header umma faha

Kemandirian : Aku Bisa Tidur Sendiri

Posting Komentar
الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah sudah sampai hari keempat belas masih dengan tema kemandirian. Melatih kemandirian anak agar bisa tidur sendiri, memang layak dimulai sejak dini. Untuk memberikan rasa percaya diri & kemampuan mengenal diri sendiri. Bagaimana dengan ummahat? 


Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman

 وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat (QS 78:9)

Kegiatan Tidur Sendiri

Komponen Evaluasi

Kegiatan evaluasi ini, umma laksanakan pada hari Minggu, 14 November 2021. Adapun tujuan evaluasi ini untuk mencatat kemampuan kaka Fa dan adik Ha dalam hal kemandirian khususnya tidur sendiri. Umma mencoba menilik kegiatan tersebut mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:


Agama
Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
Mengetahui bahwa Allah memerintahkan tidur
Motorik
Mengkoordinasikan tubuh untuk istirahat
Kognitif
Mendapat pengetahuan tidur
Berpikir simbolik
Seni
Melakukan kegiatan tidur sendiri
Sosial emosional
Menunjukkan rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri


anak bisa tidur sendiri




Lencana Keberhasilan

Kaka Fa 3 tahun 5 bulan : Bisa sendiri (⭐⭐⭐)
Adik Ha 2 tahun 6 bulan : Selalu mau mencoba dan masih harus diingatkan (⭐⭐)

Refleksi Hasil Evaluasi

Kaka dan adik sejak lahir tidur bersama dengan umma pada siang maupun malam hari. Ada waktu beberapa kali atau hari mereka tidur dengan anggota lain ketika umma ada keperluan atau sakit. Hal tersebut yang menyebabkan mereka belum mampu untuk tidur jauh dari umma.

Kaka Fa 3 Tahun 5 Bulan

Untuk tidur siang pada waktunya kaka perlu aktivitas berat dahulu dipagi hari. Misalnya berjalan-jalan keliling kompleks kurang lebih 30-45 menit/hari serta aktivitas lari bersama adik. Apabila tidur siangnya lama 2-3 jam maka tidur malamnya meleset jauh dari pukul 21.00. Bangun tidur umma biasakan tidak boleh lebih dari jam 7 pagi. 

Adapun urutan tidur kaka diusia 3 tahun 5 bulan sebagai berikut: 

  1. Minum susu hangat segelas; 
  2. Melakukan buang air kecil, sikat gigi, cuci tangan, muka dan kaki;
  3. Menyalakan kipas angin;
  4. Mengganti pakaian yang nyaman untuk tidur alias kaos kutang;
  5. Membersihkan tepat tidur dan menata posisi bantal dan guling; 
  6. Menggunakan bedak seluruh tubuh;
  7. Merebahkan badan pada posisinya lalu berdoa sebelum tidur:
  8. Mengobrol dengan umma dan adik, lalu bercanda bersama, bermain, berebutan umma atau mainan, bertengkar, berteriak, lari-larian;
  9. Melakukan tahapan tersebut dapat terjadi berurutan maupun terbolak-balik tergantung mood kondisi.

Dahulu dia saat masih usia 6 bulan ada kenangan  lucu yang selalu umma kenang. Kaka akan terbangun ketika abi pulang kerja, menemani abi makan malam dan hanya akan kembali tidur jika abi juga tidur disebelahnya. Kaka akan pulas tidur setelah memegang daun telinga ayahnya.

Ketika kembali ke rumah mertua, kaka bisa bergadang hingga larut malam bersama kakeknya di luar rumah. Umma dan abi tidak dapat mengajakan masuk karena teriak, jeritan maupun tangisan yang akan terjadi. Setelah menyertakan Allah, kaka lebih nyaman bernyanyi dan mengobrol dengan umma meski ada kakek di luar. 

Memasuki usia saat ini kaka agak susah meminta tidur siang maupun malam pada waktunya. Apabila kaka sudah kelelahan dan capek dia akan tidur sendiri. Dahulu dia akan tidur sembarang tempat, namun saat ini dia masuk ke kamar tidur dan mencari posisi ternyamannya. 

Seringkali selepas minum susu, kadar gula yang tinggi dalam susu malah membuat dia 'jreng' daripada efek nyamannya. Umma terus mencoba memberi susu di waktu-waktu krusial ketika badannya sudah lelah dan akan segera tidur. Semoga usaha umma terus dimudahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Adik Ha 2 Tahun 6 Bulan

Saat mengandung adik, umma memiliki gaya hidup, jiwa dan tubuh yang lebih sehat daripada saat mengandung kaka. Adik selalu bangun pagi selepas umma bangun. Adik membersamai umma di dapur dan menyelesai tugas domestik. Hal tersebut membuat adik dapat tidur siang dan malam tepat waktu.

Adik akan meminta dikeloni selepas adzan dhuhur maksimal jam 13.30 dan tidur malam 20.00. Namun adik belum bisa berangkat tidur sendiri. Pada beberapa kejadian tidur sendiri misal saat dia sangat mengantuk atau setelah minum obat ketika sakit. 

Tempo hari umma sempat melihat postingan seorang ibu millenial yang melakukan sleep training pada anaknya yang berusia dibawah 1 tahun. Terjadinya banyak pro kontra atas hal tersebut. Namun kembali lagi bahwa hal tersebut tergantung pada orang tua masing-masing. 

Melatih kemandirian untuk bisa tidur sendiri ternyata tidak mudah ummahat. Semoga pada waktunya nanti situasi dan kondisi memudahkan kita untuk membantu anak agar dapat tidur sendiri. Aamiin ya Rabb


Jazakunallah khairan katsiran
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh



#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #kemandirian #3tahun #2tahun #day14

Related Posts

Posting Komentar