header umma faha

Curhat Tentang Manfaat Seo On Page

4 komentar
Curhat tentang manfaat seo on page


Assalamualaikum ummahat, apa kabar?

Hadir kembali nih, setelah sepekan kemarin sibuk dengan pelatihan video content creator. Pekan ini, umma harus kembali fokus ke pelatihan blog yang sudah berjalan hampir dua bulan. Meski badan remuk redam, umma tidak mau kena tendangan coach Marita. Kali ini umma mau sedikit membahas mengenai manfaat seo on page. Ada yang pernah dengar?
 

Umma dan SEO


SEO merupakan kepanjangan dari” search engine optimization" atau "search engine optimizer". Hemat katanya adalah pengoptimalan mesin telusur atau pencarian. Gampangnya gimana caranya biar mbah google cinta sama blog ini.

Umma mengenal istilah SEO sudah lama sih, cuman gak paham karena belum butuh. Bisa jadi karena baru belakang kecemplung di kepenulisan digital jadi sedikit banyak harus bersinggungan. Ternyata istilah ini sudah muncul sejak lama menurut cerita coach.

Optimasi mesin pencarian

Apalah umma yang membuat blog untuk curhat, ya belum pernah belajar yang beneran. Saat materi ini disampaikan umma juga sedang tidak enak badan dan harus menjalankan amanah lainnya. Saat membuka email mengenai materi ini saja umma tidak ada daya. Apalagi untuk bisa berupaya membaca maupun menyimak videonya.

Malam harinya saat membuka whatsgrup umma mendapati para rekan di Blogspedia Coaching Batch 3 seperti sudah lihai dengan materi ini. Tidak ada pembahasan yang terlalu mendalam disana. Pembahasan malah banyak yang keluar konten yang jujur membuat umma semakin mual karena tidak mampu lagi menampung.

Tulis artikel minimal 800 kata dengan kata kunci "Manfaat SEO on Page"


Saat mengintip tugas di google class room tumben tugasnya terlihat sederhana sekali dimata umma. Umma sempat berpikir bisakah umma melanjutkannya? Biasanya yang sederhana begini pasti tidak sederhana. Hal tersebut selain karena ada beban lain juga karena kondisi tubuh dan pikiran sudah mencapai ambang batas.

Tapi jujur umma masih mau bertahan, apalagi ini sudah mencapai setengah jalan. Sayang sekali jika umma menyerah begitu saja. Sejak kemarin ingin memulai membaca dan menyimak ternyata hari berlalu begitu saja. Seharian hanya beristirahat, ingin mulai dimalam hari ternyata bocil tidak dapat dikondisikan. Begitupun hari ini, umma baru bisa memulai menyusun kalimat pertama selepas ashar.

Ummafaha dan SEO on Page


Ketika mulai menjadi kontributor di website komunitas akhir tahun lalu, umma baru kenalan nih dan merasakan manfaat SEO on Page. Sebelum menulis rekan yang bertindak sebagai pelatih memaparkan penerapan seo on page. Barulah kami yang berminat menjadi kontributor diminta membuat sebuah artikel.

Pertama kali menerapkan SEO on page ya gak mudah. Apalagi umma baru mulai menulis kembali. Artikel pertama mendapat koreksi seabrek. Banyak rekan kontributor yang akhirnya mundur teratur.

Akibat kejadian tersebut, umma mendapat lebih banyak kesempatan untuk menulis. Lambat laun, umma mulai terbiasa menerapkannya. Umma sendiri sebagai penulis juga dapat merasakan manfaat seo on page. 

Seo on page pada umma faha


SEO on Page untuk Cupuers


Ketika masuk ke Blogspedia Coaching Batch 3 umma sudah menggunakannya SEO on Page sejak tugas pertama. Lalu pada pertemuan ketiga, coach Marita membakar semangat kami untuk menemukan alasan terbesar blogging. Sejak materi tersebutlah, umma bersemangat untuk terus belajar.

Meski awalnya hanya untuk ruang bercerita, akhirnya umma menemukan alasan untuk terus menulis. Umma hanya dapat meluaskan manfaat dari tulisan pada blog ini jika menerapkan seo on page. Lalu umma juga akan merengkuh manfaat seo on page itu sendiri.

Apalagi ketika pekan lalu umma beruntung mendapat review dari coach langsung. Masyallah, coach Marita sangat berbaik hati mengijinkan umma untuk merubah artikel di detik terakhir sebelum direview. Daebak pokoknya mah, coach Marita.

Beliau belum tidur sejak semalam namun bisa dengan tepat mereview tulisan umma. Umma yang baru saja bangun tidur langsung melek ketika diberi kesempatan merubah. Lalu selepasnya langsung umma tinggal sarapan. Selain karena sudah lapar, umma juga sudah merasa puas akan tulisan umma.

Latihan umma menerapkan seo on page beberapa bulan lalu langsung luluh lantak. Banyak komponen seo on page yang tidak umma jalankan dengan benar. Kacau, kacau tidak heran anggota blogspedia diberi nama coach dengan cupuers. Kepuasaan sesaat kemarin membuat umma mundur selangkah untuk bisa merasakan manfaat seo on page.

Jam terbang memang berteman dekat dengan keahlian


Pekan ini Blogspedia Coaching Batch 3 memasuki materi perihal konten. Materi ini dibuka dengan materi “basic SEO” sebagai awalan. Kalau ingat kejadian pekan lalu, rasanya malu sekali dengan coach Marita.

Selepas menyimak video materi umma bertekad menulis mengenai keyword yang beliau berikan “manfaat seo on page”. Jujur umma bingung artikel apa yang akan umma tulis. Rasanya lucu saja, blog yang biasanya berisinya curhat jadi sok-sokan kasih tutorial.

Akhirnya umma memutuskan blog walking dulu saja untuk mencari pencerahan. Ketika melihat artikel rekan-rekan yang sudah selesai semuanya memaparkan manfaat seo on page dari sisi keilmuan. Umma sempat putus asa, kemarin saja sempat bingung mau pindah niche. Masak sekarang tiba-tiba kepikiran bikin blog tandingan blogspedia.

Manfaat SEO on Page


Manfaat seo on page setelah berselancar ternyata banyak banget. Umma jujur baru tahu lo, ketahuan banget kan ya cupunya. Ternyata manfaat seo on page dapat ditilik dari empat sisi yaitu penulis, tulisan, mesin pencari maupun pembaca. Wow wow...

Setelah sesi curhat seperti biasanya akhirnya umma tahu harus nulis apa. Umma mau berbagi rasa setelah memiliki pengalaman menerapakan seo on page beberapa bulan terakhir ini saja. Umma mau mengambil manfaat seo on page dari sisi penulis. Yup sebagai penulis, umma merasakan betul manfaat seo on page. Yuk bersama-sama mengurai apa saja manfaat seo on page lainnya.

Manfaat seo on page untuk pemula

Berurutan dan tertata

Umma merasakan betul manfaat dari seo on page. ketika menerapkan seo on page, umma mulai menulis secara berurutan. Dimana keyword harus umma letakkans ecara lengkap pada bagian pembukaan, isi dan penutup. Hal tersebut jelas membuat tulisan umma menjadi tertata karena alurnya jelas.

Menarik

Tulisan umma juga bisa menjadi lebih menarik. Hal tersebut dikarena umma harus meletakkan teks, gambar maupun video pada artikel. Otomatis komponen tersebut memberi daya tarik sendiri pada artikel yang umma buat.

Mudah di akses

Tulisan umma juga akan mudah diakses oleh pembaca ketika menerapkan seo on page. Hal tersebut adalah salah satu manfaat seo on page secara langsung. Dimana google akan sayang dengan umma karena keyword terletak pada semua komponen artikel.

Memperkuat tulisan lain

Adanya internal link pada tulisan juga memberikan manfaat seo on page secara langsung. Dimana setiap artikel yang umma buat akan saling bertautan. Apalagi jika tulisan umma sudah banyak pada label yang sama.

Menambah kualitas tulisan

Keteraturan dalam meletakkan keyword dalam komponen artikel jelas menambah kualitas tulisan. Apalagi jika ditilik dari sisi klien maka tulisan tersebut layak untuk diajak kerjasama. Otomatis personal branding umma akan merangkak naik.

Masyallah ternyata hanya karena keyword manfaat seo on page umma bisa menulis lebih dari 800 kata ummahat. Memang kalau ahlinya curhat ya harus bercerita ya umm, tadi kok pakai galau segala. Hahah. Semoga ummahat gak bosen ya, sampai ketemu dicerita tugas selanjutnya....

Related Posts

4 komentar

  1. Suka sama tulisannya.. bedaa sendiri dari yang lain. Personal touchnya dapat banget. Membuktikan bahwa artikel curhat pun bisa dikasih sentuhan SEO, hehe.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah terimakasih coach, malu saya kalo suruh saingan sama blogspedia...

    BalasHapus
  3. Sama Mba, aku juga baru paham SEO on Page ini berkat kelas yang diadain sama Mba Marita. Bersyukur banget bisa join di kelas ini :)

    BalasHapus
  4. Wahh, bagus ya curhatnya bisa berubah jadi tulisan ber-SEO :)

    BalasHapus

Posting Komentar