header umma faha

Kebun Binatang: Pengenalan Angka dengan Gerbong Kereta Api

Posting Komentar

   

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah sudah sampai hari kelima ya ummahat. Hari ini umma bermain dengan adik Ha. Pada bermain kali ini umma mencoba pengenalan angka  dengan miniatur hewan. Pengenalan ini bertujuan mengenalkan angka sebagai urutan.

Alllah Subhana Wa Ta'ala Berfirman


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ (٣٠)

30. Ingatlah[1] ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi[2]." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak[3] dan menumpahkan darah di sana[4], sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?"[5] Dia berfirman, "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui[6]."

Kegiatan Pengenalan Angka 

Komponen Bermain

Kegiatan ini umma laksanakan pada hari Jumat, 5 November 2021. Kegiatan spontan ini disambut dengan antusias. Adapun tujuan kegiatan mencakup aspek agama, motorik, kognitif, berpikir simbolik, seni dan sosial emosional. Penjelasan tiap poin umma sampaikan dibawah ini:

  • Agama
  • Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah
  • Mengetahui bahwa Allah menciptakan hewan, manusia merupakan khalifah 
  • Motorik
  • Mengkoordinasikan mata dan tangan
  • Kognitif
  • Mendapat pengetahuan angka
  • Berpikir simbolik
  • Mengenal bentuk, warna, simbol, angka
  • Seni
  • Menyusun lego menjadi kereta api, dan meletakkan miniatur hewan
  • Sosial emosional
  • Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri
  •  

    Prosedur Kegiatan

    Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan lego dan miniatur hewan. Hari ini umma mulai dengan bismillah kemudian menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma memulai menginisiasi adik untuk menyusun lego menjadi kereta api. Umma kemudian menaikkan miniatur hewan pada gerbong. Lalu meminta adik menghitung "dik coba hitung ada berapa hewan yang naik kereta?". Lalu adik diminta menjalankan kereta sesaat. Lalu adik diminta menurunkan miniatur hewan sembari berhitung. Setelah selesai, kami mengakhiri kegiatan dengan hamdalah.

     

    Pengenalan angka dengan berhitung melalui miniatur hewan yang naik kereta api.



    Refleksi  Kegiatan

    Alhamdulillah adik dengan mudah menyusun lego menjadi kereta. Adik sempat bingung ketika harus menaikkan hewan. Lalu umma menginisiasi menyusun lego yang lebih kecil sebagai tempat duduk untuk hewan. Adik dapat menaikkan hewan sembari berhitung. Lalu menjalankannya bernanyi "siapa hendak turut,..." . Ketika awalnya diminta menurunkan hewan, dia senggang karena mau main lagi. Namun kemudian kaka datang dan mengdistraksi. Adik segera menurunkannya karena berlomba dengan si kaka. 

    Bermain hari ini adik mulai mengenal angka sebagai urutan dan jumlah. Adik sejak mengenal angka jika berhitung bisa urut dengan benar, namun jika sudah mencapai diatas angka 7 cenderung cepat dan makin tidak jelas. Semoga lain waktu umma akan mencoba pengenalan angka dengan media lain. Aamiin ya rabb.


    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

     

    #playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch9 #binaractivitychallenge #temamingguan #atthezoo  #2tahun #day5

     

    Jazakunallah khairan katsiran.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

     

    Related Posts

    Posting Komentar