header umma faha

Tips Memilih Semangka yang Manis

Posting Komentar
Cara milih semangka

Assalamu'alaikum, siapa yang disini suka makan semangka? Udah tahu belum cara memilih semangka ya manis. Yuk umma kasih tahu.

Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang banyak diminati, khususnya di musim panas seperti ini. Kandungan airnya yang tinggi menjadikan buah diminati dikonsumsi siang hari. Apalagi buah berbentuk bulat ini bisa menjadi pengganti air minum.

Kandungan semangka

Kandungan Semangka

Buah semangka seberat 100 gram mengandung 92% air. Buah semangka terdapat kandungan zat gizi antara lain :
  • Energi: 28 kal
  • Air: 92,1%
  • Protein: 0,5 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 6,9 gr
  • Vitamin A: 590 SI
  • Vitamin C : 6mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Riboflavin: 0,05 mg
  • Tiamin: 0,05 mg
  • Abu: 0,3 mg
  • Kalsium: 7 mg
  • Besi: 0,2 mg
  • Fosfor 12 mg

Semangka untuk kesehatan

Manfaat Semangka

Selain untuk menghidrasi tubuh, buah semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat semangka antara lain:
  1. Manfaat buah semangka
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Mengurangi tekanan darah
  4. Mengoptimalkan kesehatan pembuluh arteri
  5. Mengurangi kadar kolesterol
  6. Menjaga keseimbangan elektronik
  7. Meningkatkan kesehatan mata
  8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
  9. Menurunkan resiko kanker
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  11. Menjaga kesehatan ginjal
  12. Menjaga hidrasi tubuh
  13. Menjadi sumber antioksidan
  14. Mengoptimalkan kesehatan pencernaan
  15. Mencegah asma
  16. Mencegah peradangan
  17. Mencegah sariawan
  18. Meredakan nyeri otot

Tips Memilih Buah Semangka

Sayangnya, susah memilih semangka yang benar-benar matang dan manis.Hal tersebut karena kulit buah semangka yang tebal. Jadi membuat kita kesulitan untuk memilih semangka yang benar-benar matang dan manis.Hal ini kerap kali membuat pembeli kecewa ketika mengetahui semangka kurang matang.

Buah semangka biasanya memiliki ukuran yang besar dengan harga yang lumayan. Selain itu buah semangka tidak dapat disimpan di luar lemari pendingin dalam waktu yang lama. Umma biasanya jika ingin makan lebih memilih pergi ke tukang buah potong. Sepotong dua potong sudah cukup mengobati rasa kepingin.

Namun belakangan ada kebutuhan umma untuk membeli buah semangka dalam jumlah besar. Hal tersebut terjadi beberapa kali. Setiap beli ada yang matang dan manis namun tidak jarang putih dan hambar.

Ciri-ciri Semangka yang Manis dan Matang


Umma akhirnya belajar dulu mengenai ciri-ciri buah semangka yang matang dan manis. Adapun ciri-ciri semangka yang matang dan manis sebagai berikut:

1. Pola garis kuat dan konsisten

Buah semangka yang matang memiliki pola garis kuat dan konsisten. Warna kulit dan corak menentukan kematangan buah. Garis-garis hijau harus berwarna hijau tua dan dalam, sedangkan garis-garis pucat harus berwarna krem atau kuning muda.

Selain itu, jangan tergiur dengan warna yang mengkilap. Pilihlah semangka yang tampak kusam. Jika warnya sangat mengkilap, kemungkinan besar semangka tersebut kurang matang.

2. Muncul bidang berwarna krem

Kualitas semangka yang paling penting yaitu kemunculan bidang seperti lingkaran berwarna cerah. Bidang ini merupakan pantat semangka. Maksudnya posisi semangka ya menempel pada tanah hingga matang.

Bidang yang berwarna cerah sebaiknya harus kuning krem atau mendekati jingga. Hal tersebut yang menandakan pati sari semangka disana. Insyallah semangka dengan kondisini ini penuh rasa.

3. Ada bintik pelapukan Bintik-bintik

Pelapukan kering dan garis anyaman seperti urat adalah indikator bagus dari semangka. Bintik-bintik ini menunjukkan gula merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi buah. Insyallah yang ada bintik-bintik ini bercitarasa ekstra manis.
Semangka yang manis


4. Terasa lebih berat

Saat diangkat, semangka akan terasa lebih berat daripada yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kandungan airnya dan menghasilkan semangka yang lebih manis.

5. Berbentuk lebih bulat

Semangka yang berbentuk lebih bulat berpeluang lebih manis. Sedangkan semangka lonjong cenderung berair dan kurang beraroma. Bener banget nih umm, meski ciri-ciri di bagian atas terletak pada buah yang berbentuk lonjong, usahakan tetap pilih yang berbentuk bulat ya.

6. Tangkai kering dan kuning kecokelatan

Tangkai berfungsi mengangkut air dan nutrisi dari akar dan daun menuju buah. Tangkai yang berwarna hijau biasanya menandakan bahwa semangka dipanen terlalu dini dan belum matang. Sebaliknya, tangkai yang kering dan berwarna kecokelatan menunjukkan semangka yang matang.

7. Bersuara dalam saat diketuk

Langkah selanjutnya yang biasa dilakukan pedagang buah saat memilih semangka yaitu mengetuk buahnya. Metode ini subyektif namun sangat populer. Semangka yang matang seharusnya memiliki suara yang dalam. Sementara, jika ketukan terdengar lebih tinggi dan lebih padat, itu mungkin menandakan bahwa kulit terlalu tebal dan buah belum sepenuhnya matang.

Penutup

Demikian tips memilih buah semangka yang manis. Gimana besok mau beli semangka? Salam sehat ya. Walaikumsalam.

Related Posts

Posting Komentar