header umma faha

JURNAL FAHA: Sikat Gigi Ala Rasulullah (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Umma dan kaka melakukan tantangan hari ke dua puluh lima pada pagi hari bersama adik dengan menggunakan hadist sebagai berikut :

 

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

 

Nabi Muhammad saw bersabda, "Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu." (HR. Al-Bukhari).


 

Judul Kegiatan        : Sikat Gigi ala Rasul

Hari, Tanggal           : Kamis, 26 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah menciptakan gigi

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan manfaat membersihkan gigi

-          Berpikir simbolik

Mengenal bentuk, simbol, warna, ukuran

-          Seni

Memilih sikat gigi

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan siwak , sikat gigi bekas, printable pop up gigi. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan hadist tentang bersiwak, menjelaskan kandungan dari hadist tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma memotong, melaminating dan membentuk printable pop up gigi jauh-jauh hari, kemudian kaka ditanya tentang alat-alat yang umma sediakan. Kaka diberi intruksi untuk mencoba menggunakan siwak. Kaka adik diberi intruksi memlihi siwak/sikat gigi berdasarkan warna, bentuk, ukuran dll. Kaka kemudian bermain menyikat gigi pop up bersama adik.

 

Refleksi                     :

Kaka bersemangat bermain bersama adik. Kaka menebak-nebak ketika umma membawa sikat gigi bekas dalam jumlah banyak yang umma selalu kumpulkan. Kaka dan adik penasaran dengan batang kayu kemudian dipegang-pegang dan dimainkan. Kaka kaget ketika umma bercerita batang kayu tersebut bernama siwak dan bisa untuk membersihkan gigi. Kaka awalnya tidak mau ketika diminta mencobanya. Ekspresi geli muncul ketika kaka menempelkan siwak pada gigi dan mengosok-gosokkannya. Kaka dengan mudah menjawab pertanyaan mengenai warna, bentuk dan ukuran mengenai siwak dan sikat gigi. Kaka dan adik bersemangat ketika diminya mengosok pop up gigi, kemudian setelah bosan pop up dimainkan dengan tangannya pura-pura digigit dan kesakitan. Good job kaka.

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #kesehatan #38bulan #day25

 


Related Posts

Posting Komentar