header umma faha

JURNAL FAHA: Makan Ala Rasul (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

 


الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Umma dan kaka melakukan tantangan hari ke dua puluh tujuh pada pagi hari dengan menggunakan surat Al Araf 31 sebagai berikut:

 

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Yā banī ādama khużụ zīnatakum 'inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuḥibbul-musrifīn


″Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.″ (QS.7 : 31)

 

Dan diperjelas dengan  hadist sebagai berikut :

 

عن المِقْدَام بن مَعْدِي كَرِبَ -رضي الله عنه- قال: سمعت رسول الله -صلى الله عليه وسلم- يقول: «ما مَلَأ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا من بطن، بِحَسْبِ ابن آدم أُكُلَاتٍ يُقِمْنَ صُلْبَه،ُ فإن كان لا مَحَالةَ، فَثُلُثٌ لطعامه، وثلث لشرابه، وثلث لِنَفَسِهِ».

 

Dari Al-Miqdām bin Ma'dikarib -raḍiyallāhu 'anhu- secara marfū', "Tidaklah manusia memenuhi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam itu beberapa suap yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika memang harus melebihi itu, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga untuk nafasnya." 

[Hadis sahih] - [Diriwayatkan oleh Ibnu Mājah - Diriwayatkan oleh Tirmiżi - Diriwayatkan oleh Ahmad]

 

Judul Kegiatan        : Makan Ala Rasul

Hari, Tanggal           : Sabtu, 28 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah menciptakan lambung

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan lambung dan komposisinya

-          Berpikir simbolik

Mengenal makanan, minuman,

-          Seni

Menyusun makanan pada tempatnya

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan membuat printable tentang lambung rasulullah, lem dan gunting. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan surat al araf 31 dan hadist tentang lambung, menjelaskan kandungan dari ayat dan hadist tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma menjelaskan mengenai organ lambung dan pembagiannya tempat makanan dan minuman secara hadist. Umma kemudian memotong makanan dan minuman lalu meminta kaka menempelkan pada bagian lambung yang sesuai.

 

Refleksi                     :

Kaka bersemangat bermain hari ini dengan mengambil lem dan gunting saat umma berkata “kaka ayuk belajar”. Kaka manggut-mangut ketika umma menjelaskan mengenai lambung. Kaka sepertinya paham ketika dijelaskan “ kak, ini bagian perut kaka kalo sakit karena lapar yang bunyi krucuk-krucuk.” Kemudian seperti hanya bagian ini yang kaka tahu “ka, kata rasul ini tempatnya makanan, ini tempatnya minuman.” Kaka seperti belum mengerti benar apa sebenarnya yang umma jelaskan namun tetap  bersemangat. Kaka memulai mengunting, namun karena terlalu kecil umma melanjutkan. Kaka kemudian menempelkan sesuai tempatnya. Kaka mengenai susu sebagai air dan ketika umma menyebut air cuka kaka langsung paham. Kaka agak bingung menempelkan kurma ketika bagian makanan sudah penuh oleh buah dan madu. Good job kak!

 

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #kesehatan #38bulan #day27

 


Related Posts

Posting Komentar