header umma faha

Nikmatnya Belajar Materi Fiqih Wanita Online, GRATIS!!!

4 komentar
Materi fiqih wanita

Assalamualaikum ummahat, semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya. Kali ini umma mau cerita mengenai kelas online yang sedang umma ikuti. Kelas yang membahas mengenai materi fiqih wanita ini berlangsung selama satu tahun dan semuanya GRATIS TIS TIS. Mau tahu? Baca secara lengkap ya umm...
 

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Saat umma kecil, setiap kali membaca buku tentang fiqih pasti berpikir bahwa fiqih itu khusus wanita. Mengingat buku-buku yang umma temukan dirumah semuanya fiqih wanita. Sejalannya umma makin besar baru paham fiqih itu ada umum dan khusus. Hahaha

Umma yang tumbuh dan bersekolah negeri tidak pernah mendapat materi fiqih wanita secara khusus. Ketika dapat info perihal kelas GRATIS TIS TIS selama satu tahun membahas khusus mengenai materi fiqih wanita, umma jadi penasaran. Kenapa ada kelasnya, memangnya buku tentang fiqih wanita masih kurang?

Fiqih umum

Perbedaan Fiqih

Sempat terlintas mengapa sih butuh ilmu fiqih wanita secara khusus? Allah SWT menciptakan laki-laki dan perempuan dalam kedudukan dan sederajat yang sama. Kenapa fiqih harus dibedakan? Setelah membaca beberapa referensi, ternyata setiap ilmu disusun dan dipelajari pasti ada kepentingan dan urgensinya.

Pertama Allah SWT tidak hanya menciptakan laki-laki tetapi juga menciptakan wanita dan disebutkan secara khusus dan tersendiri di Al quran. Allah SWT juga menciptakan wanita berbeda dengan laki-laki, baik secara fisik dan psikis. Hal tersebut menyebabkan banyak hukum Islam yang berbeda antara wanita dan laki-laki.

Fiqih Wanita

Umma mendapatkan informasi mengenai adanya kelas ini pertama kali dari Ummu Sholahuddin. Beliau merupakan salah satu pengurus komunitas yang umma ikuti kala itu. Pernyataan tersebut terlontar bermula dari ada salah satu member yang menanyakan sebuah pertanyaan pada sesi kajian rutin di hari Jumat.

Rindu Majelis Ilmu

Tanggapan beliau memberikan begitu banyak timbal balik dari kebanyakan member disana. Umma juga penasaran mengenai kelas atau komunitas khusus yang menaungi kami akan ilmu. Lalu beliau tidak secara langsung menyebutkan adanya kelas mengenai materi fiqih wanita yang sudah berjalan selama beberapa tahun.

Sayangnya kelas ini hanya diadakan pada internal komunitas beliau saja. Umma ingin sekali bisa menghadiri dimajelis ilmu seperti saat masa mahasiswa. Sayangnya ketika anak-anak sudah mulai bisa diajak keluar pandemi datang. Rasanya hati dan jiwa umma sudah haus akan ilmu.

Perasaan ini tidak hanya mengelayuti umma, namun juga sebagian besar member grup whatsapp tersebut. Kami terang-terangan meminta dibukanya kelas tersebut untuk umum. Belum ada kejelasan pasti perihal tersebut.

Tanpa diduga Ummu Sholahuddin karena satu dan lain hal mundur menjadi pengurus. Secara langsung kajian rutin yang beliau ampu setiap jumat ditiadakan. Umma dan para member lain semakin rindu akan majelis ilmu selepasnya.

Ummu Sholahuddin memasang status WhatsApp berupa fyler kulwap “Muslimah Cantik Lahir dan Batin”. Umma secepat kilat mencoba menghubungi beliau untuk mengkonfirmasi mengenai kegiatan tersebut. Tak terlewat umma menanyakan mengenai kelas materi fiqih wanita.

Kelas Materi Fiqih Wanita

Saat itu semua menjadi misteri, beliau meminta umma untuk mengikuti kulwap dan menanti pengumuman resminya. Umma segera mendaftarkan dan mengikuti kulwap yang yang diadakan pada 23 Maret 2022 tersebut. Di akhir kulwap, moderator menyampaikan pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran kelas materi fiqih wanita untuk umum.

Syarat dan Ketentuan

Umma sangat antusias membaca fyler dan dokumen bertipe pdf yang diberikan saat itu juga. Kelas tersebut diberi nama “Belajar Fiqih Wanita”. Masih dalam dokumen tersebut dijelaskan bahwa kelas ini merupakan sebuah wadah atau kelas untuk para muslimah. Tempat belajar menuntut ilmu syari yang berlandaskan pada Alquran dan As-Sunnah.

Materi fiqih wanita

Kelas ini mempunyai visi dan misi sederhana namun sarat makna yaitu “Menguatkan Karakter Muslimah sesuai dengan Alquran dan As-Sunnah dengan belajar menuntut ilmu Syar’i”. Pada kelas ini akan belajar mengenai adab dan akhlak muslimah pada pekan pertama, tauhid pada pekan kedua, fiqih wanita pada pekan ketiga dan tematik sesuai kebutuhan pada pekan keempat.

Dalam satu pekan proses pembelajaran akan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan yaitu pada hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Kamis jadwal untuk muroja’ah atau belajar ulang materi secara mandiri. Lalu untuk hari Jumat merupakan sesi tanya jawab untuk materi yang terkait. Untuk hari Sabtu dan Ahad merupakan waktu untuk mengerjakan evaluasi.

Jadwal belajar fiqih

Pada dokumen tersebut juga disertakan wajib mengerjakan evaluasi setiap pekan dan mengerjakan tugas kelompok setiap tiga bulan sekali. Syarat untuk mengikuti kelas yaitu seorang muslimah, berusia diatas 14 tahun, niat belajar karena Allah Ta’ala, bersedia ikhlas dan bersemangat hingga akhir masa pelajaran dan memiliki gawai untuk mengakses aplikasi WhatsApp. Hal tersebut dikarena pembelajaran dilaksanakan melalui WhatsApp grup dimana terbagi menjadi grup materi dan grup diskusi.

Calon peserta hanya perlu mengisi formulir pendaftaran, menaati peraturan dan bersedia berbagi ilmu. Kelas materi fiqih wanita tidak dikenakan biaya atau GRATIS TIS TIS. Mudah banget ya ummahat. Kelas tersebut akan diadakan 16 Mei 2022 hingga 15 Mei 2023 (kurang lebih satu tahun).

Pendaftaran Kelas

Alhamdulillah gayungpun bersambut, umma lalu mencoba mengakses tautan pendaftaran yang disematkan pada fyler. Umma sempat mengalami kendala dalam melengkapi formulir pada waktu yang sama. Ada sebuah pertanyaannya yang jarang sekali ditanyakan untuk mendaftar kelas online.

Pertanyaan tersebut perihal ijin kepada suami untuk calon peserta yang sudah berstatus menikah. Umma menunda untuk melengkapi formulir tersebut. Setelah beberapa hari mempertimbangkan umma akhirnya meneruskan dokumen tersebut pada suami.

“Lama juga ya, setahun...” Jawab suami saat membaca dokumen tersebut
Jawaban tersebut serta merta membuat umma ragu. Ragu akan kemampuan umma untuk bisa konsisten dan menjaga semangat mengikuti kelas tersebut. Umma beranikan untuk mengkontak Ummu Sholahuddin kembali perihal masa pembelajaran

“Itupun kurang lama sayang, kami menyusun kurikulum sedekimian rupa agar mudah, dipelajari dan dipahami”
Umma yang memang masih tuna ilmu ini mendapat pematik semangat untuk mencoba. Tidak ada salahnya mencoba dahulu bukan ummahat? “Coba dulu aja”, sama halnya ketika FaHa meminta bantuan karena ragu akan kemampuannya.
Umma kembali mengkonfirmasi pada suami untuk meminta ijin. Beliau mengijinkan dengan syarat umma harus mampu mengelola waktu dengan tugas utama di rumah. Alhamdullillah Allah Ta’ala mudahkan.

Selepas mengantongi ijin umma segerakan melengkapi data pada formulir untuk pendaftaran. Lalu konfirmasi melalui pendaftaran pada nomer WhatsApp tersedia. Admin menerima konfirmasi dan segera memasukkan umma ke dalam dua Grup WhatsApp.

Berbagi Cerita

Kelas belajar fiqih wanita dimulai pada tanggal 16 Mei 2022 dibuka oleh Ummu Azza sebagai moderator. Kelas diawali dengan proses pengisian daftar hadir selama 30 menit sebelum kelas dimulai. Lalu dilanjutkan dengan membaca doa dan penyampaian materi berupa dokumen pdf. Penjelasan materi dilaksanakan bada dzuhur oleh Ummu Sholahuddin dipandu dengan Ummu Azza.

Sistem belajar fiqih wanita

Kelas pada pekan pertama umma lewati begitu saja. Umma baru saja dari perjalanan mudik ke kampung halaman tidak sempat membuka ratusan chat pada kedua grup. Umma juga bahkan ketinggalan sesi evalusi diakhir pekan karena FaHa sempat tumbang selama perjalanan.

Umma langsung bergegas menghubungi Ummu Azza untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Ternyata tidak hanya umma yang kagok dengan sistem kelas ini. Umma butuh tiga pekan untuk terbiasa mengikuti ritme metode pembelajaran. Untuk memastikan agar tidak melewati kelas kembali, alarm dipasang berderet setiap hari.

Umma juga bekerjasama dan saling mengingatkan dengan Umma Sendy untuk melakukan presensi atau mengerjakan evaluasi. Kelas ini menurutmu umma sangat seru karena kami benar-benar harus belajar. Belajar mengenai adab dan metode pembelajaran di kelas agar mampu beradaptasi.

Metode kelas online

Materi Fiqih Wanita

Materi sendiri disusun oleh Ummu Sholahuddin selaku founder @belajar_ fiqihwanita. Pengampu yang memiliki nama asli Retno Ayu Kusminarmi merupakan profesional chef yang merupakan founder beberapa kelas sunnah bagi muslimah. Perempuan yang berdomisili Bantul ini memiliki motto hidup men-Tauhid-kan Allaah Ta'ala.

Selain hobi memasak tentunya, beliau juga hobi membaca dan menulis. Tidak heran beliau tetap aktif mengikuti perkuliahan disela kesibukannya. Beliau juga merupakan narasumber yang aktif mengkampanyekan mempersiapkan makanan yang thoyyib lagi halal pada komunitas MPASI.

Kelas materi materi fiqih wanita telah diselenggarakan sebanyak 8 kali atau berjalan sekitar kurang lebih ±5tahun. Kelas ini sudah memiliki alumni ±400 orang ini dari seluruh Indonesia. Tujuh kelas sebelumnya hanya diperuntukkan untuk komunitas. Umma beruntung bisa berkesempatan mengikuti kelas ke delapan ini. Pada periode masa pelajaran ke delapan ini akhirnya mulai dibuka untuk umum baru karena banyak permintaan.

Kelas ini patut direkomendasikan karena insyaa Allaah bisa menjadi media belajar agama dari dasar (sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah ). Metode dan waktu pembelajarannya tidak mempersulit untuk kalangan para akhowat hingga Ummahat. Untuk info lebih lanjut bisa langsung kontak Ummu Sholahuddin di instagram @ummu.ulhaq atau melalui whatsApp +6283119550663.

Penutup


Alhamdulillah umma sudah melalui tiga bulan pertama dengan rasa durian runtuh. Dalamnya manis membuat ketagihan meski luarnya cukup menyentil. Umma sangat beruntung dapat berada dalam kelas ini. Satu dari 54 orang yang tersisa di grup materi dari 96 orang peserta. Untuk ummahat yang tertarik mengenai kelas materi fiqih wanita langsung kontak diatas ya...

Related Posts

4 komentar

  1. MasyaAllah ternyata ada ya kelas seperti ini. Semoga istiqomah selalu kelasnya umma...

    BalasHapus
  2. MasyaAllah ya kelasnya sangat sarat ilmu.. semoga Allah mudahkan istiqomah di jalan-Nya

    BalasHapus
  3. Maasyaa allah kelasmya luarbiasa, semangaat.

    BalasHapus
  4. masyaallah sngat bagus kelasny...semoga istiqomah dan lancar mengikuti kelas kelas yang menyenjukkan dn bnyak ilmu sperti ini...

    BalasHapus

Posting Komentar