header umma faha

Soto Ayam Lengkap Super Simpel dengan Bumbu Masak Machmudah

Posting Komentar
Resep soto ayam simpel praktis

Umma mau cerita Soto Ayam Lengkap Super Simpel ala Umma. Mau tahu cerita lebih lengkapnya.

Soto Ayam 

Soto merupakan salah satu makanan populer dan mudah ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia. Tidak terkecuali di dapur umma faha. Soto ayam menjadi menu andalan umma dikala malas masak. Bagaimana tidak dengan teknik cemplung-cemplung semua nikmat tanpa cela. 

Sejarah Soto

Konon Soto awalnya diperkenalkan oleh imigran China yang datang ke nusantara. Citarasa sup dengan rempah-rempah khas awalnya menggunakan daging dan jeroan babi. Lalu mulai beradaptaasi dan digantikan menjadi daging atau jeroan sapi dan ayam. Hal tersebut dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim.

Dalam perjalanannya, kuliner soto kemudian menyebar ke seluruh wilayah Nusantara. Lalu diadaptasi di setiap daerah dengan ciri khasnya masing-masing berdasarkan bumbu, bahan dasar, dan citarasa yang sesuai dengan lidah mereka. Makanya tidak heran ada banyak sekali jenis Soto di Indonesia.

Sejarah soto

Jenis-Jenis Soto

Seperti iklan Soto di aplikasi GO-JEK. Saking banyaknya varian dari Soto seringkali malah jadi overthinking. Bahkan menurut Pakar Kuliner tradisional Indonesia, Gardjito (2017) dari Universitas Gajah Mada, setidaknya terdapat 75 jenis varian soto yang tersebar di 22 daerah kuliner di Indonesia.

Antara lain ada Soto Kudus, Soto Semarang, Soto Purbalingga, Soto Boyolali, Soto Wonogiri, Sroto Banyumas, Soto Mie Bogor, Soto Bandung, Soto Tasik, Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Madura, dan Soto Ambengan. Diluar pulau Jawa ada Coto Makassar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Manado, Soto Bangka, Soto Kikil Baturaja.

Dari sekian banyak itu umma hanya kenal namanya saja. Bahkan belum pernah coba karena belum pernah pergi ke daerahnya langsung. Serta yang kedua gak mau coba-coba, karena lidahnya repot takut gak sesuai sama ekspektasi. Yang ketiga hemat ummmm. Hahaha.


Resep Soto Ayam Lengkap Super Simpel Ala Umma

Gak ada resep mah sebenarnya, karena umma sukanya pakai bumbu instan. Yup Bumbu Masak Machmudah selalu ada di kulkas. Produk bumbu instan khas Kota Sidoarjo ini selalu menjadi andalan umma sejak gadis.

Soto Bumbu Masak Machmudah

Rasanya yang ringan pas sekali untuk menarik nafsu maka FaHa. Dahulu saat kecil kalo uti masak yang harus repot-repot menghaluskan bumbu. Sejak kenal Bumbu Masak Machmudah semua jadi mudah.

Promosi banget ya umm bahasa umma kali ini. Gimana tidak umma dulu pernah jualan ini lo di toko Jingga. Kalau itu susahnya cari bumbu yang sesuai lidah umma di Jakarta dan sekitarnya.

Produk yang dahulu hanya diperoleh di kota Sidoarjo saja, saat ini sudah mulai merambah hampir ke seluruh kota termasuk Jakarta dan sekitarnya. Dahulu selalu minta jatah pada Uti untuk dikirimi. Saat ini banyak dijumpai di market place bahkan pasar tradisional. Huhu umma kalah modal sama supplier besar.

Resep Soto Ayam Lengkap (Plus Opor Ayam) 


Bukan resep ya jadi umma tulis sesuka hati aja, heheh

Bahan :

  • Daging ayam sesuai kebutuhan, mau 1 ekor, 1/2, 1/4, bahkan tulang ayam mah sok mangga...
  • Air sesuai kebutuhan
  • Daun salam 2 lembar
  • Sereh 2 batang
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Daun bawang 2 batang, iris tipis
  • Bumbu Masak Machmudah sesuai kebutuhan

Pelengkap

  • Kentang goreng iris tipis
  • Bihun secukupnya
  • Toge pendek secukupnya
  • Kol / kubis iris segar / tumis
  • Tomat sesuai selera
  • Wortel rebus langsung / pisah
  • Ayam suwir/iris tipis
  • Telur rebus
  • Cabe rawit goreng ulek/segar iris

Cara Memasak

  1. Rebus air dalam seusai kebutuhan. Satu porsi bumbu untuk ukuran 1 liter air. Jadi kalo ayamnya banyak ya bumbunya juga banyak ya umm
  2. Masukkan daging ayam, daun salam, batang sereh, daun jeruk secukupnya
  3.  Jika sudah mendidih tambahkan garam dan gula atau penyedap sesuai selera.
  4. Jika sudah ayam sudah matang, masukkan bawang merah goreng dan daun bawang yang sudah diiiris tipis.
  5. Siap dihidangkan hangat-hangat dengan pelengkap sesuai selera.

Note. Ayam yang sudah matang diangkat dan ditiriskan. Lalu digoreng dahulu, untuk menciptakan aroma dan rasa yang berbeda, lalu di suwir atau diiris tipis sebagai pelengkap. Atau malah disimpan dikulkas untuk ayam goreng atau ayam bakar esok hari. Kalau tulang ayam mah enak banget tinggal digerogotin. 

Cara memasak Resep soto ayam

Ulasan Umma Faha

Si kaka Fa suka dengan ayam dan kentang goreng kriuk-kriuk serta nasi kuah banjir. Kalo adik Ha suka dengan bihun dan wortel. Umma suka semuanya, kalo Abi suka asal disiapin tinggal hammmm.

Umma ribet amat pelengkapnya banyak banget? Namanya juga soto ayam lengkap umm. Eitss tapi tenang pelengkap mah disesuaikan dengan stok dikulkas dan lemari stok makanan.

Misalnya punya labu siam kadang juga dicemplungi. Suka-suka aja asal kuah soto dengan rasa kaldu ayam bumbu kuningnya aman. Gimana praktis kan ya?

Harga Bumbu Masak Machmudah

Eh iya harga satu porsinya bumbu masak Machmudah ini juga super murce dibandingkan bumbu instan dari brand besar. Harganya mulai dari 1.800 ajahh lo. 

Dan kalo anak-anak gak terlalu suka dengan merk lain karena cenderung kental dan ada citarasa pedasnya. Kalo ini beneran super light banget, gak nyetak di langit-langit. Soto bening mungkin ya... 

Opor Ayam dari Soto Ayam

Malah sering kali kalau gak punya pelengkap, umma tinggal tambahkan santan instan ukuran 55 ml udah jadi opor ala umma. FaHa doyan banget dan pasti habisin nasi dah. Pada menu ini si ayam gak dianggurin dan pasti kemakan malahan karena jadi empuk dan gurih. Dan pastinya selalu bikin nagih.


Penutup

Semoga resep soto ayam lengkap dengan Bumbu Masak Machmudah yang umma bagi kali ini, bisa jadi salah satu rekomendasi bumbu instan buat ummahat. Selamat berselancar dan mencoba. Bye-bye ulek atau blender tumis-tumis, selamat datang cemplung-cemplung club.

Related Posts

Posting Komentar