header umma faha

Kemandirian: Aku Bisa Mandi Sendiri

Posting Komentar

 الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah sudah sampai hari kesebelas masih dengan tema kemandirian. Melatih kemandirian anak agar bisa mandi sendiri, memang layak dimulai sejak dini. Untuk memberikan rasa percaya diri & kemampuan mengenal tubuhnya sendiri. Bagaimana dengan ummahat? 


Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman

   

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ
(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu) (QS 8:11).


Kegiatan Mandi Sendiri

Komponen Evaluasi

Kegiatan evaluasi ini, umma laksanakan pada hari Kamis, 11 November 2021. Adapun tujuan evaluasi ini untuk mencatat kemampuan kaka Fa dan adik Ha dalam hal kemandirian khususnya mandi sendiri. Umma mencoba menilik kegiatan tersebut mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:


Agama
Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
Mengetahui bahwa Allah menyukai kebersihan
Motorik
Mengkoordinasikan mata dan tangan
Kognitif
Mendapat pengetahuan cara mandi
Berpikir simbolik
Seni
Melakukan kegiatan mandi
Sosial emosional
Menunjukkan rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri


Aku Bisa Mandi Sendiri



Lencana Keberhasilan

Kaka Fa 3 tahun 5 bulan : Selalu mau mencoba dan masih harus diingatkan (⭐⭐) 
Adik Ha 2 tahun 6 bulan : Selalu mau mencoba dan masih harus diingatkan (⭐⭐)

 

Refleksi Hasil Evaluasi

Aktivitas mandi merupakan kegiatan yang umma wajibkan setelah bangun tidur. Anak-anak harus sudah mandi terlebih dahulu sebelum makan. Udara pagi dan air yang dingin membuat mereka enggan berangkat. Nyawa yang belum ngumpul seringkali juga menjadi faktor penghambat. 
Kaka dan adik bisa dikatakan mampu mandi sendiri dengan versi terbaik mereka. Namun seringkali harus menunggu intruksi atau ditemani dahulu baru mau mandi. Banyak faktor yang menyebabkan kerelaan maupun keengganan mereka dalam mandi. Aktivitas mandi merupakan kegiatan yang seringkali menurut mereka sebagai momok. Teriakan dan pemaksaan seringkali umma temui dahulu. Namun sejak kami bersepakat, aktivitas mandi menjadi lebih mudah. 

Kaka Fa 3 Tahun 5 Bulan

Ketika bangun tidur kaka akan meminta "minum cucu ma","setelah minum susu ngapain kak","mandi". Begitulah obrolan kami saat ini sesaat setelah bangun tidur. Lalu apa kaka akan langsung ke kamar mandi paska minum susu? Tentu tidak, jalurnya masih panjang. Namun tidak lagi ada teriakan dan paksaan seperti sebelumnya.

Umma akan menghampiri kaka lalu melepaskan bajunya. Kaka seringkali pasrah dan berlalu menuju kamar mandi. Namun tidak jarang kembali ke tempat tidur atau kabur. Kaka merasa lebih nyaman mandi bersama umma daripada abi. Namun jika umma masih sibuk di dapur biasanya umma akan minta tolong abi menggantikan di dapur atau sebaliknya pada pagi hari.

Hawa dingin dan air dingin biasanya membuat kaka agak bergidik. Umma menyiramkan air mulai dari telapak kaki, betis, paha, perut, bahu kanan baru bahu kiri. Tahapan tersebut membuat kaka lebih beradaptasi terhadap suhu air yang dingin tersebut. Setelah 10 hitungan barulah umma mulai memandikan kaka.

Untuk sore hari, umma biasanya meminta kaka masuk ke kamar mandi bersama adiknya. Bermain air sepuasnya sembari umma membereskan kegiatan yang lain. Setelah 10-15 menit barulah umma mandikan kaka.

Adapun urutan mandi versi kaka diusia 3 tahun 5 bulan sebagai berikut: 

  1. Menyiram tubuh sedikit-sedikit ke arah yang ia kehendaki atau tanpa ia hendaki; 
  2. Memainkan air dengan gayung, mainannya atau keran hingga ia puas ; 
  3. Mengambil sabun, memasukkan ke gayung, mengaduk-aduknya hingga berbuasa;
  4. Menyanyi dan mengobrol serta bermain sesuka hati; 
  5. Memulai memanggil umma jika ingin sikat gigi atau menginginkan sesuatu;
  6. Melakukan tahapan tersebut secara berurutan atau sesuka hatinya.

Setelah umma memandikannya, umma beri sikat gigi dengan pastanya. Kaka menyikat giginya ketika dia mau. Umma meninggalkannya dan menunggu kaka keluar sendiri. Kaka akan keluar ketika dia mau atau selesai sikat gigi. 

Adik Ha 2 Tahun 6 Bulan

Alhamdulillah adik setelah bangun tidur akan meminta buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Kesempatan ini selalu umma gunakan untuk memandikannya. Meskipun teriakan kadang hadir karena dinginnya suhu air. Tahapan mandi kurang lebih seperti kaka namun sikat gigi seringkali di skip karena adik tidak bisa ditinggal sendiri. 
Adik senang sekali main air, terutama apabila mainannya diijinkan dibawa serta. Adik menyukai main air di halaman depan maupun di pelataran belakang dalam jangka lama. Namun jika dikamar mandi dia tidak mau sendiri. Kemampuan adik dalam mandi masih dibawah kaka pastinya. Namun adik lebih inisiatif ke kamar mandi daripada kaka. Hahaha. 

Begitulah umma mengevaluasi kegiatan anak-anak dalam mandi sendiri. Semoga latihan kemandirian ini terus berlanjut. Serta dapat meningkatkan kemampuannya mereka dalam hal-hal lain juga. 

Jazakunallah khairan katsiran
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh



#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #kemandirian #3tahun #2tahun #day11

Related Posts

Posting Komentar