header umma faha

Hari Pangan Sedunia: Manfaat Gizi Seimbang pada Anak

Posting Komentar
Hari Pangan Sedunia

Assalamu'alaikum, ada yang tahu tentang Hari Pangan Sedunia?

Alhamdulillah hari ini 16 Oktober bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia. Umma baru ngeh lo padahal ini tiap tahun diperingati. Hmm mungkin dahulu karena publikasinya belum seheboh ini kali ya. Terimakasih Allah sudah menciptakan manusia jago teknologi. Hihihi.

Hari Pangan Sedunia

Hari ini Pangan Sedunia dibuat oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Bermula dari konferensi FAO ke 20, pada bulan November 1976 di Roma. Pada konferensi tersebut memutuskan untuk dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day. Resolusi tersebut menetapkan setiap tanggal 16 Oktober memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS).

Resolusi yang disepakati oleh 147 negara anggota FAO menetapkan Hari Pangan Sedunia mulai tahun 1981. Oleh karena itu segenap negara anggota FAO termasuk Indonesia wajib mengaungkan perihal peringatan ini. Wah sudah lama banget ternyata ya bahkan umma belum lahir lo…

Tujuan Hari Pangan Sedunia

Tujuan dari peringatan Hari Pangan Sedunia sendiri ternyata untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional. Yup salah satu dari kebutuhan primer utama ini emang penting banget. Namun sayangnya penanganan memang masih banyak peer.

Selain itu, Hari Pangan Sedunia juga sebagai pengingat untuk menahan diri dari makan berlebihan. Hal ini sejalan dengan hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.


“Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya (udara)” Hadits Riwayat Tirmidzi.


Manfaat Gizi Seimbang

Salah satu masalah pangan adalah kelaparan. Menurut Global Hunger Index (GHI), pada 2021 tingkat kelaparan Indonesia berada di level 18 (naik dibandingkan tahun 2000 di level 26,1). Turunnya indeks kelaparan Indonesia kemungkinan dipicu oleh turunnya proporsi penduduk kurang gizi, prevalensi balita stunting, serta angka kematian balita secara nasional.

Umma pernah mengikuti rangkaian acara dari komunitas Satu Ibu Satu Pohon. Pada acara yang bertajuk Hari Gizi Nasional Januari lalu ternyata kegiatan posyandu itu penting banget. Pemateri kala itu banyak membahas mengenai angka prevalensi stunting di Indonesia pada 2021 sebesar 24,4%, (menurun dari angka 30,8% pada 2018).

Maka dari itu umma sebagai ibu sangat konsen nih dengan manfaat gizi seimbang pada anak. Umma gak mau FaHa kekurangan gizi yang bisa merusak pertumbuhan tubuh dan otak tuh umm. Naudzubillah. 

Manfaat gizi seimbang pada anak


Adapun manfaat gizi seimbang yaitu antara lain sebagai berikut:

Pertumbuhan fisik yang kuat

Usia anak-anak merupakan masa pertumbuhan yang membutuhkan nutrisi makro atau mikro untuk tumbuh optimal. Apabila dalam masa itu terjadi defisiensi protein, kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin C, magnesium, dan nutrisi-nutrisi lainya dapat membuat pertumbuhan tulang anak tidak optimal. Selain itu, juga akan meningkatkan risiko osteoporosis di masa depan.


Perkembangan otak yang optimal

Gizi seimbang dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel otak. Hal tersebut sangat dibutuhkan agar anak memiliki daya ingat, kemampuan berpikir dan konsentrasi optimal. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan anak akan vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitamin C, dan asam lemak omega-3.


Perkembangan imunitas tubuh optimal.

Gizi seimbang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memberikan makanan-makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, vitamin A, antioksidan, vitamin B kompleks, zinc, dan zat besi dapat melindungi tubuhnya dari berbagai macam serangan penyakit.


Mempertahankan berat badan stabil

Apabila gizi seimbang diterapkan pada balita, maka tubuh tidak akan kelebihan kalori. Kelebihan kalori dapat memicu obesitas. Obesitas sangatlah berbahaya karena akan meningkatkan risiko anak-anak terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes tipe 2.

Mengoptimalkan fungsi organ tubuh.

Seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh dapat mengalami penurunan. Bila tidak terbiasa makan dengan gizi seimbang, fungsi organ-organ tubuhnya akan lebih cepat mengalami penurunan. Hal ini dapat menganggu proses metabolisme tubuh.

Memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas

Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Dengan gizi seimbang, makan akan diperoleh energi yang dibutuhkan sesuai kecukupan usianya.

Menjaga emosi tetap stabil

Ketika kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, tubuh akan kesulitan mengendalikan produksi hormon. Hal ini tentunya dapat memengaruhi mood yang akan berakibat anak sulit mengendalikan emosinya.

Membiasakan makan dengan gizi seimbang hingga dewasa.

Anak yang tidak terbiasa memiliki gizi seimbang sejak balita, akan lebih sulit memulainya di masa dewasa. Padahal, di usia dewasa, akan semakin banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi pola makan seimbang, keluhan-keluhan ini tentunya dapat dicegah.


Gizi Seimbang Cukup?


"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS 2:168)


Umma merupakan PCOSFighter yang perlu melakukan terapi dahulu untuk mendapat buah hati. Proses untuk mendapatkan kehamilan perlu umma lalui cukup panjang. Umma sudah terbiasa hidup dengan manfaat gizi seimbang.

Namun ternyata masih terdiagnosa PCOS. Meskipun penyakit ini memiliki dapat disebabkan karena keturunan. Namun faktor gaya hidup umma yang jarang berolahraga meningkatkan resiko kejadian tersebut.

Gaya hidup umma amburadul ketika perguruan tinggi hingga bekerja. Meski asupan makanan umma sesuai isi piringku. Namun umma dahulu punya kebiasaan tidur setelah makan.

Belum lagi minum teh manis hangat setelah makan. Apalagi kurang tidur karena begadang mengerjakan tugas atau malah maraton melihat drama Korea. Investasi tersebut berlangsung ternyata berdampak hingga kehamilan pertama.

Mengenalkan Anak Pangan Sehat

Kehamilan kaka Fa dilalui dengan sangat berat terutama All Time Sickness. Selama trimester pertama umma tidak dapat makan bergizi. Ketidakseimbangan hormon PCOS umma menolak semua bau dari pangan sehat maupun tidak sehat.

Qadar Allah saat memasuki trimester kedua dan ketiga kondisi finansial kami sedang dititik terbawah. Tidak semua pangan sehat dapat umma peroleh. Umma baru menyadari hal tersebut berdampak pada kaka Fa kecil ketika memasuki masa MPASI.

Kaka Fa memiliki selective eater dan picky eater dalam waktu bersamaan. Belum lagi adanya gangguan oromotor bawaan. Proses makannya mulai cerah ketika usia 1.5 tahun ketika adik Ha masuk masa MPASI.

Mengenalkan anak pangat sehat

Cara mengenalkan anak pangan sehat menurut ilmu dan pengalaman umma antara lain yaitu

Melalui media bermain & belajar

Umma mengenalkan FaHa mulai dari gambar berupa poster, kartu dan buku sejak usia dini. Lalu berlanjut ke bermain dengan mainan masak-masakan. Semakin besar melalui metode bermain pretend play dan mengerjakan printable.

Melalui aktivitas sehari-hari

Umma juga mengikut-sertakan FaHa dalam kegiatan merencanakan menu harian, berbelanja mingguan, food preparation dan memasak di dapur.

Melalui tadabbur alam

Umma mengenalkan berbagai jenis tanaman dan pohon ketika berjalan kaki bersama. Tidak lupa, umma juga sesekali mengajak keduanya menanam dan panen hasil dari sayuran di pot.

Umma mencoba menerapkan pendekatan metode ABC dari STEAM. Melalui tahapan amati, bayangkan dan cari tahu FaHa lebih mudah paham dengan umma coba jelaskan. Semua hal ini harus dilakukan secara konsisten.

Tetap semangat ya umm meskipun hasilnya belum sesuai espektasi. Kaka Fa sampai saat ini bisa dikatakan tidak suka sayur, kadang mau lebih sering tidak mau. Namun buah hampir semua suka. Kalo untuk lauk pauk alhamdulillah mulai mau beragam.

Kalo adik Ha sebagian besar jenis sayur mau. Namun jumlahnya tergantung kadar lapar dan cara umma masak. Sedangkan untuk lauk pauk mulai pilih-pilih tidak segampang dahulu.

Cara lain dari umma, yaitu selalu mencoba "pamer" #isipiringku. Oleh karena itu umma selalu masak tanpa cabai pada semua olahan. Teknik ini sering memancing FaHa untuk mencoba jenis pangan sehat yang jarang ada.

Terakhir dan terpenting adalah makan porsi sedikit dahulu, daripada bersisa dan terbuang mubazir. #HariPanganSedunia

Penutup


Demikian ulasan umma mengenai manfaat gizi seimbang pada anak. Selalu sehat dan semangat ya umm untuk menyediakan makanan sehat untuk anak dan keluarga. Sampai jumpa ditips selanjutnya bareng umma dan @provefamily. Walaikumsalam

Related Posts

Posting Komentar