header umma faha

Olahan Tempe Busuk Auto Nambah Nasi, Hanya Butuh 5 Bahan Saja!!!

5 komentar
tempe busuk penambah nafsu makan

Assalamualaikum, halo ummahat? Ada yang sering lupa simpan tempe di kulkas? terlalu lama dan sudah tidak segar ? Kali ini umma mau bagi rekomendasi olahan tempe semangit atau tempe busuk. Simak selengkapnya ya umm..

Wah umma yang tidak ahli masak ini akhirnya bagi resep lagi nih. Meskipun sederhana umma bisa menjamin resep ini mudah untuk recook. Sebelum kita masuk ke resep, umma mau cerita tentang per-tempean, no skip skip ya, biar gak ada info yang terlewat. 

Tempe, Sumber Protein

tempe sumber protein

Tempe merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein nabati. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang salah satunya rhizopus. kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia.

Tidak heran tempe menjadi kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Cara Pembuatan Tempe

Umma sering membantu ibu dahulu untuk membuat tempe. Kala itu ibu memproduksi tempe keripik khas Trenggalek untuk disuplai di rumah makan di wilayah Kecamatan Sidoarjo. Cara pembuatan tempe untuk konsumsi biasa dan tempe keripik agak berbeda. Kami memproduksi tempe mirip dengan tempe mendoan khas Banyumas.

Cara pembuatan tempe secara umum terdiri dari tahapan perebusan, pengupasan, perendaman dan pengasaman, pencucian, penambahan ragi, pembungkusan, dan fermentasi. Proses pembuatan tempe dimulai dengan merebus biji kedelai selama 30 menit. Lalu biji kedelai tersebut direndam dalam air selama satu (1)malam.

proses buat tempe


Esok hari, kulit biji kedelai dikupas dengan tangan atau diinjak-injak dengan kaki. Jika sudah selesai, lalu dilakukan proses pencucian untuk menghilangkan kotoran. Kedelai yang sudah bersih kemudian direbus mengggunakan dandang hingga matang (tanak).

Setelah matang, biji kedelai diangkat dan ditiriskan di atas nampan bambu. Biji kedelai diangin-anginkan pada suhu ruang, tunggu hingga dingin sempurna. Apabila sudah dingin, ragi dicampurkan pada biji kedelai secara merata.

Lalu bungkus biji kedelai dengan daun atau gedebok pisang. Saat ini kemasan dengan plastik banyak digunakan, pastikan melubangi plastik setelahnya. Peram selama satu (1) malam hingga proses fermentasi berjalan. 

cara buat tempe

Tempe yang siap dipanen yaitu tempe dengan biji kedelai yang sudah saling menyatu. Umma gemar mengkonsumsi tempe goreng yang baru saja dipanen. Sensasi bulir biji kedelai garing pecah di dalam mulut sangat enak.

Tempe Semangit dan Tempe Busuk

Tempe semangit merupakan istilah yang diberikan pada tempe yang mengalami fermentasi lebih dari 48jam (> 2 hari). Untuk tempe busuk merupakan tempe yang lebih dari 72jam masa fermentasi (>3 hari). Keduanya memiliki perbedaan konsistensi maupun bau. Umma lebih suka tempe sekali busuk daripada semangit.

Ketika umma pindah ke jabodetabek, lebih sering menemukan tempe yang dijajankan sudah kematangan. Tempe ini jika tidak segera dimasak akan segera menjadi tempe semangit. Meski disimpan di kulkas tanpa sadar malah menjadi tempe busuk.

Analisa umma karena distribusi tempe dari produsen membutuhkan jalur yang panjang. Oleh karena itu membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu bisa jadi metode penyimpanan yang menyebabkan proses fermentasi meningkat.

Tips Menyimpan Tempe

Untuk tempe yang awet tidak mudah busuk, pertama pilihlah tempe yang berkualitas baik. Baik disini maksudnya yaitu tempe yang baru saja matang. Biasanya tempe ini memiliki ciri-ciri serabut kapangnya masih jarang dan bulir biji kedelai masih banyak terlihat.

Letakkan tempe tersebut pada suhu ruang hingga matang. Biasanya jika masih proses fermentasi tempe akan terasa panas atau hangat. Pastikan tempe dalam keadaan dingin sebelum disimpan .

Tempe yang sudah dingin, selanjutnya masukan tempe pada wadah kedap udara. Tempe dapat disimpan pada suhu ruang maupun kulkas bagian chiller. Hindari memotong tempe karena dapat membuat ragi kembali tumbuh.

Olahan Tempe Busuk

Kali ini umma mau berbagi beberapa olahan tempe busuk yang biasa dimasak. Olahan ini merupakan bentuk memanfaatkan tempe agar tidak mubazir. Selain itu olahan ini juga dapat menambah nasfu makan untuk umma. 

bahan olahan tempe busuk


Resep yang umma bagi sederhana banget kok, hanya butuh 5 bahan sajah. Cara buatnya juga gampang banget bisa sat set gak pake jenggotan. Lets check this out ... 

Resep Sambel Tempe

Bahan:
  • Tempe busuk 1 papan
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang putih 2 buah
  • Cabe rawit 5 buah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Memasak:
  1. Mulai dengan tempe busuk di potong-potong kecil-kecil;
  2. Lalu rebus atau goreng tempe, bawang merah, bawang putih, cabe rawit hingga matang bersama;
  3. Kemudian angkat dan tiriskan sejenak semua bahan;
  4. Lalu ulek bumbunya bersama gula dan garam secukupnya hingga halus;
  5. Lalu tambahkan tempe di atas bumbu, selanjutnya ulek secara kasar;
  6. Pindahkan sambel tempe busuk pada mangkok;
  7. Makan dengan nasi hangat serta lauk dan sayur pendamping.

Resep Sayur Tempe Busuk

Bahan:
  • Tempe busuk 1 papan
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang putih 2 buah
  • Cabe rawit 5 buah
  • Santan cair instan 1 buah
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 1 ruas, geprek
  • Kunyit 2 cm
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:
  1. Panaskan minyak goreng secukupnya;
  2. Lalu goreng bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kunyit yang sudah dikupas dan dibersihkan hingga matang, lalu tiriskan;
  3. Kemudian ulek bumbu yang sudah digoreng hingga halus;
  4. Rebus air secukupnya tunggu hingga mendidih;
  5. Jika air sudah mendidih, masukkan tempe busuk yang sudah dipotong-potong ukuran sedang;
  6. Selanjutnya masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan tunggu hingga mendidih;
  7. Masukan santan cair instan, tambahkan gula dan garam sesuai selera dan koreksi rasa;
  8. Matikan kompor ketika mendidih;
  9. Hidangkan nasi hangat serta lauk dan sayur pendamping.

Penutup

Meski sebagian orang tidak menyukai bau khas, umma menyukai olahan tempe busuk. Hal tersebut selain karena menambah nafsu makan ternyata kandungan gizi dalam tempe busuk lebih beragam daripada tempe segar. Bagaimana ummahat, kira-kira mau coba recook olahan tempe busuk yang mana?

Related Posts

5 komentar

  1. Wah ide baru nih memanfaatkan tempe busuk jadi olahan bergizi hihi makasih um tipsnyaa joss!

    BalasHapus
  2. Kemarin sempet mengolah tempe busuk ini. Kujadiin mendol apa ya namanya. Tapi entah kenapa ttp aja rasanya lebih suka tempe seger sih.

    BalasHapus
  3. Masya Allah keren banget. Aku kira udah ga bisa dimakan lagi karena tekstur dan baunya udah berubah. Jadi terinspirasi nih aku. Makasih Mba

    BalasHapus
  4. Waaah keren mbaa, mulai dr bikin tempe nya dari awal, jadi tempe busuk, hingga ke jadi olahan..
    Mantaappp mbaa jadi laper 😆

    BalasHapus
  5. Saya kemarin habis masak sayur Bobor pake tempe semanggit..tempe nya juga bikin sendiri enak mantep

    BalasHapus

Posting Komentar