header umma faha

JURNAL FAHA: Mana Hijabmu? (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan hari kesembilan Komunitas Binar Bermain Belajar dengan ceria, Alhamdulillah di hari satu Muharram ini umma memilih sub tema yang pas sekali. Pada kegiatan kali ini umma menggunakan Al-Ahzab Ayat 59 sebagai berikut :

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Yā ayyuhan-nabiyyu qul li`azwājika wa banātika wa nisā`il-mu`minīna yudnīna 'alaihinna min jalābībihinn, żālika adnā ay yu'rafna fa lā yu`żaīn, wa kānallāhu gafụrar raḥīmā

 

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ’Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS 33 :59)

 

Judul Kegiatan        : Mana hijabmu?

Hari, Tanggal           : Selasa, 10 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah memberikan perintah untuk menutup aurat

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata  dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan perintah mengenai menutup aurat

-          Berpikir simbolik

Mengenal penutup aurat

-          Seni

Memainkan boneka kertas

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali denganprintable boneka kertas, lalu umma aplikasikan pada kardus susu bekas menggunakan gunting dan lem kertas pada hari sebelumya. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan ayat al ahzab ayat 59, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari kaka memainkan imajinasinya untuk memadu-padankan outfit yang sesuai dengan hijab.

 


Refleksi                     :

Kaka Fa sangat bersemangat bermain boneka kertas menginggat hal ini merupakan pengalaman pertama memegang langsung. Sebelumnya saat liburan idul fitri kaka sempat bermain permainan di telpon gengam tantenya bertema fashion dan dia sangat suka sekali. Entah mengapa Kaka lebih suka baju gamis berwarna hijau toska dan hijab berwarna senada ketimbang setelan berwarna merah muda.

Meski merah muda adalah warna kesukaannya, namun outfit baju terusan memang lebih kaka sukai karena longgar di perutnya yang mulai membesar. Hahaha.

 

Umma menggunakan printable gratis dari mommi tiana, semoga diberi lautan keberkahan dan amal jariyah. aamiin

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #diriku #37bulan #day9

 


Related Posts

Posting Komentar