutuhan mudik keluarga dengan anak banyak.

2. Jumlah Pakaian disesuaikan Lama Mudik

Umm, kita perlu nmengoptimasi barang bawaan agar tidak berlebihan dan repot selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, jumlah kebutuhan pakaian harus dihitung sesuai dengan lamanya masa mudik dari berangkat hingga pulang.

Untuk mudik dengan satu tujuan dan beberapa tujuan jelas sangat berbeda. Misalnya jika satu tujuan pakaian bisa dicuci setelah dipakai. Namun jika beberapa tujuan butuh jumlah pakaian lebih banyak karena proses pencucian butuh waktu.

3. Pisahkan Kebutuhan Esensial untuk di Perjalanan


Tas ransel dibutuhkan untuk menampung kebutuhan esensial. Adapun kebutuhan esensial seperti dompet, charger, sabun, obat-obatan, handuk dan baju ganti anak, air minum dan makanan, dan lain-lain dibutuhkan selama menempuh perjalanan menuju destinasi mudik. Saat di dalam kendaraan barang-barang tersebut diletakan di tempat yang mudah dijangkau saat dibutuhkan.

4. Membawa Tas Lipat


Untuk umma biasanya menyimpan tas ransel mini lipat di dalam koper. Tas ini berfungsi untuk umma pake di tempat tujuan. Tas ini akan umma isi dompet, handphone, sanitizer, tisu, dan kebutuhan esensial anak-anak saat momen pergi di kampung halaman.

Tas lipat khusus juga bisa disediakan untuk membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Apalagi untuk barang-batang yang tidak mungkin disimpan dalam koper. Misalnya makanan basah atau jenis-jenis keripik. membawa tas lipat merupakan salah satu solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

Tips packing efisien

5. Bawa Barang Multifungsi


Peralatan multifungsi terbukti menghemat banyak ruang pada wadah penyimpanan untuk mudik. Misalnya sekira tidak perlu membawa kamera digital jika sudah memiliki smartphone berkamera. Kecuali ingin buat konten. Hehe. Atau kalau umma seringkali tidak membawa daster dan memilih meminta daster ibu di kampung untuk menghemat ruangan.

6. Kategori Jenis Barang Bawaan


Kategorikan masing-masing bawaan berdasarkan jenisnya seperti pakaian, benda elektronik, alat mandi, obat-obatan, dan sebagainya berdasarkan kebutuhan. Tindakan ini akan mempermudah proses pengecekan benda. Hal ini agar tidak ada barang yang tertinggal

7. Menata Barang berdasarkan Prioritas


Tingkat prioritas barang bawaan dibutuhkan untuk memisahkan barang untuk dimasukkan pada tas atau koper. Pakaian dan peralatan mandi akan dikeluarkan saat mencapai destinasi mudik, sedangkan kabel charger dan botol minum dibutuhkan selama perjalanan. Simpan barang prioritas selama perjalanan di tas daripada di koper agar mudah diambil.

8. Menyesuaikan Jenis Transportasi


Seringkali saat menggunakan mobil pribadi dirasa bisa membawa banyak barang. Namun jika ruangan mobil terbatas dan anggota keluarga berlebih, maka jumlah barang bawaan harus diatur.

Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, kapasitas bawaan tidak boleh melampaui batas beban maksimal. Kalo tidak pasti perlu membayar kelebihan beban.

Termasuk juga jika menggunakan bis, kereta api maupun kapal kelas ekonomi. Ruangan untuk barang pada kelas ekonomi lebih sempit dari pada kelas bisnis atau eksekutif.

9. Memilih Ukuran Koper yang Tepat


Semakin besar koper, memang semakin banyak ruang untuk membawa barang. Namun koper besar akan memakan ruang pada kendaraan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, memilih koper sesuai kebutuhan. Packing mudik yang efisien tujuannya yaitu menentukan ukuran koper yang pas sesuai bawaan.

Demikian tips packing untuk mudik yang efisien dan rapi. Semoga bermanfaat ya umm, Walaikumsalam


Related Posts

Posting Komentar