header umma faha

Bermain Belajar Ala Komunitas Stream

Posting Komentar

Komunitas Ibu Main Stream: Exercise #1 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Umma mendapatkan keberuntungan mengenal Komunitas Ibu Main Stream melalui kawan di komunitas bermain. Umma yang sedang mencari komunitas pendukung awalnya hanya iseng ikut-ikut mendaftar mumpung gratis. Mau tahu bermain belajar ala komunitas stream? Yuk umma coba ceritakan.

 

Sekilas Mengenai Rumah Main STREAM

Komunitas ini yang dibentuk pada tahun 2017 oleh bu Yuni Widiastuti sebagai founder. Terinspirasi dari kerisauan beliau akan pendidikan anak Indonesia yang makin jauh dari konsep STEAM. STEAM sendiri merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, Art dan Math. Komunitas ini memiliki program untuk keluarga, sekolah dan komunitas

 

Bermain Belajar ala Komunitas Stream

Pertemuan materi pertama mengenai pengenalan Rumah Main STREAM dimulai dengan tebak-tebakan. Umma sangat antusias mengikutinya meski hanya menggunakan simbol centang dan silang. Melalui permainan tersebut umma sedikit banyak menangkap apa yang dimaksud dengan STEAM dalam bermain belajar ala komunitas stream. Setiap kegiatan yang kita lakukan dalam keseharian mengandung satu, dua bahkan lima komponen STEAM. Masyalllah seperti Allah selalu memberi tanda-tanda pada hambanya ya ummahat. Maka umma bertugas menerjemahkan kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari. Umma juga harus menguraikannya dengan prinsip STEAM untuk menumbuhkan fitrah anak-anak untuk terus dekat sang penciptanya.

 

Visi dan Misi Umma Bermain Belajar

Visi

Umma menjadi madrasatul ula dengan membersamai anak-anak dimasa tumbuh kembang.

 

Misi 

Umma bergabung dengan Komunitas Ibu Main Stream (KIMS) dengan tujuan agar mendapatkan grup support dalam membersamai anak-anak. Setelah kurang lebih tiga bulan umma melakukan aktivitas bermain belajar bersama anak-anak. Umma mengalami pergolakan batin apabila harus menstimulasi anak-anak menggunakan  bahan-bahan terutama makanan yang berakhir di tempat sampah.

Umma membutuhkan banyak inspirasi ketika ternyata kaka Fa mengalami kemajuan skill secara cepat hanya dalam sebulan ketika kami konsistensi mengikuti tantangan. Umma tidak memiliki keahlian mumpuni dalam seni dan kreatifitas sehingga umma kesulitan dalam hal. Disisi lain FaHa sangat riang gembira ketika umma mengajak mereka bermain belajar pada aspek tersebut.

Ketika umma menemukan KIMS, rasanya batin umma berkata “kayaknya ini cocok deh” mengingat latar belakang umma sebagai dokter hewan. FaHa juga menyukai uji coba dan natural walk apalagi ketika umma bercerita mengenai aspek yang berkaitan tersebut.

Materi pertama di masa orientasi KIMS kemarin mengelitik batin umma. “Ternyata selama ini umma sudah melakukannya ya.” Banyak hal keseharian yang sudah umma lakukan sudah dalam jalur yang benar ternyata. Umma tinggal melengkapi pada beberapa sisi saja. Alhamdulillah.

 

Rencana Aksi Umma

Umma wajib meluangkan dan mengalokasikan waktu untuk belajar hal-hal baru. Umma harus terus membuka diri sendiri untuk dapat menerima dan mengolah ilmu-ilmu baru. Meneguhkan kembali niat dan berdoa agar Allah subhana wa ta’ala mempermudahnya. Kebiasaan baik ini wajib umma teruskan mengingat sempat kendor selepas tantangan berakhir.

 

Umma dan FaHa tidak sabar bermain belajar ala komunitas stream. Tunggu tahan, pelan-pelan saja agar niat baik ini terasa seperti kebiasaan saja.  Semoga perjalanannya dilancarkan dan dimudahkan aamiin ya rab.

 

Jazakunallah khairan katsiran.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Related Posts

Posting Komentar