header umma faha

Kemandirian : Makan Sendiri Sejak Dini

Posting Komentar


الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillah sudah sampai hari kesembilan. Masyallah tabarakallah anak-anak sudah bisa makan sendiri. Duduk bersama dengan postur tubuh tegak sesuai tuntunan Rasullulahu Shalallaahu Alaihi Wassalaam
Melatih kemandirian anak dalam makan sendiri, memang layak dimulai sejak dini. Untuk memberikan rasa percaya diri & kemampuan mengenal tanda dari tubuhnya diri sendiri. Bagaimana dengan ummahat? 

Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman

 

  يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan (QS 7:31) 


Kegiatan Makan Sendiri

Komponen Evaluasi

Kegiatan evaluasi ini, umma laksanakan pada hari Selasa, 9 November 2021. Adapun tujuan evaluasi ini untuk mencatat kemampuan kaka Fa dan adik Ha dalam hal kemandirian khususnya makan sendiri. Umma mencoba menilik kegiatan tersebut mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:


Agama
Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
Mengetahui bahwa Allah tidak menyukai berlebihan
Motorik
Mengkoordinasikan mata dan tangan
Kognitif
Mendapat pengetahuan lapar kenyang
Berpikir simbolik
Seni
Melakukan kegiatan makan
Sosial emosional
Menunjukkan rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri


Makan sendiri sejak dini


Lencana Keberhasilan

Kaka Fa 3 tahun 5 bulan : Bisa sendiri (⭐⭐⭐⭐)
Adik Ha 2 tahun 6 bulan : Selalu mau mencoba dan masih harus diingatkan (⭐⭐⭐)
 

Refleksi Hasil Evaluasi

Kaka dan adik dapat mengenali tanda tubuhnya sendiri terhadap hasrat lapar, haus dan kenyang.

Kaka Fa 3 tahun 5 bulan

Alhamdulillah setelah memasuki usia 3 tahun nafsu makan kakak terhadap nasi luar biasa hebat. Kaka memiliki masalah oral sehingga saat usia 1 tahun belum mampu naik tekstur. Menu keluarga barulah dapat kaka makan ketika 2 tahun sesaat setelah training lepas dot. 
Untuk memaksanya rela membuka mulut, kami harus berkeliling kompleks terlebih dahulu. Umma belajar bahwa kegiatan tersebut bertentangan dengan adab makan dan berpengaruh pada kesehatan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala mudah dengan pandemi sehingga kaka makan dirumah saja. 
Sebelumnya kaka tidak menyukai sayur maupun yang berkuah. Kaka selalu mengalami konstipasi dan merasakan sakit saat BAB. Sejak dia paham, kaka mulai mau belajar makan beberapa jenis sayur.
Saat ini kka akan meminta makan sendiri ketika merasa lapar. Dia juga agak meminta lauk tertentu yang ingin dia makan saat itu. Kaka akan memilih tempat makan sendiri, lokasi dan fasilitas makan yang nyaman untuk dia. 
Kaka akan menghabiskan porsinya jika benar-benar lapar dan lauknya cocok. Atau meminta lauk pengganti jika dirasa kurang cocok. Sesekali meminta disuapin jika merasa lapar jika terdistraksi hal lain. 
Kaka mulai melihat banyak referensi dari piring umma sejak kami rutin makan bersama. Kaka mulai berani mencoba segala makanan baru. Semangat terus kaka! 

Adik Ha 2 tahun 6 bulan


Umma merasa beruntung dan dimudahkan dalam membersamai adik. Proses menyusu menyempurnakan perilaku makan adik. Adik mampu makan menu keluarga saat masuk usia 1 tahun. Adik sudah mulai minta makan sendiri setelahnya meskipun tetap sering umma suapin. 
Pencernaan yang baik membuat adik dapat mengontrol kapan dia berhenti makan. Jika merasa kenyang dia tidak mau disuapin kembali. Lalu menyudahinya dengan minum air putih. 
Adik selalu meminta kuah dan sayur saat makan. Dia akan dengan lahap menyendok makannya sendiri. Perihal kerapian dan kebersihan adalah hal yang berbeda tentunya 🐱
Saat menginjak dua tahun, gigi depan adik patah. Proses makannya tergantung lebih dari 3 bulan. Biasanya lebih gemar dengan sendok berubah menggunakan tangan. Nasi kuah berubah menjadi kering. Pencernaannya mulai terganggu dan pertumbuhan agak lambat. 
Saat ini adik sudah berani menggunakan sendok untuk makan. Namun susu UHT menjadi salah satu penurun nafsu makannya. Hal tersebut karena paska sapih dan kejadian gigi patah, susu UHT adalah jalan ninja umma. Jangan di tiru ya. 
Semoga pada masa depan, umma terus diberi kemudahan dan kelancaran. Umma ingin terus membersamai anak-anak makan sendiri. Tentunya dengan gizi sehat namun hemat uang dan energi. 

Jazakunallah khairan katsiran
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh



#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #kemandirian #3tahun #2tahun #day9

Related Posts

Posting Komentar