header umma faha

Training of Trainer : Membaca Nyaring Bagian 2

Posting Komentar

Kajian Teks Kunci Sukses Membaca Nyaring

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah akhir pekan kemarin Umma dapat hadir mengikuti Training of Trainer Read Aloud kembali. Pada hari kedua ini para peserta ditunjukkan alasan kuat mengapa Indonesia khususnya darutat membaca. Pelatihan kali ini kami diberikan tugas membuat kajian teks kunci sukses membaca nyaring.

 

Persiapan Sebelum Membaca Nyaring

Untuk membaca nyaring, pembaca sebaiknya melakukan pra baca dan baca ulang. Hal tersebut bertujuan mengetahui jalan cerita dan  letak tanda baca untuk mengatur intonasi suara. Selain itu memprediksi pertanyaan yang akan muncul terkait cerita. Pertanyaan untuk pendengar juga sebaiknya disiapkan juga untuk bahan diskusi.

Melatih diri mengatur intonasi suara dan mengubah suara sesuai dengan dialog tokoh juga perlu dilakukan. Selain itu juga mengamati ilustrasi cerita wajib dilakukan agar tepat menirukan ekspresi sesuai dengan cerita.

 

Elemen Cerita

Persiapan yang sebelumnya bertujuan agar pembaca dapat menyampaikan elemen cerita pada pendengar. Adapun elemen cerita meliputi tokoh, latar, tema dan alur cerita. Alur cerita ini merupakan bagian harus dipahami pembaca sebelum membaca nyaring.

 

Kajian Teks Kunci Sukses Membaca Nyaring

Kajian teks kunci sukses membaca nyaring meliputi judul buku, penulis dan ilustator, tema dan genre. Elemen cerita dari buku tersebut juga harus dituangkan dalam kajian teks. Kajian teks juga harus membuat mengenai tinjauan kosakata serta diskusi terkait buku maupun di luar buku.  

 

Aliran Rasa Pelatihan Hari Kedua

Pekan ini bu Rosie memberikan contoh membaca nyaring dengan buku berjudul Rambut Panjang Alika. Kebetulan sekali malam sebelumnya anak wedok main salon dengan rambut saya. Tanpa saya sadari alatnya kali ini bertambah, ia menggunakan gunting. Seketika saya tegur dan ia berhenti memainkan rambut saya.

Ketika pagi hari saya baru menyadari ia menggunting rambut saya. Kemampuannya mengunting patut diacungi jempol karena saya tidak merasakan prosesnya. Kemampuan yang baru saja ia mulai bulan lalu ketika kami bermain struktur bersama. Good job nak.



Contoh Kajian Teks Buku Anak

Judul

Aku Bisa Pakai Kaos Kaki Sendiri

Penulis & ilustator

Neni Utami Adiningsih & Nur Cililia

Tema

Menumbuhkan Kemandirian Anak

Genre

Fiksi Realistis

Tokoh (character) dan penokohan

Nisa: seorang anak perempuan berhijab

Ibu: ibu Nisa

Kucing: peliharaan Nisa

Letak (setting)/latar

Rumah

Latar waktu

Pagi hari

Alur

Awal

Nisa kesulitan menemukan kaos kakinya. Ibu membantu mencarikannya ternyata ibu dengan mudah menemukannya. Nisa terburu-buru saat mencari kaos kaki sehingga tidak teliti.

Tengah

Nisa memakai kaos kaki pada kedua kakinya. Namun nisa memakainya belum sempurna dan susah dipakai berjalan. Nisa melepas kaos kakinya dan mencoba memakainya kembali. Namun malah aneh karena terdapat benjolan. Ibu menanyakan tumit dan ujung jari kaki nisa. Ibu lalu menunjukkan bagian dari kaos kaki sesuai bagian kaki nisa.

Akhir

Nisa mampu memakai kaos kaki dengan benar. Nisa kemudian memakai sepatu dan berpamitan kepada ibu untuk pergi ke sekolah.

Tinjauan Kosakata

Kosakata baru: tumit, klepak, benjolan, membulat, 

Diskusi

Diskusi tentang buku :

Cerita ini sangat dekat dengan kehidupan anak-anak sehari-hari dan mampu menumbuhkan kemandirian.

Halaman 5-7. Nisa terburu-buru dan kesal mencari sehingga tidak teliti. 

Halaman 8-15. Cara Nisa memakai kaos kaki

Halaman 16-19. Ibu menjelaskan bagian kaos kaki dan cara memakai kaos kaki yang benar

Diskusi di luar buku :

Aktivitas di pagi hari terutama menjelang sekolah memang seringkali terjadi banyak insiden. Kebiasaan baik menyimpan barang pada tempatnya akan sangat membantu ketika sedang terburu-buru. Alokasi waktu  perlu diperhatikan untuk mempersiapkan diri anak dan barang-barang keperluan sekolah.

 

Alhamdulillahirabilalamin, pelatihan hari kedua telah usai. Saya belajar ternyata membaca nyaring yang mudah dilakukan harus memperhatikan banyak hal. Sederhana bukan? Mari mulai belajar membuat kajian teks kunci sukses membaca nyaring.

 

Jazakunallah khairan katsiran.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#membacanyaring #readaloud #totreadaloud #membacakananakbuku #fahamembacabuku

Related Posts

Posting Komentar