header umma faha

JURNAL FAHA: Adab Makan (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar


الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Umma dan kaka melakukan tantangan hari ke dua puluh enam pada siang hari dengan menggunakan surat Al Baqarah 168 sebagai berikut:

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

 

Yā ayyuhan-nāsu kulụ mimmā fil-arḍi ḥalālan ṭayyibaw wa lā tattabi'ụ khuṭuwātisy-syaiṭān, innahụ lakum 'aduwwum mubīn

 

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS 2:168)

 

Judul Kegiatan        : Adab Makan

Hari, Tanggal           : Jumat, 27 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah menciptakan lambung

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan lambung dan komposisinya

-          Berpikir simbolik

Mengenal makanan, minuman, adab

-          Seni

Menyusun makanan pada tempatnya

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan membuat printable tentang adab makan sebanyak 2 lembar dan gunting. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan surat al baqarah 168, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma memotong lembar pertama adab makan menjadi kartu, kemudian umma menjelaskan secara berurutan dan  meminta kaka meletakkan kartu pada gambar yang sesuai.

 

Refleksi                     :

Kaka bersemangat bermain hari ini terutama ketika melihat printable adab makan bergambar anak perempuan. Related! Kaka lancar meletakkan kartu pada beberapa bagian pertama sembari mendengarkan penjelasan umma, sedangkan pada sisa kartu lain agak mirip-mirip sehingga membuat kaka beberapa kali salah. Next time umma harus membuat dengan ukuran yang lebih besar. Note!

Banyak kebiasaan makan yang berbeda pada kaka dan adik sehingga mereka agak bingung dan harus banyak hal dan aspek yang harus umma perbaiki. Dahulu saat sebelum pandemic, kaka dan adik terbiasa sarapan atau makan sore dengan safar dan tadabbur alam. Mereka tipe kinestik yang tidak bisa diam duduk di meja makan maupun digendong. Sejak usia setahun umma terbiasa mendudukan mereka di sepeda roda tiga kemudian berjalan. Kaka memiliki masalah pada oral activity sejak lahir sehingga tidak dapat direct breastfeeding yang sempat membuatnya speed delay dan  peacky eater. Setelah berbagai stimulasi kaka Alhamdulillah mengalami lonjakan kata dan kalimat pada usia hampir 3 tahun. Sejak pandemic datang umma mencoba menanyakan makanan apa yang ingin kaka makan untuk membuatnya anteng duduk saat makan. Setelah memasuki usia 3 tahun nafsu makannya baru mulai terbentuk sesuai dengan penjelasan dokter dan dapat terkontrol diam di dalam pagar rumah. Kaka bisa duduk diam sesuai adab ketika beneran lapar, cocok dengan makanannya dan screen time kartun favoritenya. Selebihnya umma masih harus berkejaran menyuapi sembari bermain bersama adik. 

Kaka dan adik masih sering lupa cuci tangan meniup makanan, menyisakan makanan, makan dengan tangan kanan dan kiri, lupa membaca basmalah maupun mengucapkan hamdalah. Masih peer! Semangat umma!

 

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #kesehatan #38bulan #day26

 




Related Posts

Posting Komentar