header umma faha

JURNAL FAHA: Hujan itu Bersih (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan hari ketiga Komunitas Binar Bermain Belajar dengan pada sore hari selepas kaka bangun tidur karena umma vaksin covid-19 dosis kedua pada pagi hari. Alhamdulillah kaka bersemangat menyambut kegiatan sore ini yang agak mendung. Pada kegiatan kali ini umma menggunakan ayat Al Furqan 48 sebagai berikut :

 

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَرْسَلَ ٱلرِّيَٰحَ بُشْرًۢا بَيْنَ يَدَىْ رَحْمَتِهِۦ ۚ وَأَنزَلْنَا مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً طَهُورًا

Wa huwallażī arsalar-riyāḥa busyram baina yadai raḥmatih, wa anzalnā minas-samā`i mā`an ṭahụrā

 

 “Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih (QS. 25:48)”

 

Judul Kegiatan        : Hujan itu Bersih

Hari, Tanggal           : Rabu, 4 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Spontan

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah menciptakan hujan untuk membersihkan air dibumi

-          Motorik

Menuang air pada tanah

Mencampur tanah dan air

Menyaring air kotor menggunakan tisu

Mengkoordinasikan tangan dan mata

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan bahwa air hujan bersih

-          Steam

Mengenal proses penyaringan air

-          Sosial emosional

-          Menunjukkan rasa percaya diri memainkan hal baru

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan bahan yang dibutuhkan antara lain tisu, dua buah mangkok berwarna sama, air secukupnya, tanah secukupnya dan saringan. Lalu umma membaca basmalah serta surat al furqan ayat 48. Umma membaca terjemahan sembari memberikan  penjelasan mengenai ayat tersebut. Umma kemudian memberi intruksi kepada kaka Fa untuk menuangkan air pada mangkok berisi tanah, mencampurkannya dengan sendok. Umma meletakkan tisu diatas saringan kemudian diletakkan pada mangkok air yang sudah kosong. Kaka kemudian umma beri intruksi untuk menuangkan air kotor secara berlahan pada saringan hingga air kotor habis.

 


Refleksi                     :

Kegiatan hari ini kaka Fa sangat antusias melakukan bermain belajar ini meski baru saja bangun tidur. Umma sengaja memberi sounding untuk lekas tidur agar bangun tidur lebih awal dan bisa main seru lagi. Kaka bingung ketika umma mondar mandir menyiapkan bahan. “Ma mau kemana? Ma itu buat apa? Mangkok?”. Kaka tertawa bahagia yang jelas tercetak pada wajahnya ketika mengaduk tanah dengan air. Hal kotor seperti ini memang jarang dilakukan selepas dua tahun ini tinggal di rumah mertua yang tidak suka hal-hal jorok, apalagi kami hidup dikawasan hutan beton seperti di kota ini. Ketika umma memberi intruksi untuk menuang pada saringan kaka agak bingung, ekspresinya menunjukkan pertanyaan “kenapa ada tisu di atas saringan?”. Kaka sangat antusias sehingga pada percobaan pertama kaka langsung menuangnya melebih kapasitas saringan sehingga air tetap kotor. Pada percobaan kedua kaka langsung bisa beradapatasi menuang sedikit demi sedikit sekaligus kaka mengamati air yang keluar dari sariangan. Air menetes secara berlahan sedikit sedikit menjadi bersih membuat kaka takjub terlihat dari wajahnya yang “wow.

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #alam #37bulan #day3

 

Related Posts

Posting Komentar