header umma faha

Kebun Binatang : Sortir Miniatur Hewan

Posting Komentar

 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah di Bulan November ini kami dapat kembali mengikuti tantangan bermain selama 30 hari. Semoga kami istiqomah ya, umma diluangkan tenaga dan waktunya dan semoga faha selalu dijaga semangat dan moodnya. Aamiin ya rabb. Tantangan hari pertama ini umma memanfaat miniatur hewan untuk tema kebun binatang.

Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ (٣٠)

30. Ingatlah[1] ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi[2]." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak[3] dan menumpahkan darah di sana[4], sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?"[5] Dia berfirman, "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui[6]."

Kegiatan Sortir Miniatur Hewan

Komponen Bermain

Kegiatan ini umma laksanakan pada hari Senin, 1 November 2021. Kegiatan spontan ini disambut dengan antusias. Adapun tujuan kegiatan mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:

  • Agama
  • Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
  • Mengetahui bahwa Allah menciptakan hewan
  • Motorik
  • Mengkoordinasikan mata dan tangan
  • Kognitif
  • Mendapat pengetahuan ukuran 
  • Berpikir simbolik
  • Mengenal bentuk, warna, ukuran
  • Seni
  • Memindahkan hewan 
  • Sosial emosional
  • Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri
  •  

    Prosedur Kegiatan

    Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan miniatur hewan dan truk yang sudah tersedia di rumah. Hari ini umma mulai dengan bismillah kemudian menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Adik Ha memulai memindahkan hewan berukuran besar pada truk besar, berhenti ketika dia merasa sudah penuh. Setelah umma beri intruksi, adik Ha melanjutkan memasukkan hewan kecil pada truk berukuran kecil. Adik Ha memberi komentar bahwa truk sudah penuh namun hewan belum semua naik. Umma bantu intruksi adik mengambil kantong plastik. adik Ha mengambil dua kantong berukuran besar dan kecil. Lalu memasukkan hewan yang tersisa sesuai dengan ukuran kantong yang dia miliki. Kami mengakhiri kegiatan dengan hamdalah.

     

    Kebun Binatang : Sortir Hewan

    Refleksi  Kegiatan

    Umma merasa sangat bersemangat ketika adik bangun lepas subuh dan memilih bermain dengan umma. meski harus terjeda proses BAB dan mandi tidak menyurutkan semangat adik Ha untuk melanjutkan permainan. Usia 30 bulan adik bulan ini menunjukkan kemajuan skill yang cukup membuat umma kaget. Masyaallah tabarakallah.

    Adik Ha dengan mudah mensortir hewan pada truk yang sesuai. Kegemaran dalam bidang transportasi umma manfaatkan untuk melejitkan fitrahnya. Adik dengan sigap memindahkan namun terhenti. Adik mengatakan bahwa truk masing-masing ukuran penuh padahal tidak semua hewan terangkut. 

    Umma menginisiasi adik untuk mengambil kantong yang biasa dia gunakan untuk membungkus mainan. Adik dengan cekatan mengambil dua ukuran yang berbeda sesuai dengan intruksi umma. Adik kemudian melanjutkan memasukkan hewan yang tersisa pada kantong yang berukuran sesuai. 

    Semoga semangat adik terus bergelora. Semoga umma diberi kesabaran dan kemudahan untuk membimbing adik yang merupakan strong willed child. Semangat mengolah mainan dirumah seperti miniatur hewan sebagai mainan yang menyempurnakan fitrah anak. 

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

     

    #playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #temamingguan #atthezoo  #2tahun #day1

     

    Jazakunallah khairan katsiran.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

     

    Related Posts

    Posting Komentar