header umma faha

Ditengah wabah PMK, Tetap Semangat Puasa Dzulhijjah menyambut Idul Adha

6 komentar
Puasa Dzulhijjah

Halo ummahat, tidak terasa nih sepekan lagi umat muslimah akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Pagi ini umma main ke google trends. Pencarian mengenai puasa dzulhijjah mengalami kenaikan. Hal tersebut terjadi seiringin mendekati awal bulan Dzulhijjah di akhir pekan ini. Yuk simak mengenai selak beluknya...



Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bulan ini mempunyai beberapa keutamaan pada dikhususkan pada Al Quran.Keutamaan tersebut terdapat pada surat At Taubah ayat ke 36 sebagai berikut:
 
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa“( QS 9:36)

Adapun keutamaan tersebut juga didukung dengan beberapa hadist. Berikut beberapa hadist yang mendukung firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengenai keutamaan bulan Dzulhijjah :

Hadist bulan Dzulhijjah

Pahala Dilipatgandakan

Umat muslim yang memperbanyak ibadah dan berpuasa di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Hal tersebut seperti yang Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam sabdakan sebagai berikut:

 

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya:
"Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi).

Penghapusan Dosa

Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (Hari Arafah) menurut hadist Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam mampu membantu untuk menghapus dosa. Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus ketika menjalankan puasa Arafah yaitu dosa kecil (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113). Hadistnya sebagai berikut :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya:
"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Hari Pembebasan dari Siksa Neraka

Selain dua keutamaan di atas, Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam juga menyampaikan bahwa ibadah pada hari Arafah dapat mempermudah siksa neraka kelak. Adapun hadisnya sebagai berikut:
 
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya:
"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).


Puasa Dzulhijjah

Berdasarkan firman Allah pada surat At Taubah ayat 36 tersebutlah maka disunnahkan untuk puasa Dzulhijjah. Puasa ini dilaksanakan selama 10 hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Hari Raya sendiri jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah Hijiriyah setiap tahunnya.

Pada tahun ini puasa Dzulhijjah akan dimulai pada tanggal 1 Dzulhijjah yang jatuh tepat besok Kamis, 30 Juni 2022. Puasa pada awal bulan Dzulhijjah terbagi dalam tiga jenis puasa antara lain puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Pembagian tersebut berdasarkan tanggal pada bulan Dzulhijjah.

Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah pada hari kedelapan dan puasa Arafah pada hari kesembilan. Puasa Tarwiyah merupakan puasa sehari sebelum wukuf. Puasa ini berasal dari kata tarawwa, yang artinya membawa bekal air. Untuk puasa Arafah merupakan puasa pada hari 'Arafah, yakni hari kesembilan pada bulan Dzulhijjah. Puasa ini bertepatan saat jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah.

Syekh Al-Jurjawy dalam bukunya Hikmah at-Tasyri' wa Falsafatuha memaparkan tujuan puasa hari Arafah yaitu agar umat muslim ikut memohon ampun dan rahmat Allah. Hal tersebut seperti para jamaah haji yang sedang wujuf di Arafah yang berdoa untuk memohon ampun. Tidak heran bahwa puasa Arafah sangat.

Niat Puasa Dzulhijjah

Puasa pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah ini ada tiga jenis niat puasa. Niat tersebut disesuaikan dengan hari atau tanggal pelaksanaannya. Dimana tanggal 1-7 niat puasa Dzulhijjah, tanggal 8 niat puasa Tarwiyah dan tanggal 9 niat puasa Arafah. Adapun niatnya sebagai berikut :

1. Niat Puasa Dzulhijjah tanggal 1-7 Dzulhijjah

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ

(Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ)

2. Niat Puasa Tarwiyyah tanggal 8 Dzulhijjah

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ

(Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ)

3. Niat Puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ

(Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ)

Niat puasa Dzulhijjah

Umma jadi ingat belum selesai membayar hutang puasa Ramadan tahun ini karena kepotong agenda mudik kloter susulan. Qadarallah paska mudik malah maraton semuanya pada tumbang. Kalau ummahat biasa apa yang perlu dipersiapakan sebelum melaksanakan puasa sunnah?

Kalo umma berencana untuk food prepration nih untuk mempersiapkan puasa Dzulhijjah. Semoga ummahat tidak sedang dalam fase periode ya. Selamat beribadah dan merengkuh pahala, sampai jumpa...

Related Posts

6 komentar

  1. Pas banget ternyata mbak...makasih sudah diingatkan besok puasa Dzulhijah

    BalasHapus
  2. puasa ditengah PMK. semoga puasa juga bisa jadi obat bagi jiwa kita ya Umm

    BalasHapus
  3. Hmm jd keinget jg msh pny hutang puasa ramadhan...mksh y Umma sdh diingatkan dgn puasa Dzulhijah

    BalasHapus
  4. terima kasih sudah diingatkan mba terkait puasa dzulhijah

    BalasHapus
  5. biasanya sebelum puasa dzulhijjah bakalan searching niat puasanya hoho. Jazakillah umma sudah dilist bacaan untuk niatnya beserta arti :D

    BalasHapus
  6. MasyaAllah mulai besok yaa puasa Dzulhijjah.. semoga dimudahkan menunaikannya ditengah wabah yg bikin deg-degan ini

    BalasHapus

Posting Komentar