header umma faha

Cara Daftar Google News Indonesia, Mudah dan Praktis!!!

1 komentar
Viral dengan google news

Assalamu'alaikum ummahat, kali ini mau cerita tentang cara daftar Google News Indonesia. Ada yang akrab? 
Alhamdulillah umma kali ini mau berbagi mengenai materi bonus 3 dari Blogspedia Coaching Batch 3 yaitu Google News. Ternyata para blogger wajib mendaftarkan blog di Google News. Hal tersebut karena ada banyak manfaat lo umm.

Google News

Google News adalah suatu layanan dari Google yang fokus dalam memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya Indonesia. Dengan tampilan yang menarik dan intuitif, para pembaca bisa mengakses berbagai berita melalui laptop ataupun smartphonenya.

Google news adalah

Konon menurut para suhu nih melalui Google News, konten yang ada di blog akan cepat terindeks Google. Oleh karena metode ini katanya ampuh melejitkan trafik pengunjung dalam waktu yang singkat.

So tidak heran para coach merekomendasikan layanan ini sebagai materi bonus. Menurut pengalaman katanya jika blog yang sudah mendaftar ke Google News maka akan mendatangkan trafik organik ke blog.

Wah, kalau begitu ya umma ikutan daftar Google News dong. Meskipun belum bisa konsisten menulis. Namun umma harus mendaftarkan akun blog terlebih dahulu.

Syarat Daftar Google News

Untuk mendaftar Google News salah satu syarat tidak langsung ya yaitu sudah memasang Google Search Console dan Google Analytics pada blog terlebih dahulu. Umma mah aman. Hal tersebut karena dalam proses pendaftaran membutuhkan verifikasi dengan Google Seacrh Console.

Selain itu juga ummahat wajib menyiapkan logo blog dengan kriteria berbentuk persegi dan persegi panjang. Untuk logo persegi boleh menggunakan format JPEG, namun direkomendasikan PNG. Logo persegi ini wajib minimal berukuran 512 x 512 pixel. Namun lebih direkomendasikan 1000 x 1000 pixel.

Syarat daftar Google news

Untuk logo persegi panjang, direkomendasikan ada versi terang dan gelap. Umma langsung gercep nih bikin. Hal tersebut agar pembaca dapat mengatur mode malam atau gelap demi kenyamanan saat menikmati konten.

Logo bentuk ini hanya untuk format file PNG saja. Desain harus menyertakan nama lengkap publikasi dengan teks yang dapat dibaca. Peer banget umm, mengingat ukuran yang ditentukan kecil. Gambarnya menjadi agak pecah.

Ukuran wajib untuk logo persegi panjang yaitu minimal lebar 200 pixel dengan tinggi 20 pixel. Dan direkomendasikan lebar 400pixel dengan tinggi maksimal 10:1 dari lebar. Pada bagian ini juga mengatur mengenai padding. Intinya desain logo persegi panjang harus seimbang ketika ditampilkan.

Fungsi google news


Fungsi Google News untuk Bloggers

Sebelum kita mengulik cara daftar Google News Indonesia sebaiknya, ummahat mengetahui manfaat dan fungsinya. Khususnya untuk kita para mom blogger ya umm....

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari Google. 

Masyallah pasti impian semua blogger ya umm. Untuk dapat memperoleh posisi puncak mesin pencarian bukanlah perkara mudah. Selain harus mampu melakukan optimasi mesin pencari atau dengan menerapkan SEO.

Google News dengan senang hati memposisikan artikel kita di daftar berita utamanya. Apalagi jika sudah mempunyai konten berita yang berkualitas dan juga unik. Tindakan ini menunjukkan bahwa Google menganggap bahwa situs kita layak untuk menempati posisi puncak mesin pencarian.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik

Semakin mudah konten kita ditemukan oleh pengunjung, maka akan semakin besar juga peluang blog kita untuk dikunjungi oleh mereka. Terlebih lagi bahwa kunjungan mereka merupakan traffic yang sangat berkualitas karena organik. Adanya peran penting personalized content pada Google News akan membawa pengguna untuk mengunjungi blog kita apabila merasa tulisan kita relevansi yang tepat dengan apa yang pengguna butuhkan.

3. Media Personal Branding yang Efektif

Bila blog kita mampu menyediakan konten positif, maka efeknya juga akan positif. Kita akan mendapatkan pengunjung yang loyal dengan blog kita. Selain itu kita akan dianggap ahli pada bidang tersebut. Hal tersebut akan membantu dalam meningkatkan personal branding maupun branding dari blog.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink merupakan suatu link di website lain yang mengarah langsung ke website kita. Konon menurut para coach nih bahwa backlink mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kredibilitas blog. Ketika tulisan kita direkomendasikan oleh fitur Google News, maka konten tersebut akan menjadi suatu referensi terbaru terkait suatu topik tertentu. Pengguna akan memanfaatkannya sebagai sumber rekomendasi Googe News karena dinilai terpercaya. Semakin banyak jumlah backlink yang diperoleh, maka akan semakin terpercaya juga blog kita.

5. Viral dan Populer Tanpa Iklan

Google News memiliki potensi untuk mendatangkan trafik organik ke blog. Kunjungan yang berasal dari mesin pencari membuat blogger bebas biaya dan tenaga. Kita tidak perlu untuk mempromosikan blog menggunakan iklan. Begitu juga tenaga untuk melakukan blogwalking.

Cara daftar google news

Cara Daftar Google News Indonesia

Tahap 1: Daftar Google News

  1. Masuk ke Pusat Penerbit pada alamat https://publishercenter.google.com/publications
  2. Akan terlihat jendela pop up ketika pertama kali membuka, berisi mengenai efisiensi pengaturan akuh dan publikasi dalam satu tempat. Klik "Oke"
  3. Klik "Tambah publikasi"
  4. Maka akan muncul jendela pop up "Pusat Penerbit". Isi data berikut ini
  • "Nama Publikasi" isi dengan nama blog
  • "Properti situs utama" isi dengan url bloh secara lengkap (https://www.namadomain.com)
  • "Lokasi" isi dengan lokasi
  • Centang pernyataan "jika publikasi sesuai dengan domisili yang dipilih"
  1. Lalu klik "Tambah publikasi"
  2. Penambahan tersebut akan otomatis menambah nama blog pada daftar "PUBLIKASI"

Tahap 2: Melengkapi Akun Publikasi

  1. Lalu klik "Setelan publikasi" pada bagian kanan nama publikasi
  2. Pada bagian setelan publikasi terdapat dua tab, yaitu umum dan gaya visual. 
  • "Tab umum" isi data sebagai berikut :
  • "Nama Publikasi" secara otomatis terisi nama blog
  • "Bahasa utama" isi dengan bahasa yang digunakan
  • "Lokasi" pilih lokasi blogger
  • "Url properti situs utama" secara otomatis terisi url blog, klik "Verifikasi dalam Search Console" untuk verifikasi akun
  • "Url properti situs lainnya" Isi jika memiliki blog berdomain lain jika diperlukan.
  • "Kontak" isi dengan email untuk kontak, dan centang jika ini dikirimi perihal masalah teknis atau dan pembaruan produk. Lalu klik "Tambahkan" dan lalu lakukan verifikasi dengan membuka link verifikasi pada email dari Google News.
  1. Lalu klik "Simpan" pada bagian atas kanan.
  2. Kemudian klik "berikutnya" pada bagian kanan bawah
  • "Tab Gaya visual" isi data sebagai berikut :
  • "Tambahkan logo persegi" upload logo sesuai panduan
  • "Tambahkan logo persegi panjang" upload logo sesuai panduan
  • "Tambahkan jenis font" jika memiliki font khusus untuk konten yang dibuat
  1. Lalu klik "Simpan" pada bagian atas kanan.
  2. Selanjutnya kembali ke halaman beranda

Tahap 3: Mengisi Data Google News

  1. Klik "Edit" pada sebelah kanan baris Google News
  2. Pada bagian ini ada tiga tab antara lain umum, setelan konten dan tinjau dan publikasi. 
  • Pada tab "umum" isi data sebagai berikut :
  • "Kategori publikasi" dengan kategori blog umma, misalnya Gaya Hidup Wanita
  • "Distribusi" pilih seluruh dunia
  • "Properti Google" pilih izinkan semua properti
  1. Lalu klik "Simpan" pada bagian atas kanan.
  2. Kemudian klik "berikutnya" pada bagian kanan bawah
  • Pada tab "Setelan konten" isi data sebagai berikut :
  • "Rubrik" dengan klik "+ Rubrik baru", akan muncul menu, pilih dan klik "Feed". Akan muncul jendela pop up. "Judul Rubrik" isi dengan nama blog, "Url Feed RSS" isi dengan (https://www.namadomain.com/feeds/posts/default?alt=rss), "Akses lihat" pilih dengan siapa saja. Lalu klik "Tambahkan", tunggu proses minimal 5 menit agar Google bisa membaca feeds blog.
  • Selanjutnya klik "+Grup akses baru", isi nama Grup lalu klik "+Tambahkan pengguna", kemudian masukkam alamat emailmu atau pengguna lain yang berkontribusi pada publikasi. Pastikan klik "Tambah" setelahnya.
  1. Lalu klik "Simpan" pada bagian atas kanan.
  2. Kemudian klik "berikutnya" pada bagian kanan bawah
  3. Pada tab "Tinjauan dan publikasikan" isi data sebagai berikut :
  4. Untuk "Tinjau" tab konten akan otomatis hilang ketika url feeds rubrik/blog sudah termuat sempurna
  5. Klik "Tinjau" pada persyaratan layanan kami, lalu isi data persyaratan layanan dengan Nama, Email, Jabatan, Nama Organisasi, dan centang pernyataan sudah membaca dan menerima. Lalu klik "kirim"
  6. Setelah poin satu (rubrik) ok, maka akan muncul tombol "Publikasikan" dan "Pratinjau" blog juga akan tampil di kolom bagian kanan.
  7. Lalu klik "Publikasikan"
  8. Akan muncul jendela pop up yang menyatakan proses peninjauan memerlukan waktu 2-4 minggu. Serta informasi selengkapnya akan disampaikan melalui email yang sudah didaftarkan.
  9. Lalu klik "Oke"

Tahap 4: Mengisi Label Konten

  1. Klik "Label konten" pada bagian bawah "More options"
  2. Klik "+Label konten seluruh situs"
  3. Pilih dan klik label sesuai dengan jenis konten ya umm yaitu "Blog"
  4. Lalu klik "Perbarui"

Selesai, alhamdulillah proses pendaftaran sudah ya umm

Cerita proses pendaftaran Google News cukup sampai disini ya umm. Semoga proses peninjauan cepat sehingga umma bisa cerita lagi mengenai perkembangannya. Dari semuanya yang terpenting adalah harus mulai konsisten menulis lagi umm!!!!

Penutup

Proses pendaftaran Google News versi terbaru tergolong gampang gak sih umm dibanding Google Analytics dan Google Seacrh Console. Namun semua itu saling berkaitan sih, jadi rasanya gak boleh salah tahapan. Semoga blog umma faha bisa lolos dalam peninjauan ya umm, aamiin.

Related Posts

1 komentar

  1. Betah banget baca tulisannya Ummaa. Apalagi designnya dan stressing-stressingnya bikin fokus.

    BalasHapus

Posting Komentar