header umma faha

Kemandirian: Pakai Baju Sendiri

Posting Komentar

  الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah sudah sampai hari kedua belas masih dengan tema kemandirian. Melatih kemandirian anak agar bisa pakai baju sendiri, memang layak dimulai sejak dini. Untuk memberikan rasa percaya diri & kemampuan mengenal tubuhnya sendiri. Bagaimana dengan ummahat? 


Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman

 

 يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Kegiatan Pakai Baju Sendiri

Komponen Evaluasi

Kegiatan evaluasi ini, umma laksanakan pada hari Jumat, 12 November 2021. Adapun tujuan evaluasi ini untuk mencatat kemampuan kaka Fa dan adik Ha dalam hal kemandirian khususnya pakai baju sendiri. Umma mencoba menilik kegiatan tersebut mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:


Agama
Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
Mengetahui bahwa Allah memerintah menutup aurat
Motorik
Mengkoordinasikan mata dan tangan
Kognitif
Mendapat pengetahuan cara pakai baju sendiri
Berpikir simbolik
Seni
Melakukan kegiatan pakai baju sendiri
Sosial emosional
Menunjukkan rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri


Pakai Baju Sendiri


Lencana Keberhasilan

Kaka Fa 3 tahun 5 bulan : Bisa sendiri (⭐⭐⭐⭐)
Adik Ha 2 tahun 6 bulan : Selalu mau mencoba dan masih harus diingatkan (⭐⭐)

 

Refleksi Hasil Evaluasi

Kaka dan adik sudah belajar menggunakan pakai baju sendiri sejak toilet training. Umma meminta mereka memilih pakaian yang ingin mereka gunakan. Lambat laun mereka kemudian meminta memakai sendiri.

Kaka Fa 3 Tahun 5 Bulan

Kaka sejak sebelum usia 2 tahun sudah mahir melepaskan kaos kutangnya. Mulai dengan mengeluarkan tangannya dari kaus kutang sehingga sangkutannya tinggal sebelah. Kaka juga berinisiatif melorotkan celananya sendiri kala itu.

Mulai masuk usia 3 tahun, kaka akan diminta mengambil celana dalam, celana kolor, kaus kutang dan barulah memilih baju yang akan dipakai. "Kaka mau pake baju apa? baju cantik, baju muteng-muteng, dasteng atau kaos" umma sengaja menuliskan sesuai pelafalannya. Kadangkala berinisiatif sendiri seringkali untuk mempercepat proses, umma pilihkan kecuali untuk baju harian.

Adapun urutan pakai baju versi kaka diusia 3 tahun 5 bulan sebagai berikut: 

  1. Mengambil celana dalam, celana kolor, kaus kutang, dan baju; 
  2. Memakai celana dalam sembari duduk di pinggir kasur ; 
  3. Memakai celana kolor setelah celana dalam;
  4. Memakai kaus dalam dengan susah payah; 
  5. Memakai baju atau kaos dengan bantuan umma;
  6. Melakukan tahapan tersebut secara sabar dan berurutan jika moodnya bagus jika tidak semua dibantu umma.

Memasuki usia saat ini kaka sedang mulai melatih menggunakan kaus dalam. Proses membedakan depan belakang ini latihannya lebih susah dari pada celana dalam. Hal tersebut karena tidak ada tanda khusus yang membedakannya. Namun alhamdulillah semua prosesnya sedang menanjak dan pertambahan skill melonjak.

Adik Ha 2 Tahun 6 Bulan

"Ha ndiri ma" Adik jika ingin mencoba sendiri pasti akan mengucapkan tersebut. Untuk aktivitas pakai baju sendiri adik hanya sesekali saja ingin memakainya sendiri. Seringkali masih minta dibantu terus secara tidak langsung. Adik lebih banyak mengobrol daripada memakai baju, untuk mempersingkat waktu umma lebih memilih memakaikannya.  
Jadi ingat kejadian lucu, suatu hari adik mandi dengan abi. Saat tinggal menggunakan baju, adik tidak mau memakai baju yang dipilihkan. Adik terus menyebut "homat gak". Baju hormat grak dalam benak kami adalah baju setelan TNI. Sudah kami ubek-ubek satu lemari maupun jemuran tidak ada yang cocok. Adik terus mengomel meminta baju yang ia minta. Akhirnya abi membimbingkan ke ember baju kotor. Ternyata yang dia maksud adalah kaos bola yang tadi dia pakai sebelum mandi. 

Begitulah umma mengevaluasi kegiatan anak-anak dalam pakai baju sendiri. Semoga latihan kemandirian ini terus berlanjut. Serta dapat meningkatkan kemampuannya mereka dalam hal-hal lain juga. 

Jazakunallah khairan katsiran
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh



#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #kemandirian #3tahun #2tahun #day12

Related Posts

Posting Komentar